rawatan gelatik batu cepat gacor

Tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor

Burung gelatik batu umum dipelihara untuk masteran maupun pemancing bunyi. Meski bertubuh mungil, namun suranya terdengar tajam dengan cuitan-cuitan yang menarik untuk masteran. Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka perawatan yang tepat harus mulai diterapkan. Sebagai panduan, berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor.

Gelatik batu memiliki penampilan dengan warna bulu yang kontras. Suaranya recet dan bervariasi, dengan cuitannya yang khas. Perawatan gelatik batu sangat mudah, karena burung ini dikenal cepat jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Namun begitu, untuk menjadikannya rajin bunyi maka perawatan yang tepat harus dilakukan, khususnya agar burung cepat gacornya.  Perawatan yang tepat tersebut akan menjadikan gelatik batu makin aktif, lincah, dan terpancing untuk lebih rajin bunyi dengan cuitan khasnya.

Berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor:

  1. Mengembunkan burung gelatik batu dengan lebih rutin dapat membantu meningkatkan stamina dan mentalnya, sehingga burung bertambah aktif dan semakin terpancing untuk rajin bunyi.
  2. Saat burung sedang diembunkan, berikan makanan ekstra yang terdiri dari satu sendok teh kroto, dan ulat hongkong putih sebanyak 2 ekor. Jika ada, bisa juga diberikan ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil.
  3. Mandikan burung tidak lama setelah matahari terbit. Cara mandinya bisa dilakukan dengan menggunakan sprayer / semprotan atau memasukkan cepuk mandi ke dalam sangkarnya.
  4. Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulunya, setelah itu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 – 2 jam.
  5. Setelah penjemuran, burung ditempatkan di lokasi yang sejuk dan teduh.
  6. Berikan voer yang bagus kandungan dan kualitasnya. Untuk gelatik batu, bisa diberikan voer khusus ciblek seperti Voer Kristal Ciblek yang sangat baik manfaatnya untuk menjadikan burung makin rajin bunyi.
    Berikan pula pakan ekstra (EF) yang terdiri dari jangkrik dan ulat hongkong putih sebanyak 3 ekor.
  7. Air minum diganti dengan yang masih segar dan bersih. Untuk memaksimalkan penampilan dan menjadikannya rajin bunyi, tambahkan 2-3 tetes Sup Plus Bird ke dalam cepuk air minumnya, lalu diaduk hingga merata.
    Sup Plus Bird adalah multivitamin tambahan yang mempunyai banyak manfaat untuk burung peliharaan, mulai dari mencegah dan mengatasi stres, meningkatkan stamina dan mental, hingga menjadikan burung lebih aktif dan rajin bunyi. 
  8. Lakukan pemasteran dengan menggunakan suara masteran dari perangkat mp3 atau smartphone. Pemasteran dapat menambah variasi suara isian, sehingga burung terpancing untuk cepat gacornya.
  9. Pada sore harinya, berikan jangkrik dan ulat hongkong putih sebanyak 2 ekor atau cukup ulat kandang sebanyak satu cepuk kecil.
  10. Pada malam hari, sangkar diberikan full kerodong dan burung dibiarkan beristirahat sampai esok harinya untuk diembunkan.
Baca:   Tips singkat merawat burung beo yang mabung

Itulah tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor.

Semoga bermanfaat

Related Articles

kenari dehidrasi

Cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi

Dehidrasi adalah satu gejala burung kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh beberapa kondisi. Pada kondisi ini, burung akan mudah sekali lemas dengan stamina yang terus menurun, sehingga sangat rentan terhadap penyakit dan kematian. Untuk mencegah hal tersebut menimpa burung kesayangan, silakan simak cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi. Tujuh jenis tanaman liar untuk burung […]
Read more

Tips membersihkan sangkar yang bau menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiMenyiapkan burung cucak jenggot […]
Read more

Tips & Trik memulihkan burung branjangan macet bunyi

7 / 100 Banyak kicaumania yang mengaku cukup kesulitan saat merawat burung branjangan. Salah satu permasalahan paling umum adalah burung rawatannya yang tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan tak sedikit juga yang burungnya macet bunyi meski sudah dirawat cukup lama. Merawat burung tledekan yang sedang mabungMembuat desinfektan alami dari jeruk lemonTips merawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?