rawatan gelatik batu cepat gacor

Tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor

Burung gelatik batu umum dipelihara untuk masteran maupun pemancing bunyi. Meski bertubuh mungil, namun suranya terdengar tajam dengan cuitan-cuitan yang menarik untuk masteran. Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka perawatan yang tepat harus mulai diterapkan. Sebagai panduan, berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor.

Gelatik batu memiliki penampilan dengan warna bulu yang kontras. Suaranya recet dan bervariasi, dengan cuitannya yang khas. Perawatan gelatik batu sangat mudah, karena burung ini dikenal cepat jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Namun begitu, untuk menjadikannya rajin bunyi maka perawatan yang tepat harus dilakukan, khususnya agar burung cepat gacornya.  Perawatan yang tepat tersebut akan menjadikan gelatik batu makin aktif, lincah, dan terpancing untuk lebih rajin bunyi dengan cuitan khasnya.

Berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor:

  1. Mengembunkan burung gelatik batu dengan lebih rutin dapat membantu meningkatkan stamina dan mentalnya, sehingga burung bertambah aktif dan semakin terpancing untuk rajin bunyi.
  2. Saat burung sedang diembunkan, berikan makanan ekstra yang terdiri dari satu sendok teh kroto, dan ulat hongkong putih sebanyak 2 ekor. Jika ada, bisa juga diberikan ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil.
  3. Mandikan burung tidak lama setelah matahari terbit. Cara mandinya bisa dilakukan dengan menggunakan sprayer / semprotan atau memasukkan cepuk mandi ke dalam sangkarnya.
  4. Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulunya, setelah itu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 – 2 jam.
  5. Setelah penjemuran, burung ditempatkan di lokasi yang sejuk dan teduh.
  6. Berikan voer yang bagus kandungan dan kualitasnya. Untuk gelatik batu, bisa diberikan voer khusus ciblek seperti Voer Kristal Ciblek yang sangat baik manfaatnya untuk menjadikan burung makin rajin bunyi.
    Berikan pula pakan ekstra (EF) yang terdiri dari jangkrik dan ulat hongkong putih sebanyak 3 ekor.
  7. Air minum diganti dengan yang masih segar dan bersih. Untuk memaksimalkan penampilan dan menjadikannya rajin bunyi, tambahkan 2-3 tetes Sup Plus Bird ke dalam cepuk air minumnya, lalu diaduk hingga merata.
    Sup Plus Bird adalah multivitamin tambahan yang mempunyai banyak manfaat untuk burung peliharaan, mulai dari mencegah dan mengatasi stres, meningkatkan stamina dan mental, hingga menjadikan burung lebih aktif dan rajin bunyi. 
  8. Lakukan pemasteran dengan menggunakan suara masteran dari perangkat mp3 atau smartphone. Pemasteran dapat menambah variasi suara isian, sehingga burung terpancing untuk cepat gacornya.
  9. Pada sore harinya, berikan jangkrik dan ulat hongkong putih sebanyak 2 ekor atau cukup ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil.
  10. Pada malam hari, sangkar diberikan full kerodong dan burung dibiarkan beristirahat sampai esok harinya untuk diembunkan.
Baca:   Tips menjodohkan sepasang burung blackthroat

Itulah tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara mendidik lovebird untuk lomba

Mendidik lovebird untuk lomba perlu dilakukan terutama agar burung memiliki kesiapan mental yang lebih baik. Kesiapan mental tersebut dibutuhkan terutama agar burung tidak gampang ngedrop dan lebih teruji saat berada di lapangan. Ada tiga potensi unggulan dari burung lovebird yang harus diasah oleh pemiliknya, yaitu kemampuan vokal, kekuatan nafas, dan ketahanan mentalnya. Ketiga unsur inilah […]
Read more
menjaga kondisi burung kolibri di musim hujan

Menjaga kondisi burung kolibri di musim hujan

58 / 100 Saat ini, beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami musim penghujan. Nah, kondisi ini tentu harus disikapi dengan baik oleh kicaumania. Di musim hujan, burung peliharaan khususnya kolibri sangat rentan mengalami penurunan kondisi, bahkan jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat kesehatannya pun akan terganggu. Nah, sebagai panduan rawatan berikut tips menjaga kondisi burung […]
Read more

Cara cepat melatih burung beo bicara

Burung beo disukai karena pandai menirukan suara manusia. Melatih beo bicara sebenarnya gampang-gampang susah, tapi jika hal ini rutin dilakukan maka si beo akan lebih cepat menguasai suara yang dilatihkannya. Nah, penasaran bagaimana cara cepat melatih beo bicara? Yuk, simak tipsnya berikut ini. Makanan dan vitamin burung jalak agar rajin bunyiRawatan burung jalak jambul cepat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?