Tips mengatasi lovebird paud yang ngering

Ngering atau ngeruji adalah perilaku tak biasa yang ditunjukkan burung lovebird saat mengalami penurunan kondisi yang dapat dipicu oleh berbagai faktor. Pada lovebird yang masih paud, ngering akan muncul saat burung sedang dilombakan, sehingga dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya agar burung bisa ngekek nagen.

Salah satu ciri lovebird paud yang berpenampilan maksimal di gantangan adalah burung yang mengeluarkan suara ngekeknya sambil nagen di atas tenggerannya. Jika burung terlalu sering naik-turun tenggeran, apalagi jika disertai ngering atau ngeruji tentu tidak akan bisa berkicau dengan durasi yang diinginkan.

Ada beberapa penyebab lovebird paud sering berperilaku ngering saat dilombakan, di antara penyebab yang paling umum adalah faktor umur, mental, birahi, dan ketidaknyamanan tenggeran yang digunakan. Untuk mencegah perilaku tersebut terulang saat burung dilombakan, maka beberapa tips perawatan berikut ini bisa langsung diterapkan, yaitu:

Memilih asupan pakan biji-bijian

Asupan pakan biji-bijian yang baik dan berkualitas dapat mendukung penampilan burung di lapangan. Itu sebabnya, untuk lovebird yang masih paud maka pemberian pakan biji-bijiannya harus mulai lebih diperhatikan. Berikan pakan yang sudah dipercaya oleh banyak pemain lovebird, salah satunya adalah Milet Kristal.

Baca:   Tips perawatan trucukan harian dan lomba

 

Milet Kristal merupakan pakan milet racikan dengan banyak manfaat, baik untuk lovebird yang masih paud / balibu maupun untuk burung dewasa. Selain menjadikan lovebird cepat gacor dan berdurasi, pemberian milet Kristal secara rutin dapat membantu meningkatkan stamina, menjaga metabolisme, menambah durasi ngekek, dan membantu menstabilkan birahi.

Lovebird paud yang kerap ngering akan langsung terobati jika mendapatkan asupan pakan yang kaya nutrisi seperti Milet Kristal ini. Setelah kondisinya kembali pulih, lovebird paud bisa kembali dilombakan dengan penampilan yang lebih maksimal.

Mengganti tenggeran 

Masalah kecil yang kadang diabaikan oleh banyak lovebird mania adalah pemilihan tenggeran. Sering terjadi, lovebird tidak betah diam di tenggerannya lantaran merasa kurang nyaman dengan ukuran, bentuk, maupun tekstur tenggeran tersebut.  Perilaku ngering atau ngeruji pun kadang bisa dipicu oleh pemakaian tenggeran yang kurang tepat tersebut.

Untuk itu, ganti tenggeran dengan bahan dan ukuran yang tepat, untuk itu Anda bisa melakukan pengamatan terhadap perilakunya saat mengganti tenggerannya dengan yang lain. Cara lain adalah menambah satu tenggeran di dekat tenggeran utama, sehingga burung akan mengurangi sifat ngeringnya dan cenderung ngekek di tenggeran tambahannya yang dipasangkan dekat jeruji.

Baca:   Empat faktor pemicu lovebird macet bunyi

Semprot air dingin 

Mandi semprot dengan menggunakan air dingin bisa membantu mengurangi perilaku lovebird paud yang suka ngering atau ngeruji. Selain cukup ampuh menstabilkan birahinya, semprot air dingin juga membuat burung lebih segar sehingga selalu terpancing untuk rajin ngekek.

Demikian tips mengatasi lovebird paud yang ngering, untuk hasil yang optimal sebaiknya perawatan harian tersebut disertai dengan pemberian multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang dapat membantu meredakan stres, dan menurunkan birahi yang ketinggian.

Milet Kristal dan Sup Plus Bird

 

Kombinasi milet Kristal disertai Sup Plus Bird tentu akan menghasilkan burung yang benar-benar nagen. Lovebird paud akan mengeluarkan suara ngekek panjangnya di atas tenggeran, sehingga penampilannya sanggup memukau para juri.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Mengontrol emosi bisa menjadi faktor penentu lovebird tampil dengan maksimal di gantangan. Tapi bagaimana jika lovebird terlanjur emosi tinggi. Simak tips dan cara mengatasinya di sini .. Baca:   Rawatan burung jalak jambul cepat gacor
Read more
lovebird paud durasi tambah

Perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek

Kurang terpenuhinya kebutuhan nutrisi akan menyebabkan lovebird menjadi kurang aktif dan malas berkicau. Kondisi ini paling umum dijumpai pada burung yang masih muda atau paud / balibu. Untuk mengatasinya, simak cara perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek berikut ini. Baca:   Tips perawatan trucukan harian dan lomba
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Settingan alternatif lovebird macet kembali gacor

Perawatan lovebird yang macet bunyi membutuhkan penanganan yang sangat teratur, terutama untuk memulihkan kondisinya agar burung kembali rajin bunyi alias gacor. Settingan alternatif berikut ini dapat diterapkan untuk menggacorkan kembali lovebird macet bunyi.  Baca:   Settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by