cabai gunung

Perawatan burung cabe/kemade untuk memancing pleci cepat gacor

Meski berukuran kecil, namun burung cabai gunung atau kemade punya suara kicauan yang sangat receh sehingga kerap dicari untuk memancing pleci cepat gacor. Selain itu, jenis burung cabai-cabaian ini juga banyak dipelihara untuk memaster branjangan maupun kolibri. Berikut perawatan burung cabe / kemade untuk memancing pleci cepat gacor.

Cabai gunung merupakan salah satu spesies burung yang termasuk dalam anggota burung cabai-cabaian (Dicaeidae). Burung berukuran mungil ini adalah spesies burung asli Indonesia dengan penyebaran di Jawa dan Bali.

Meski kurang populer di kalangan kicaumania, tapi burung cabai gunung banyak dicari terutama untuk mendampingi burung pleci agar cepat gacor. Suara kicauannya sangat receh sehingga mampu memancing pleci untuk berbunyi. Kondisi ini tentu dapat menjadikan pleci cepat gacornya.

Burung cabai gunung yang memiliki suara kicauan bervariasi adalah yang berjenis kelamin jantan. Untuk membedakan jantan dan betinanya sangatlah mudah karena bisa dilihat dari penampilan dan warna bulunya. Cabai gunung jantan mempunyai bulu dengan warna-warni yang cerah, sedangkan betina cenderung berbulu kusam.

Meski dikenal sebagai burung pendamping pleci cepat gacor, namun tidak sedikit kicaumania yang mengaku kesulitan memelihara spesies burung ini. Banyak dari mereka yang tidak tahu cara merawat burung cabe dengan benar, sehingga burung pun rentan sakit dan stres.

Baca:   Cara merawat ciblek bakalan sampai gacor

Untuk panduan, berikut cara merawat burung cabai gunung untuk memancing pleci cepat gacor:

Hal terpenting dalam perawatan burung cabai-cabaian adalah mengetahui makanan yang biasa dikonsumsi burung tersebut. Di alam, burung cabai tak ubahnya burung-madu atau kolibri dalam mencari makanan. Selain menyukai serangga, jenis burung ini juga suka mencari nektar yang berasal dari bunga khususnya yang terdapat di pohon buah-buahan.

Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi dan menjadikannya lebih rajin bunyi, maka perawatannya bisa meniru perawatan burung kolibri atau burung-madu yaitu menyediakan nektar sebagai makanan tambahannya.

Nektar yang disediakan tentu tidak harus sama dengan yang ada di alam. Selain susah didapatkan, nektar yang berasal dari bunga cepat sekali menguap sehingga menyulitkan untuk penyimpanannya.

Alternatifnya adalah menggunakan Nektar Kolibri Kristal, yaitu nektar alami yang sudah diracik dengan aneka bahan bermanfaat sehingga dapat dengan cepat membuat burung cabai semakin receh.

Baca:   Tips cucak hijau tampil ngotot di lomba

Untuk melengkapi kebutuhan pakannya, berikan voer halus secukupnya dan pakan tambahan lain yang terdiri dari buah-buahan yang bervariasi seperti pepaya, semangka, dsb. Adapun untuk kebutuhan protein hewaninya bisa diberikan serangga seperti jangkrik kecil, ulat hongkong, dsb.

Untuk menjaga kondisinya dan agar burung selalu rajin bunyi, maka pemberian multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird harus dilakukan setiap 2 hari sekali. Vitamin ini selain menjaga kondisi, juga mampu mendongkrak stamina dan daya tahan burung sehingga menjadikannnya selalu aktif dan semakin receh.

Dengan memberikan pola rawatan di atas secara rutin, maka burung cabai gunung / kemade akan semakin rajin bunyi dan receh sehingga menjadikan pleci yang didampingnya akan terpancing untuk semakin gacor dengan suaranya yang ngalas maupun ngerol.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara memilih pakan burung yang tepat

10 / 100 Kebutuhan pakan yang sesuai menjadi satu hal yang cukup vital bagi kelangsungan hidup burung peliharaan. Pemberian pakan yang tepat, selain dapat menjadikan burung tetap aktif dan sehat, juga dapat membuatnya rajin berkicau. Untuk panduan rawatan, simak cara memilih pakan burung yang tepat berikut ini. Memilih air minum yang aman untuk burung peliharaanTips […]
Read more

Ini penyebab burung kenari tak mau bunyi

Burung kenari terkenal dengan suara kicauannya yang mengalun merdu. Lalu bagaimana jika kenari yang dirawat sejak lama, tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya tersebut. Nah, untuk mengatasinya, simak dahulu beberapa penyebab burung kenari tak mau bunyi berikut ini. Cara memberikan jagung muda pada kenariCara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasiTips mengenali ciri-ciri kenari yang siap […]
Read more
lomba lovebird

10 Rahasia lovebird tetap aktif dan gacor

Selain faktor genetik atau indukan, kemampuan lovebird juga sangat dipengaruhi oleh pola perawatan harian yang tepat dan teratur. Jika dilakukan secara rutin, maka lovebird akan menjadi burung yang aktif dan gacor. Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantanganTerapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorCara terapi mandi untuk menambah durasi lovebirdCara memandikan lovebird yang benarSettingan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?