penyebab harga lovebird turun

Apakah harga lovebird bisa naik?

Anjloknya harga lovebird yang terus terjadi selama beberapa tahun ini mengejutkan banyak pihak. Penurunan harga tersebut disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari melimpahnya stok lovebrid di pasaran hingga dipicu oleh naiknya harga pakan lovebird di pasaran. Apakah harga lovebird bisa naik lagi?

Turunnya harga lovebird ternyata tidak menjadikan jenis burung ini laris manis di pasaran. Hanya beberapa jenis tertentu saja yang masih banyak dicari penggemarnya, terutama lovebird dengan warna bulu yang unik dan langka, serta burung umuran paud yang kini mulai meramaikan gantangan di beberapa daerah.

Ada beberapa penyebab harga lovebird turun, mulai dari ketersediaan stok yang melimpah, tingginya harga milet, hingga persaingan harga di antara peternak itu sendiri. Jika kondisi ini terus berlanjut, apakah harga lovebird bisa naik lagi seperti semula?

Lovebird sejatinya bukan burung murahan, habitat asalnya pun cukup jauh yaitu di tanah Afrika. Penampilan dan warna bulu yang cantik, serta suara kicauannya yang menarik menjadikan lovebird mulai banyak dipelihara untuk tujuan ditangkarkan.

Harga jual lovebird yang tinggi saat itu menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk menangkarkannya demi memenuhi permintaan pasar. Namun banyaknya minat untuk ternak tersebut ternyata tidak dibarengi dengan permintaan pasar, sehingga membuat stok burung ini cukup melimpah di pasaran.

Baca:   Penyebab lovebird jarang ngekek dan cara mengatasinya

Tidak berimbangnya harga jual yang tinggi dengan jumlah stok dan permintaan pasar saat itu justru menjadikan harga jual lovebird terus mengalami penurunan yang dampaknya masih dirasakan hingga saat ini.

Ada banyak kemungkinan harga jual lovebird bisa kembali pulih seperti sedia kala, di antaranya adalah dengan meramaikan kembali kelas-kelas lovebird berbagai umur dan jenis di beberapa daerah. Hal ini tentu dapat menarik minat semua kalangan yang berimbas pada semakin stabilnya harga lovebird di pasaran.

Selain itu, harus ada upaya dari semua kalangan terutama peternak untuk bisa mengontrol harga jual di masing-masing peternak agar tidak muncul “persaingan / perang harga” yang tidak bermanfaat. Hal ini bisa dilakukan dengan saling diskusi antar peternak melalui forum komunitas atau bergabung dalam ikut bergabung dalam perkumpulan resmi peternak yang ada di masing-masing daerah.

Sedangkan untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan dalam perawatan lovebird, sudah waktunya Anda berfikir untuk menggunakan pakan racikan kemasan seperti Milet Cinderella yang meski berharga sedikit lebih mahal tapi kualitas dan manfaatnya lebih terjamin.

Baca:   Mengatur birahi lovebird sebelum digantang

Ibarat makan buah simalakama, penentuan harga menjadi satu hal yang vital dalam sebuah bisnis. Jika peternak memasang harga terlalu tinggi, dikhawatirkan lovebirdnya tidak laku, sebaliknya memasang harga terlalu rendah dapat membuat bisnis semakin suram.

Yang jelas, jika ingin harga lovebird kembali naik seperti semula harus ada kemauan dari para peternak maupun pedagang agar tidak mengobral burungnya dengan alasan agar cepat laku, sebagaimana yang terjadi di sebagian daerah.

Selain itu, tingkatkan kualitas lovebird yang ditawarkan misalnya dengan mulai memberikan perawatan / settingan tertentu untuk burung yang dijual sehingga pembeli akan lebih tertarik dan mau membeli dengan harga yang ditawarkan. Kondisi ini tentu berbeda jauh jika burung yang dijual hanya dirawat seadanya dalam kandang ombyokan.

Semoga bisa menjadi inspirasi

 

Related Articles

Tips memilih dan mengenal lebih dekat dengan muray borneo

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah […]
Read more
lovebird paud durasi tambah

Tips menambah durasi lovebird paud

Memiliki burung lovebird yang mampu bersuara ngekek maksimal tentu menjadi dambaan para penggemarnya. Apalagi pada saat ini saja, suara ngekek dengan durasi panjang bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Pada lovebird paud, menambah durasi ngekek bisa dilakukan dengan perawatan yang sangat teratur, salah satunya adalah berikut ini. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor10 […]
Read more
kecubung untuk lovebird

Manfaat dan efek samping kecubung pada lovebird

Penampilan bunga kecubung yang mirip terompet menjadikan banyak orang tertarik untuk memetiknya. Namun dibalik kecantikannya itu, kecubung tak hanya dianggap bermanfaat saja, tapi juga memiliki efek samping yang bisa sangat membahayakan. Di kalangan lovebird mania pun pernah viral mengenai penggunaan tanaman ini yang konon bisa menjadikan burung makin gacor. Benarkah begitu? Simak manfaat dan efek […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?