settingan lovebird jantan bahan single fighter

Tips jika lovebird ngeriwik saja

Satu hal yang menjadi keinginan lovebird mania adalah burung rawatannya yang rajin ngekek dengan durasi panjang. Sukur-sukur kalau lovebird rawatanya itu bisa tembus tiga besar di arena lomba. Tapi bagaimana jika burung cenderung bersuara ngeriwik saja, meski sudah dirawat cukup lama. Untuk solusinya, simak tips dan cara mengatasinya berikut ini.

Burung lovebird yang sudah dirawat cukup lama tapi belum juga mau ngekek dan cenderung ngeriwik saja atau ngetik, biasanya disebabkan oleh perawatan yang belum benar. Ada beberapa hal yang mungkin aja terlewatkan dalam perawatan hariannya, atau bisa juga karena rawatan yang diberikan terlalu berlebihan / over.

Selain itu, rawatan mandi dan jemur pun dapat mempengaruhi penampilan burung. Penjemuran yang dilakukan dalam waktu dan metode yang benar dapat menjadikan burung terpancing untuk lebih rajin ngekek, tapi sebaliknya jika hal ini dilakukan asal-asalan maka hasilnya burung alami penurunan kondisi yang menyebabkannya ngeriwik saja tak mau ngekek.

Ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian saat akan melakukan perawatan mandi dan jemur, yaitu:

  1. Mandi dilakukan setiap pagi sebelum burung akan dijemur. Mandi bisa dilakukan dengan cara disemprot hand sprayer maupun memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya. Alternatifnya, burung bisa dimandikan dengan tangan jika ingin menjadikannya lebih cepat jinak.
  2. Gunakan air bersih sewaktu memandikan lovebird, jika diperlukan bisa menggunakan air yang sudah dicampur desinfektan yang aman untuk burung terutama untuk mencegah dan membersihkan parasit yang bersarang di bulu dan kulitnya. Alternatifnya, gunakan shampo khusus burung atau memanfaatkan ramuan herbal seperti air rebusan daun sirih, dsb.
  3. Selesai dimandikan, lovebird jangan langsung dijemur di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan penurunan kondisi akibat perubahan suhu yang mendadak. Juga bisa menyebabkan bulu mudah kering dan rusak jika dijemur dalam kondisi bulu yang masih basah.
  4. Selesai burung dimandikan, sangat dianjurkan untuk mengangin-anginkan dulu di tempat sejuk yang bertujuan mengeringkan bulu yang masih basah. Setelah dirasa cukup kering, baru lovebird dijemur di tempat biasa.
  5. Pastikan penjemuran dilakukan di bawah jam 10:00 atau tidak saat matahari sedang terik-teriknya (siang). Penjemuran yang baik dilakukan setelah matahari terbit atau sekitar pukul 06:30 sampai dengan pukul 09:30. Ada toleransi waktu menjemur sampai dengan pukul 10:00 dan 10:30, namun tetap mempertimbangkan kondisi burung.
  6. Lovebird yang masih balibu atau paud umumnya dijemur dalam durasi waktu 1 jam, sedangkan untuk lovebird dewasa bisa jemur selama 2 jam.
  7. Penjemuran bisa dilakukan bersamaan dengan burung lovebird lainnya, karena dapat memancing burung untuk mengeluarkan suara ngekeknya.
  8. Hindari menjemur lama ketika lovebird sedang memasuki masa mabung atau saat proses peluruhan bulu, karena bisa menghambat proses mabung yang sedang berlangsung.

Selain memperhatikan metode dan waktu penjemuran di atas, pola rawatan rutin lain yang harus diperhatikan agar burung lovebird lebih terpancing untuk mengeluarkan suara ngekeknya adalah:

Mengganti pakan yang biasa diberikan dengan pakan lain yang sudah terjamin kualitas dan manfaatnya. Salah satu pakan racikan yang menjadi rekomendasi banyak lovebird mania adalah Milet Cinderella yang sudah melewati peracikan khusus dengan menggunakan aneka bahan-bahan yang kaya manfaat. Pemberian milet Cinderella secara rutin dapat membantu meningkatkan birahi dan mampu merangsang lovebird untuk mengeluarkan suara ngekeknya dengan kencang dan berdurasi.

Baca:   Milet cinderella bikin lovebird gacor

Stop doping jika lovebird selama ini diberikan suplemen dopingan untuk tujuan merangsang burung agar cepat bersuara keras. Pemberian doping secara berlebihan justru akan merusak metabolisme burung sehingga penampilannya malah akan semakin berkurang.

Untuk merangsang lovebird rajin ngekek, Anda cukup memberinya multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang cocok dan aman diberikan kepada semua jenis burung peliharaan. Pemberian Sup Plus Bird tidak menjadikan burung ketagihan, tetapi justru memberikan dampak yang baik untuk fisik, mental, dan daya tahannya.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird adalah suplemen cair yang mengandung multivitamin dan dilengkapi multimineral sehingga lovebnird yang mengkonsumsi akan semakin terdongkrak stamina, daya tahan, dan mentalnya. Dalam kondisi tubuh yang fit itulah, lovebird akan mampu mengeluarkan suara ngekeknya dengan keras dan berdurasi panjang.

Itulah tips jika lovebird ngeriwik saja.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara mengobati suara serak pada lovebird

Manfaat Daun Mengkudu buat Lovebird Manfaat daun mengkudu buat lovebird memang sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, saat ini banyak maniak lovebird menggunakan atau menyajikan daun pace atau Noni -istilah lain daun mengkudu- sebagai tambahan makanan tambahan untuk burung lovebird. Tujuannya tentu saja agar si Lovebird agar lebih rajin berkicau dan meningkatkan volume kicauan suara, […]
Read more

Tips dan cara mengatasi burung perkutut yang jarang bunyi

Burung yang sehat tentu akan menjadi lebih aktif dan rajin bunyi, begitu pun perkutut. Jika dipelihara dengan rawatan rutin dan teratur, maka ia akan semakin rajin manggung. Lalu bagaimana jika burung tetap adem-adem saja tak mau bunyi meski sudah mendapatkan perawatan yang sesuai? Berikut tips dan cara mengatasinya. Lima cara merawat burung perkutut agar rajin […]
Read more

Cara ampuh menstabilkan birahi lovebird

Birahi lovebird yang cenderung gampang berubah membuat kicaumania harus memberikan perawatan yang benar-benar tepat. Ketika birahinya turun, burung jadi kurang aktif dan jarang berbunyi. Mengatur birahi lovebird sebelum lombaCara setting lovebird betina untuk lombaCara seting lovebird jantan untuk lombaPenyebab lovebird jarang ngekek dan cara mengatasinyaTiga cara jitu mengatasi lovebird over birahiCara mengatasi lovebird tidak nafsu […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?