Tips agar burung murai air aktif dan rajin bunyi

Meski berpenampilan kurang menarik, namun karena ekornya yang panjang menjadikan banyak kicaumania penasaran dengan suara kicauannya. Jika dirawat dengan tepat, murai air atau biasa disebut burung air mancur bisa menjadi masteran yang baik, terutama karena suaranya yang rapat mirip burung pelatuk. Berikut tips agar burung murai air aktif dan rajin bunyi.

Kicauan burung murai air menyerupai suara air yang mengalir / mengucur deras, dengan lagu yang rapat dan panjang sehingga dijuluki sebagai burung air mancur. Di beberapa daerah, jenis burung ini memiliki nama alias lainnya seperti murai besi, murai kopi, dan murai cai.

Murai air mempunyai ukuran tubuh dengan panjang sekitar 21-24 cm, bulu ekor yang panjang dan kaku, serta bentuk paruh yang panjang dan melengkung tipis. Kaki berwarna hitam dan warna mata merah gelap. Makanan utamanya adalah beberapa jenis serangga dan kumbang.

Baca:   Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina

Adapun untuk tips perawatan burung murai air agar aktif dan rajin bunyi untuk masteran adalah sebagai berikut:

  1. Perawatan harian murai air tidak bisa dilepaskan dari pemberian makanan tambahan (EF), khususnya serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Jangkrik dan ulat hongkong diberikan teratur setiap pagi dan sore hari sebanyak 3-4 ekor. Adapun untuk kroto diberikan sebanyak satu sendok teh yang diletakkan dalam cepuk kroto setiap pagi.
  2. Mandi dibuat lebih rutin dan teratur, karena burung ini dikenal sangat menyukai mandi dan bisa membantu menjaganya tetap aktif dan terpancing untuk rajin bunyi.
  3. Selesai mandi, burung tidak perlu dijemur lama-lama karena burung ini akan mudah sekali stres jika dijemur terlalu berlebihan. Penjemuran cukup dilakukan selama 30 menit saja.
  4. Untuk mendukung perawatan hariannya, tambahkan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya karena dapat membantu meningkatkan stamina, mental dan daya tahan burung. Selain itu, Sup Plus Bird juga bermanfaat untuk menjadikan burung rajin bunyi dan cept gacor, khususnya untuk masteran.
Baca:   Penyebab lovebird jarang ngekek dan cara mengatasinya

Sup Plus Bird dapat diperoleh di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Bisa juga dipesan melalui chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bremanfaat

Related Articles

tips master cendet

Solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. Baca:   Tips singkat merawat burung beo yang mabung
Read more
mandi malam untuk lovebird

Ini manfaat mandi malam untuk lovebird dan caranya

Mandi malam umumnya dilakukan sebagai bentuk terapi memulihkan kondisi burung peliharaan yang mengalami over birahi. Namun, apakah mandi malam hanya dilakukan untuk hal itu saja? Berikut manfaat mandi malam untuk lovebird dengan caranya. Baca:   Suara terapi dan pancingan kenari macet bunyi
Read more
melatih mental lovebird paud

Cara pemberian plangkringan lovebird yg benar

Tidak ada ukuran baku mengenai jenis dan ukuran plangkringan atau tangkringan yang digunakan oleh lovebird. Namun begitu, ada tata cara mengenai cara pemberian tangkringan lovebird yang benar, terutama agar burung tidak berperilaku nakal sewaktu dilombakan serta bisa tampil dengan lebih nagen ketika mengeluarkan suara ngekeknya.  Baca:   Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betina
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by