Tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi

Cucak-kopi melayu atau di kalangan kicaumania lebih populer dengan sebutan burung kopi-kopi merupakan jenis burung yang biasa digunakan untuk masteran. Meski terdengar monoton, namun suara kicauan cucak-kopi akan sangat menarik jika mampu ditiru oleh burung peliharaan lainnya. Berikut tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi.

Walaupun cucak kopi sering dijual di pasar burung, namun jenis ini masih belum cukup populer di kalangan kicauan mania. Selain karena suaranya yang dianggap monoton, masih banyak yang beranggapan bahwa burung cucak kopi sangat susah dirawat.

Padahal, perawatan burung cucak kopi tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya. Bahkan tidak membutuhkan perhatian secara khusus. Jika ingin menjadikannya rajin bunyi untuk masteran, maka perawatan harian harus dilakukan dengan rutin dan teratur.

Berikut tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi:

  • Untuk memancing agar burung cucak kopi rajin bunyi, maka pengembunan harus dilakukan dengan lebih rutin. lakukan pengembunan sejak 30 – 60 menit sebelum matahari terbit. Untuk hasil optimal, gantangkan sangkarnya di lokasi yang langsung terpapar sinar matahari pagi.
  • Jemur burung di bawah sinar matahari pagi selama 1 jam, setelah itu mandikan dengan cara disemprot dengan sprayer, atau dibiasakan mandi karamba.
  • Selama burung dimandikan, sangkar dibersihkan dari kotoran dan sisa pakan karena jika dibiarkan kotor akan dapat mengganggu kesehatannya.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan makanan ekstra (EF) yang terdiri dari 3 – 5 ekor jangkrik, dan 2 – 3 ekor ulat hongkong. Setelah itu, burung dijemur di bawah sinar matahari selama 30 – 60 menit.
  • Selesai penjemuran, burung ditempatkan di tempat teduh. Untuk memancingnya rajin bunyi, gantungkan sangkarnya di dekat burung peliharaan lain yang sudah gacor seperti kenari, pleci, gelatik batu, jalak suren, dsb.
  • Berikan buah pisang atau pepaya setiap beberapa hari sekali, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi burung.
  • Pada sore harinya, burung kembali dijemur lalu berikan jangkrik 2-3 ekor, dan ulat hongkong 1 ekor.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat, pastikan sangkar sudah dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa makanan. Setelah itu, full kerodong sampai esok harinya.
  • Selain voer yang baik kualitasnya dan pakan tambahan (EF), untuk menjadikan cucak kopi makin gacor maka pemberian suplemen multivitamin seperti Sup Plus Bird harus sering dilakukan. Sup Plus Bird adalah multivitamin tambahan yang cepat larut dalam air. Khasiatnya selain meningkatkan stamina dan daya tahan burung, adalah juga untuk menjadikan burung makin rajin bunyi. Selain itu, multivitamin ini juga cukup ampuh mendongkrak kondisi fisik dan mentalnya.
Baca:   Tips beternak parkit untuk pemula

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird ngantukan

Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Sejatinya, lovebird adalah jenis burung yang sangat lincah dan aktif. Namun jika lovebird sering terlihat ngantukan atau selalu tertidur meski di siang hari, maka bisa dipastikan sedang terjadi sesuati pada burung tersebut. Untuk itu, simak penyebab dan tips atasi lovebird yang ngantukan berikut ini. Baca:   Cara merawat burung jalak yang masih anakan
Read more
lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.  Baca:   Mengatasi burung tledekan gunung macet bunyi
Read more
lovebird ngekek

Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik

Permasalahan lovebird yang cenderung ngetik dan jarang bersuara ngekek tak hanya terjadi di rumah saja tapi juga lebih sering muncul ketika burung sedang dilombakan. Berikut penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik. Baca:   Fakta unik & menarik burung-madu
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by