tips burung beo mabung

Tips singkat merawat burung beo yang mabung

Beo terkenal dengan kepandaiannya menirukan suara manusia yang sangat fasih. Namun seperti juga burung ocehan lainnya, beo pun akan mengalami masa mabung yang dapat menurunkan penampilannya. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang teratur agar beo bisa melewati masa pergantian bulu tersebut dengan sempurna. Berikut cara merawat burung beo yang mabung.

Masa mabung pada burung beo biasanya dimulai setelah burung berumur 5 – 6 bulan, yaitu saat burung memasuki mabung pertama atau berganti bulu anakan ke remaja. Beberapa bulan kemudian, beo akan mengalami mabung kembali yang menandakan bahwa burung sudah dewasa.

Mabung pada burung beo biasanya dimulai setelah burung berumur 5/6 bulan, yaitu saat burung memasuki mabung pertama atau berganti bulu dari remaja ke dewasa. 2-3 bulan kemudian, beo akan kembali mengalami mabung lanjutan yang menandakan burung telah siap berkembang biak.

Umumnya, masa mabung pada burung beo terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan tidak jarang, hal ini pun tidak disadari oleh si pemilik burung. Namun masa mabung tersebut bisa saja tidak teratur waktunya, terutam jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca:   Rawatan burung cucak kinoi agar cepat gacor

Oleh karena itulah, perawatan dan penanganan yang tepat sangat dibutuhkan ketika beo memasuki masa mabungnya, hal ini bertujuan agar proses mabung bisa berlangsung lancar, singkat, dan tanpa hambatan karena biasanya setelah mabung berakhir, beo akan memiliki kemampuan menirukan suara-suara dengan sangat baik.

Ada beberapa tengara yang mencirikan beo sedang mabung, di antaranya adalah:

  • Bulu yang mulai terlihat keriting dan acak-acakan.
  • Banyak bulu kering yang mudah rusak atau patah.
  • Beo yang selalu menarik bulu-bulunya hingga copot.
  • Kepala burung yang terlihat botak sebagian.
  • Ada bulu-bulu halus dan kasar di dasar sangkarnya.

Setelah mendapati satu atau beberapa ciri-ciri di atas, maka langkah perawatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mandikan beo dengan lebih rutin dari biasanya, karena kebiasaan burung beo yang selalu mencabuti sendiri bulu-bulu yang rusak sehingga dengan memberinya mandi rutin dapat mencegah iritasi sekaligus menjadikan bulu cepat rontok.
    Memberikan buah-buahan yang lebih bervariasi mulai dari pisang, pepaya, semangka, jeruk, melon, dsb. Selain buah, berikan juga jangkrik sebanyak 3- 5 ekor setiap pagi dan sore hari.
  2. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird karena sangat membantu dalam menjaga kondisi burung selama mabung. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan zat anti stres yang baik dikonsumsi burung, serta dapat meningkatkan stamina, mental, dan daya tahan burung sepanjang hari.
  3. Setiap seminggu sekali, beo tersebut diberikan suplemen minyak ikan untuk mendukung proses mabung agar berjalan lancar dan menjadikan bulu baru yang tumbuh lebih sehat dan berkilauan.
  4. Lakukan pemasteran selama mabung, karena pada saat ini burung beo akan sangat merespon suara-suara masterannya dengan cepat, sehingga setelah mabung usai beo akan memiliki variasi isian yang baru untuk dicelotehkan.
Baca:   Tips mengatasi lovebird paud yang ngering

Demikian tips singkat merawat burung beo yang sedang mabung.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

settingan kacer tipe panas

Cara agar kacer tampil ngotot di lomba

66 / 100 Cara agar kacer tampil ngotot di lomba – Kacer merupakan jenis burung dengan sifatnya yang fighter atau petarung. Kondisi ini juga yang mengharuskan banyak kicaumania untuk memberikan rawatan yang tepat kepada burung piaraannya. Bukan itu saja, saat akan dilombakan pun, si pemilik harus faham betul kondisi rawatannya itu agar bisa tampil dengan lebih […]
Read more

Mendeteksi burung yang sakit

Burung merupakan hewan yang rentan terhadap kematian jika dibandingkan hewan mamalia, pada umumnya burung yang sakit dengan gejala tidak mau makan lebih dari satu hari saja akan berujung pada kematian jika tidak segera mendapat pertolongan pertama.  Mendeteksi burung yang sakit secara dini merupakan hal yang sangat penting agar nyawa burung dapat diselamatkan.  Gejala awal burung […]
Read more

Tips perawatan burung ciblek jarang bunyi

Banyak yang suka dengan burung ciblek karena suaranya yang lantang. Selain itu, ciblek juga punya suara tembakan ‘ngebren’ yang khas. Tapi bagaimana jika ciblek yang sudah lama dipelihara tak kunjung gacor? Bahkan selama dirawat pun burung hanya sesekali bunyi saja. Untuk mengatasinya, simak tips perawatan burung ciblek yang jarang bunyi berikut ini. Cara melatih mental […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?