Cara merawat burung poksay mandarin biar gacor

Tidak semua jenis burung poksay mempunyai suara kicauan yang keras dan memekakkan telinga, karena ada beberapa yang justru berkicau dengan alunan suara yang merdu dan bervariasi. Salah satunya adalah jenis poksay lokal yang dikenal dengan sebutan poksay mandarin. Berikut cara merawat burung poksay mandarin biar gacor.

Pada tahun 1990-an, poksay menjadi burung favorit para kicaumania di Indonesia. Jenis poksay yang sangat populer saat itu adalah poksay hongkong dengan suara kicauannya yang mengalun merdu.

Tapi poksay hongkong bukan burung asli Indonesia, melainkan salah satu jenis burung impor yang keberadaannya semakin langka di pasaran setelah pandemi flu burung menjelang akhir milenium.

Untuk alternatifnya, kicaumania di dalam negeri beralih dengan burung poksay lokal yang memiliki kemiripan karakter vokal dengan poksay hongkong, yaitu poksay genting (Garrulax mitratus) atau lebih populer dengan sebutan poksay mandarin.

Jika dirawat dengan cara yang tepat, poksay mandarin pun bisa memiliki suara kicauan yang penuh variasi. Hal ini bisa dilihat dari beberapa video poksay mandarin yang ditayangkan di Youtube.

Sebelum mulai dengan tips cara merawat burung poksay mandarin biar gacor, kenali dahulu dua jens poksay yang beredar di pasaran. Ada dua jenis poksay mandarin / genting yang berhabitat di wilayah Indonesia, yaitu:

  1. Poksay genting sumatera yang memiliki penyebaran di wilayah Sumatera
  2. Poksay genting kalimantan yang memiliki penyebaran di wilayah Kalimantan
Baca:   Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemula

Di antara kedua jenis poksay tersebut, poksay genting asal Sumatera adalah burung yang banyak dipelihara kicaumania.

Perawatan poksay mandarin sebenarnya sangat sederhana, apalagi jenis burung poksay dikenal mudah dirawat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk menjadikan poksay mandarin cepat gacor maka yang perlu diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan pakannya, terutama buah dan serangga.

cara merawat burung poksay mandarin biar gacor

  • Setiap pagi burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan. Pengembunan ini bisa dilakukan sejak setengah jam sebelum matahari terbit dan bertujuan untuk meningkatkan stamina serta memancing burung rajin bunyi.
  • Setelah matahari terbit, burung diberikan pakan tambahan (EF) berupa 3 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong.
  • Setelah itu jemur sebentar, lalu mandikan dengan cara disemprot atau mandi karamba.
  • Saat burung sedang mandi, sangkar bisa dibersihkan dari kotorannya.
  • Selesai dimandikan burung diangin-anginkan selama 10 menit, lalu diberikan buah-buahan segar dan pakan tambahannya seperti jangkrik / ulat hongkong dengan porsi secukupnya saja. Setelah itu, burung dijemur di bawah sinar matahari selama 1-2 jam.
  • Selesai penjemuran, poksay dipindahkan ke tempat teduh.
  • Berikan vitamin seperti Sup Plus Bird untuk mendukung aktivitasnya agar rajin bunyi, dan membantu mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari.
  • Untuk hasil maksimal, berikan pakan voer yang terjaga kebersihan dan kualitasnya.
Baca:   Tips memaksimalkan suara ciblek agar lebih keras

Cara merawat burung poksay mandarin biar gacor lainnya adalah dengan memelihara lebih dari satu ekor poksay mandarin di rumah karena bisa menjadikan mereka saling sahut-sahutan. Alternatifnya memutarkan suara poksay mandarin yang berasal dari perangkat pemutar audio maupun handphone.

Demikian tips dan cara merawat burung poksay mandarin biar gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

settingan lomba lovebird over birahi

Tips rawatan lovebird paud yang jarang bunyi

Lovebird adalah jenis burung yang memiliki sifat lincah, aktif, dan senang berkicau. Namun tak semua lovebird bisa cerewet, karena ada juga beberapa individu yang justru cenderung membisu alias jarang bunyi. Jika hal ini menimpa burung lovebird muda yang disiapkan untuk lomba, maka harus segera ditangani dengan settingan berikut. More from my siteTips mengatasi lovebird yang […]
Read more
lovebird paud beranjak dewasa settngan

Settingan lovebird paud yang beranjak dewasa

Lovebird paud atau balibu kini banyak dirawat sebagai burung lomba. Akan tetapi, setelah burung beranjak dewasa, maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentu perlu diantisipasi oleh lovebid mania, apalagi banyak keluhan mengenai lovebird paud yang tak lagi bisa mencetak prestasi. More from my siteSettingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap […]
Read more
ciri lovebird fighter

Ciri-ciri lovebird bermental fighter / petarung untuk lomba

Burung yang kerap menjadi sorotan di lapangan biasanya sudah mempunyai karakter dan mental yang sangat baik, salah satunya adalah bermental petarung atau fighter. Lovebird dengan mental tersebut tentu tidak akan mudah ngedrop saat dikepung oleh lawan mainnya di gantangan. Sebagai panduan, simak ciri-ciri lovebird bermental fighter / petarung untuk lomba berikut ini. More from my […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?