Memilih lovebird bahan berkualitas lomba

Setiap burung jawara memiliki kebiasaan sendiri-sendiri, tak terkecuali lovebird. Hal itu meliputi segala aspek, mlai dari pakan hingga perawatan hariannya. Penanganan khusus ini pun dapat diterapkan pada lovebird yang masih bahan, dengan catatan, harus bisa mengenali dan memilih lovebird bahan berkualitas lomba.

Untuk menjadikan lovebird juara di setiap even lomba tentu bukan perkara yang mudah. Butuh perawatan yang sangat khusus dan intens agar burung lebih cepat menguasai lapangan dan menjadi jawara. Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah pemilihan lovebird bahan yang tepat untuk lomba.

Ada tiga lokasi yang umum dijadikan ajang mencari lovebird bahan yang berkualitas lomba, yaitu:

  • Di pasar dan toko burung,
  • Di tempat latberan,
  • Di penangkaran lovebird,

1. Memilih lovebird bahan berkualitas lomba di pasar / toko burung 

Memilih lovebird bahan di pasar burung

 

Lovebird bahan yang ditawarkan umumnya ditempatkan dalam satu kandang ombyokan. Untuk memilih burung yang tepat, tentu dibutuhkan pengamatan terlebih dahulu, terutama untuk mengenali ciri-ciri lovebird bahan yang prospek dan berkualitas lomba.

Kalau pintar memilih, maka membeli lovebird bahan di pasar burung tentu tidak akan menjadi masalah berarti. Pastikan saja burung yang akan dibeli sudah berumur lebih dari 3 bulan untuk memudahkan perawatannya  sebagai lovebird paud.

Selain itu, faktor lain yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik, khususnya bagian bulu ekor, sayap, paruh, kaki-kaki dan matanya. Lovebird bahan yang berkualitas lomba akan mempunyai penampi

Baca:   TIps memilih kroto yang baik untuk burung peliharaan

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah mengamati kondisi fisiknya, terutama di bagian bulu ekor, sayap, paruh, kaki-kaki, dan matanya yang sehat dan tidak cacat. Lovebird bahan yang berkualitas lomba akan terlihat lebih aktif, sehat, lincah, dan segar.

Selain itu, faktor mental juga sangat menentukan prospek tidaknya lovebird bahan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari perilakunya yang tetap tenang saat didekati manusia. Saat berada di dalam kandang ombyokan, lovebird tersebut cenderung terlihat lebih dominan.

2. Memilih lovebird bahan berkualitas lomba dari peternak langsung 

Pilihan lovebird berkualitas di peternak

 

Pilihan lain dalam mencari lovebird bahan untuk dirawat sebagai burung lomba adalah dengan datang langsung ke tempat penangkaran lovebird terdekat di kota Anda. Tapi tentu saja, dana yang disiapkan harus mencukupi karena tak jarang harga burung yang dijual terbilang lebih mahal karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Saat menawarkan lovebird bahan, biasanya peternak akan memberitahukan mengenai asal-usul lovebird tersebut, apakah dari trah jawara atau cuma indukan biasa yang dianggap bagus. Untuk hal ini, tentu harus disesuaikan dengan dana yang ada.

Jangan terlalu berambisi mencari anakan lovebnird yang sudah ngekek panjang, karena biarpaun keturunan jawara namun untuk menjadikannya rajin ngekek panjang masih membutuhkan proses dan pola rawatan yang tepat. Syukur-syukur bisa langsung mendapatkan anakan yang sudah ngekek panjang, sehingga bisa langsung dirawat sebagai burung lomba.

Baca:   Cara merawat burung murai batu yang kurang birahi

3. Memilih lovebird bahan berkualitas lomba dari latberan langsung 

Mancari lovebird berkualitas di latberan

 

Metode lain yang biasa dilakukan lovebird mania dalam mencari lovebird bahan berkualitas lomba adalah mendapatkannya di lapangan. Tak perlu mencari burung yang juara latberan, setidaknya bisa dicari lovebird yang mau jalan saat di gantangan., sehingga tinggal memaksimalkan perawatannya saja.

Amati jika ada lovebird yang mau ngekek di setiap sesi, karena hal ini menunjukkan kalau burung sudah bermental bagus dan memiliki penampilan yang stabil. Setelah mendapatkan burung yang diincar, dekati pemiliknya lalu cobalah negosiasi harga sampai didapatkan harga yang disepakati.

Demikian cara memilih lovebird bahan berkualitas lomba

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

masalah kaki kenari

Cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari

Cara kenari bertengge bisa menjadi indikasi bahwa burung sedang sakit atau sehat. Gejala paling umum adalah kenari yang selalu mengangkat sebelah kakinya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa dipastikan ada masalah dengan kakinya tersebut. Berikut cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari.  More from my sitePenyebab dan cara mengatasi kenari bersuara […]
Read more

Penyebab dan cara mengatasi kacer nyilet

Penyakit kurus dada nyilet menjadi mimpi buruk bagi kicaumania yang kerap melombakan burung rawatannya, apalagi penyakit ini dikenal sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini pun bisa menyerang semua jenis burung peliharaan, tak terkecuali kacer. Jika tidak segera ditangani, resiko kematian akan terjadi dalam waktu yang relatif singkat. More from my siteSolusi untuk kacer yang suka […]
Read more

Enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor

Jalak suren disukai karena termasuk jenis burung peliharaan yang cerewet dengan suara kicauan yang bervariasi. Di pasar dan toko burung, jalak suren bisa didapatkan dengan mudah bahkan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk menjadikan jalak suren cepat gacor, maka perawatannya harus dilakukan dengan sangat teratur. Berikut enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor. More […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?