rawatan cililin tetap gacor untuk masteran

Tips agar burung cililin selalu gacor untuk masteran

Ciliin atau tangkar ongklet (Platylophus galericulatus) merupakan jenis burung yang banyak dicari untuk masteran. Suara tembakannya yang kencang dan rapat menjadi daya tarik tersendiri jika mampu ditiru oleh burung ocehan lain seperti murai batu atau cucak hijau.

Namun seperti juga burung peliharaan lainnya, cililin tidak selalu berada dalam kondisi rajin bunyi atau gacor untuk masteran, apalagi jika tidak didukung oleh perawatan yang tepat. Nah, untuk menggacorkannya, maka pola rawatan berikut ini bisa diterapkan:

Rawatan harian burung cililin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rawatan burung sejenis ciblek atau tledekan. Selama kebutuhan proteinnya terpenuhi, maka burung akan selalu gacor setiap hari. Itu sebabnya, pemberian kroto biasanya akan lebih diutamakan untuk menjaga burung tetap aktif dan rajin bunyi.

Selain menjaga ketersediaan pakan tinggi protein setiap harinya, pola rawatan berikut ini juga tidak boleh dikesampingkan, yaitu:

  • Mengembunkan burung setiap pagi yang bermanfaat untuk pemulihan energi dan stamina.
  • Mandikan burung sesuai dengan kebiasaannya bisa dimandikan dengan karamba mandi atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dari kotoran maupun sisa pakan yang berserakan. Sangkar yang kotor akan menjadi sarang berbagai macam bakteri dan parasit penyebab penyakit yang sebabkan burung cililin kurang aktif dan malas berkicau.
  • Setiap pagi, air minum diganti dengan air dingin untuk memberikan kesegaran sekaligus memancingnya rajin bunyi. Untuk menambah khasiat, tambahkan suplemen vitamin Gacor MAXX ke dalam air minumnya. Pemberian vitamin tersebut mampu mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari, selain itu juga menjadikan burung semakin rajin berkicau dengan suara tembakannya yang keras dan rapat untuk masteran.
  • Pakan yang diberikan terdiri dari campuran voer dan kroto sebanyak satu sendok makan. Voer campur kroto dapat membantu menjadikan burung lebih bersemangat sehingga selalu terpancing untuk rajin bunyi.
  • Selain diberikan makanan dan vitamin, perawatan lain yang harus diperhatikan untuk menggacorkan burung cililin adalah melakukan penjemuram secukupnya saja, karena burung ini dikenal tidak tahan panas.
    Memberikan pakan tambahan (EF) seperti jangkrik dan ulat hongkong dengan jumlah sesuai kebutuhan saja.
  • Lakukan terapi mandi malam seminggu sekali untuk menjaga kestabilan emosi dan birahinya.
Baca:   Perawatan cucak keling, si hitam yang bersuara lantang

Itulah beberapa tips dan perawatan agar burung cililin selalu gacor untuk masteran.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips membersihkan sangkar yang bau menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiMenyiapkan burung cucak jenggot […]
Read more

Tips singkat merawat burung beo yang mabung

Beo terkenal dengan kepandaiannya menirukan suara manusia yang sangat fasih. Namun seperti juga burung ocehan lainnya, beo pun akan mengalami masa mabung yang dapat menurunkan penampilannya. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang teratur agar beo bisa melewati masa pergantian bulu tersebut dengan sempurna. Berikut cara merawat burung beo yang mabung. Jangan lakukan hal ini saat burung […]
Read more

Cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji

Ngeruji adalah perilaku ketika lovebird tidak mau diam di tenggeran pada waktu bertemu lawan mainnya di sebuah ajang lomba atau latihan. Umumnya hal ini dipicu oleh kondisi burung yang sedang over birahi, tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lainnya. Berikut cara mengatasi lovebird yang suka ngeruji. Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngerujiCara setting lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?