Tips rawatan burung cililin hitam untuk masteran

Burung cililin terdiri atas dua jenis yang dikenal kicaumania, yaitu cililin cokelat dan cililin hitam. Banyak kicaumania akan memilih cililin cokelat untuk masteran karena suaranya yang lebih tajam dan rapat. Namun begitu, karena harganya yang masih tinggi, tidak sedikit yang beralih mencari alternatif masteran lainnya seperti cililin hitam. Berikut tips rawatan burung cililin hitam untuk masteran.

Lebih disukainya burung cililin cokelat untuk masteran adalah karena suara kicauannya yang lebih kristal dan suara tembakan panjang dengan cengkok yang naik-turun. Adapun cililin hitam cenderung bersuara kasar dengan tembakan yang pendek.

Meski begitu, karakter vokal keduanya tidak jauh berbeda. Bahkan jika dirawat dengan optimal cililin hitam pun bisa menjadi burung masteran yang tak kalah bagusnya dengan cililin cokelat. Untuk itu,

Meski begitu, karakter vokal keduanya tidak terlalu jauh berbeda. Bahkan jika dirawat dengan optimal, cililin hitam pun bisa menjadi burung masteran yang tak kalah kualitasnya dengan cililin cokelat. Untuk itu, perawatan teratur dibutuhkan untuk mendukung burung tampil maksimal untuk masteran.

Baca:   Tips cucak hijau tampil ngotot di lomba

Tips rawatan cililin hitam agar gacor untuk masteran

Rawatan burung cililin hitam agar cepat gacor sebaiknya memperhatikan segala kebutuhannya, mulai dari pakan hingga perawatan rutin hariannya. Hal ini diperlukan agar burung selalu terjaga kondisinya setiap hari, terutama karena rata-rata burung cililin ini akan susah untuk gacor jika tidak berada dalam kondisi yang betul-betul fit.

Untuk metode rawatan yang umum diterapkan agar cililin hitam cepat gacor untuk masteran adalah:

  1. Memberikan EF Jangkrik sebanyak 8-10 ekor setiap pagi dan sore hari.
  2. Memberikan satu sendok makan kroto pada pagi hari setiap dua hari sekali.
  3. Mandikan burung cililin 1 – 2 kali dalam seminggu.
  4. Penjemuran dilakukan seperlunya saja dan hanya berlangsung pada pagi hari setelah matahari terbit dengan durasi jemur paling lama 30 menit.
  5. Jika burung dimandikan, maka untuk mengeringkan bulu-bulunya cukup diangin-anginkan saja.
  6. Selesai dijemur, burung segera dipindahkan ke tempat yang teduh dan sejuk / lembab.
  7. Berikan tambahan vitamin, khususnya Gacor Maxx karena bisa membantu menjadikan burung cililin hitam tersebut makin gacor dengan suara tembakannya yang lebih kencang dan panjang.
  8. Untuk melatih gacor, bisa dilakukan dengan menggantungkan sangkarnya di dekat burung peliharaan lain yang sudah rajin bunyi seperti lovebird atau kenari.
  9. Jika dibutuhkan untuk memaster burung jenis lainnya, sebaiknya tahap pemasteran dilakukan di dalam ruangan agar penampilan cililin hitam makin maksimal.
Baca:   Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinya

Itulah beberapa cara merawat burung cililin hitam agar gacor untuk masteran.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Terapi mengatasi kebotakan pada burung murai batu

Kebotakan pada burung murai batu tidak hanya disebabkan oleh burung yang gemar mencabuti bulu-bulunya saja, tetapi bisa juga dipicu oleh faktor lain, misalnya karena infeksi jamur yang sudah berlangsung lama. Untuk mengatasinya tentu tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan biasa, tetapi dibutuhkan terapi untuk mengatasi kebotakan tersebut. Baca:   Kesalahan dalam perawatan jalak suren trotolan
Read more

Tips perawatan burung bakalan

Membeli burung di Pasar burung memang sangat banyak pilihan mulai burung ciblek hingga burung muray batu semua tergantung dengan rapinya di setiap kios-kios burung yang kita datangi. Jenis burung yang bervariasi mulai dari burung bakalan hingga burung jadi semua ditawarkan dengan harga yang juga bervariasi. Kadang begitu inginnya kita memelihara burung bagus yang sudah rajin […]
Read more

Cara bedakan perkutut jantan dan betina paling akurat

Setelah banyak spesies burung yang masuk dalam kategori burung dilindungi, keberadaaan perkutut kini makin dicari oleh kicaumania. Perkutut menjadi pilihan alternatif bagi penggemar burung yang menyukai suara kicauan yang adem dan ngangenin. Sebagai panduan, simak cara membedakan perkutut jantan dan betina berikut ini. Baca:   Membedakan Lovebird jantan dengan betina
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by