Tips rawatan kepodang emas agar cepat bunyi dan gacor

Kepodang emas (Oriolus chinensis) memiliki nama resmi kepudang kuduk hitam, merupakan salah satu jenis burung yang gemar bersolek untuk memamerkan keindahan bulunya. Penampilan dan warna bulunya sangat menarik, terdiri dari bulu kuning dan hitam, kepodang dikenal dengan suara kicauannya yang merdu.

Kecantikan penampilan dan warna bulu, serta kemerduan suara kicauannya menjadikan burung kepodang emas banyak dicari untuk berbagai kepentingan mulai dari tradisi, mitos, hingga dipelihara untuk kelangenan. Tak hanya itu saja, kepopuleran burung ini juga menjadikannya sebagai maskot atau fauna identitas untuk Provinsi Jawa Tengah.

Kepodang emas memiliki sifat arboreal yaitu burung yang lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pepohonan atau ketinggian, dan jarang sekali berada di tanah. Bahkan untuk mandi pun, burung ini akan mencari genangan air yang terdapat pada batang sebuah pohon.

Perawatan burung kepodang emas agar cepat bunyi dan gacor

Suara kicauan kepodang emas sangat merdu. Meski tidak memiliki kemampuan menirukan suara seperti cucak hijau atau murai batu, namun kepodang emas mempunyai suara alam dengan nada-nada yang bervariasi. Di alam liar, suara kepodang emas bahkan bisa terdengar hingga jarak yang sangat jauh.

Memelihara burung kepodang emas agar rajin bunyi harus memperhatikan empat hal, yaitu:

  1. Menjaga kebersihan sangkar,
  2. Menyediakan pakan yang tepat,
  3. Menambahkan multivitamin,
  4. Memandikan rutin.

Jika empat hal di atas dikombinasikan dalam pola rawatan hariannya, maka burung kepodang akan semakin aktif dan terpancing untuk rajin bunyi dengan suara kicauannya yang membahana.

Baca:   Tips dan cara menjinakkan lovebird

Pakan dan vitamin yang cocok untuk  burung kepodang

Kepodang adalah burung pemakan buah-buahan dan juga serangga. Namun begitu, burung ini lebih cenderung menyukai buah-buahan terutama yang berasa manis dan banyak mengandung air seperti mangga, jeruk, pepaya, melon, dsb.

Pemberian pakan buah-buahan secara teratur setiap hari dengan jenis yang bervariasi tentu akan menjadikan burung lebih aktif dan rajin bunyi. Selain buah-buahan, kepodang juga bisa diberikan pakan serangga seperti jangkrik dan ulat terutama ulat hongkong maupun ulat bambu.

Pakan serangga tersebut rutin diberikan setiap pagi dengan jumlah disesuaikan kebutuhan hariannya. Jika dilengkapi dengan pakan buah-buahan yang bervariasi, maka pemberian jangkrik / ulat bisa dibuat menjadi 1-2 ekor setiap pagi dan sore harinya.

Untuk makanan ekstra atau ef, bisa diberikan telur puyuh/bebek rebus yang diberikan dengan cara digantungkan di dalam sangkar atau dicacah lalu dicampurkan bersama pakan voernya. Telur rebus mengandung banyak protein yang sangat baik dikonsumsi burung aktif seperti kepodang.

Vitamin tambahan diperlukan untuk menjaga kondisi, sekaligus juga untuk mendongkrak stamina dan ketahanan burung setiap hari. Vitamin yang tepat akan menjadikan burung terpancing untuk lebih rajin bunyi, untuk itu pilihlah multivitamin yang benar-benar cocok dan aman untuk burung.

Sup Plus Bird menjadi pilihan terbaik yang banyak direkomendasikan para kicaumania di Indonesia. Selain membantu menjaga stamina dan daya tahannya, vitamin ini cukup ampuh dalam mendongkrak mental burung dan mampu mencegah/mengatasi burung yang stres. Jika rutin dikonsumsi, Sup Plus Bird mampu menjadikan burung kepodang semakin terpancing untuk bersuara lebih kencang dan gacor.

Baca:   Tips mengajari burung beo bicara

Cara memandikan burung kepodang

Mandi menjadi perawatan wajib yang harus dilakukan setiap harinya. Jika rutin dimandikan, kepodang akan terus merasa segar yang akan menjadikan burung selalu aktif, sehingga akan terpancing untuk rajin berkicau.

Mandi bisa dilakukan dengan menyediakan bak mandi ke dalam sangkarnya, atau membiasakan burung mandi dalam karamba mandinya. Mandikan burung pada pagi dan sore hari untuk menjadikannya lebih rajin bunyi.

Penjemuran sebaiknya tidak dilakukan dalam durasi yang terlalu lama atau berlebihan, karena sifat alami burung ini yang tidak kuat menahan suhu panas. Jika dibutuhkan, penjemuran bisa dilakukan seperlunya saja dan tidak lebih dari 30 menit.

Selesai dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh dan sedikit berangin. Hembusan angin yang sepoi-sepoi itu akan memancing kepodang untuk cepat berbunyi.

Jika memiliki dana lebih, Anda bisa menambah burung kepodang lain di rumah agar keduanya bisa saling bersahut-sahutan, dengan demikian burung akan semakin terpancing untuk cepat gacor. Alternatifnya adalah menyediakan suara rekaman burung kepodang lain yang diputarkan melalui perangkat pemutar mp3 atau smartphone.

Demikian tips rawatan kepodang emas agar cepat bunyi dan gacor.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips memilih branjangan bahan atau anakan

Branjangan atau dalam bahasa sunda sering disebut dengan manuk apung  memang menarik untuk dipelihara , Selain suara tembakannya yang kencang dengan segala isiannya burung ini juga mempunyai gaya yang unik yaitu hoovering atau terbang secara vertikal sembari melagukan nyanyiannya. tapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai asal usul dan perawatan harian dari burung branjangan […]
Read more

Tips agar mozambik cepat gacor untuk masteran kenari

Mozambik dikenal dengan nama Green singing finch, adalah spesies burung kicau yang berasal dari Afrika. Meski bertubuh kecil, namun suara mozambil cukup lantang terdengar, tak heran kalau burung ini kerap dijadikan masteran untuk kenari. Suaranya yang ngerol bisa menjadikan kenari memiliki lagu-lagu yang panjang. Baca:   Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur
Read more

Tips perawatan saat murai batu mabung

Mabung atau molting adalah masa di mana bulu burung akan rontok secara alami. Kondisi ini sudah merupakan siklus alamiah yang terjadi pada keluarga burung dan unggas. Ketika burung sedang mengalami mabung, maka perawatan yang tepat harus segera diterapkan. Berikut perawatan saat murai batu mabung. Baca:   Inilah ciri-ciri cendet siap lomba
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by