Tips agar burung cililin selalu gacor untuk masteran

Ciliin atau tangkar ongklet (Platylophus galericulatus) merupakan jenis burung yang banyak dicari untuk masteran. Suara tembakannya yang kencang dan rapat menjadi daya tarik tersendiri jika mampu ditiru oleh burung ocehan lain seperti murai batu atau cucak hijau.

Namun seperti juga burung peliharaan lainnya, cililin tidak selalu berada dalam kondisi rajin bunyi atau gacor untuk masteran, apalagi jika tidak didukung oleh perawatan yang tepat. Nah, untuk menggacorkannya, maka pola rawatan berikut ini bisa diterapkan:

Rawatan harian burung cililin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rawatan burung sejenis ciblek atau tledekan. Selama kebutuhan proteinnya terpenuhi, maka burung akan selalu gacor setiap hari. Itu sebabnya, pemberian kroto biasanya akan lebih diutamakan untuk menjaga burung tetap aktif dan rajin bunyi.

Baca:   Khasiat ulat jerman untuk gacorkan jalak suren

Selain menjaga ketersediaan pakan tinggi protein setiap harinya, pola rawatan berikut ini juga tidak boleh dikesampingkan, yaitu:

  • Mengembunkan burung setiap pagi yang bermanfaat untuk pemulihan energi dan stamina.
  • Mandikan burung sesuai dengan kebiasaannya bisa dimandikan dengan karamba mandi atau memasukkan bak mandi ke dalam sangkarnya.
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dari kotoran maupun sisa pakan yang berserakan. Sangkar yang kotor akan menjadi sarang berbagai macam bakteri dan parasit penyebab penyakit yang sebabkan burung cililin kurang aktif dan malas berkicau.
  • Setiap pagi, air minum diganti dengan air dingin untuk memberikan kesegaran sekaligus memancingnya rajin bunyi. Untuk menambah khasiat, tambahkan suplemen vitamin Gacor MAXX ke dalam air minumnya. Pemberian vitamin tersebut mampu mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari, selain itu juga menjadikan burung semakin rajin berkicau dengan suara tembakannya yang keras dan rapat untuk masteran.
  • Pakan yang diberikan terdiri dari campuran voer dan kroto sebanyak satu sendok makan. Voer campur kroto dapat membantu menjadikan burung lebih bersemangat sehingga selalu terpancing untuk rajin bunyi.
  • Selain diberikan makanan dan vitamin, perawatan lain yang harus diperhatikan untuk menggacorkan burung cililin adalah melakukan penjemuram secukupnya saja, karena burung ini dikenal tidak tahan panas.
    Memberikan pakan tambahan (EF) seperti jangkrik dan ulat hongkong dengan jumlah sesuai kebutuhan saja.
  • Lakukan terapi mandi malam seminggu sekali untuk menjaga kestabilan emosi dan birahinya.
Baca:   Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Itulah beberapa tips dan perawatan agar burung cililin selalu gacor untuk masteran.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Ciri ciri lovebird hijau yang prospek untuk lomba

Read more

Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyi

Masalah paling umum yang dikeluhkan banyak penggemar kicauan adalah burung rawatannya yang berhenti berkicau alias macet bunyi. Pada burung jalak suren, kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya merasa gundah. Burung yang biasanya cerewet dan rajin bunyi berubah jadi pendiam. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini. Baca:   Tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan
Read more

Tips membedakan kenari jantan dan kenari betina

Meskipun menentukan jenis kelamin kenari bukan hal yang mudah dan mereka yang sudah berpengalaman pun banyak menemui kesulitan, tetapi ini ada tips yang bisa digunakan (tetapi bukan hal yang mutlak) dan cuma sebagai panduan umum saja dalam menentukan kenari jantan atau kenari betina. Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by