Tips singkat merawat burung beo yang mabung

Beo terkenal dengan kepandaiannya menirukan suara manusia yang sangat fasih. Namun seperti juga burung ocehan lainnya, beo pun akan mengalami masa mabung yang dapat menurunkan penampilannya. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang teratur agar beo bisa melewati masa pergantian bulu tersebut dengan sempurna. Berikut cara merawat burung beo yang mabung.

Masa mabung pada burung beo biasanya dimulai setelah burung berumur 5 – 6 bulan, yaitu saat burung memasuki mabung pertama atau berganti bulu anakan ke remaja. Beberapa bulan kemudian, beo akan mengalami mabung kembali yang menandakan bahwa burung sudah dewasa.

Mabung pada burung beo biasanya dimulai setelah burung berumur 5/6 bulan, yaitu saat burung memasuki mabung pertama atau berganti bulu dari remaja ke dewasa. 2-3 bulan kemudian, beo akan kembali mengalami mabung lanjutan yang menandakan burung telah siap berkembang biak.

Umumnya, masa mabung pada burung beo terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan tidak jarang, hal ini pun tidak disadari oleh si pemilik burung. Namun masa mabung tersebut bisa saja tidak teratur waktunya, terutam jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca:   Settingan lovebird tua agar stabil di lapangan

Oleh karena itulah, perawatan dan penanganan yang tepat sangat dibutuhkan ketika beo memasuki masa mabungnya, hal ini bertujuan agar proses mabung bisa berlangsung lancar, singkat, dan tanpa hambatan karena biasanya setelah mabung berakhir, beo akan memiliki kemampuan menirukan suara-suara dengan sangat baik.

Ada beberapa tengara yang mencirikan beo sedang mabung, di antaranya adalah:

  • Bulu yang mulai terlihat keriting dan acak-acakan.
  • Banyak bulu kering yang mudah rusak atau patah.
  • Beo yang selalu menarik bulu-bulunya hingga copot.
  • Kepala burung yang terlihat botak sebagian.
  • Ada bulu-bulu halus dan kasar di dasar sangkarnya.

Setelah mendapati satu atau beberapa ciri-ciri di atas, maka langkah perawatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mandikan beo dengan lebih rutin dari biasanya, karena kebiasaan burung beo yang selalu mencabuti sendiri bulu-bulu yang rusak sehingga dengan memberinya mandi rutin dapat mencegah iritasi sekaligus menjadikan bulu cepat rontok.
    Memberikan buah-buahan yang lebih bervariasi mulai dari pisang, pepaya, semangka, jeruk, melon, dsb. Selain buah, berikan juga jangkrik sebanyak 3- 5 ekor setiap pagi dan sore hari.
  2. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird karena sangat membantu dalam menjaga kondisi burung selama mabung. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan zat anti stres yang baik dikonsumsi burung, serta dapat meningkatkan stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari.
  3. Setiap seminggu sekali, beo tersebut diberikan suplemen minyak ikan untuk mendukung proses mabung agar berjalan lancar dan menjadikan bulu baru yang tumbuh lebih sehat dan berkilauan.
  4. Lakukan pemasteran selama mabung, karena pada saat ini burung beo akan sangat merespon suara-suara masterannya dengan cepat, sehingga setelah mabung usai beo akan memiliki variasi isian yang baru untuk dicelotehkan.
Baca:   Fakta unik & menarik burung-madu

Demikian tips singkat merawat burung beo yang sedang mabung.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

cara merawat kacer mabung yang benar

Cara merawat kacer mabung yang benar

Sebagian besar spesies burung baik yang hidup di alam maupun peliharaan pasti akan mengalami masa mabung atau molting. Mabung merupakan tahapan penting bagi burung sehingga harus dirawat dengan ekstra perhatian. Berikut cara merawat kacer mabung yang benar. Baca:   Settingan single fighter untuk lovebird yang tidak mau jalan di lomba
Read more

Merawat burung yang kegemukan

Burung yang mengalami kegemukan tampak tubuhnya bulat membesar, kurang rajin berkicau, tidak birahi dan jika dipegang tubuhnya terasa berat dan pada kulit di bagian perut dan leher tampak kumpulan lemak yang berwarna kekuningan. Problem ini dapat diatasi dengan cara melakukan diet/pengaturan menu makanan setiap hari.  Diet pada kenari dilakukan dengan cara menghentikan pemberian pakan biji-bijian […]
Read more

Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Birahi lovebird yang cenderung gampang berubah membuat kicaumania harus memberikan perawatan yang benar-benar tepat. Ketika birahinya turun, burung jadi kurang aktif dan jarang berbunyi. Baca:   Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by