penyebab lovebird rontok bulu

Penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya

Bulu rontok biasanya terjadi di masa mabung. Namun jika hal ini terjadi di luar masa mabung, tentu itu artinya ada sesuatu yang bermasalah dengan burung tersebut. Pada burung lovebird, kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal mulai dari faktor lingkungan hingga rawatan. Berikut penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya.

Proses  pergantian bulu pada spesies burung dikenal dengan sebutan mabung. Pada saat inilah, burung akan menggunakan seluruh energinya untuk meluruhkan bulu tua dan menggantinya dengan bulu baru. Untuk mendukung proses mabung agar cepat selesai, si pemilik burung harus melakukan perawatan mabung dengan tepat.

Proses pergantian bulu pada burung dikenal dengan istilah mabung. Pada saat inilah, burung seperti halnya lovebird akan menggunakan seluruh energinya untuk meluruhkan bulu tua lalu menggantinya dengan bulu baru. Agar proses mabung bisa cepat selesai, maka si pemilikburung harus melakukan perawatan mabung dengan tepat.

4 hal yang harus diketahui saat burung mabung

Namun tak jarang, bulu rontok bisa juga terjadi di luar masa mabung khususnya saat burung mengalami satu atau beberapa hal berikut ini:

  • Perubahan suhu yang terlalu tiba-tiba, misalnya lovebird yang sudah nyaman berada di tempat bersuhu dingin / sejuk mendadak dipindahkan ke tempat yang bersuhu panas. Perbedaan suhu yang terlalu jauh inilah yang akan memicu bulu rontok.
  • Kulit dan bulu lovebird terinfeksi parasit seperti tungau atau kutu. Infeksi ini akan menyebabkan kulit iritasi sehingga bulu-bulu cenderung mudah rontok. Dampak buruk lain adalah lovebird akan menjadi sering mencabuti bulu-bulunya sendiri.
  • Faktor stres pun dapat menyebabkan lovebird rontok bulu. Selain itu, stres juga dapat mengganggu metabolisme dari burung itu sendiri. Pada burung lovebird, stres bisa dipicu oleh banyak hal seperti asupan pakan dan perawatan yang kurang tepat, burung yang selalu sendirian, maupun stres karena faktor lingkungan.
  • Penyakit yang umum menyerang burung paruh bengkok seperti Psittacine beak and feather disease¬†(PBFD) dapat menjadi penyebab lovebird rontok bulu. Jika lovebird mengalami gejala penyakit ini maka harus segera diberikan tindakan yang tepat sebelum penyakitnya semakin bertambah parah.
  • Faktor pemicu rontok bulu lainnya adalah burung yang alami over birahi sehingga untuk mengatasinya dibutuhkan perawatan khusus untuk mengurangi tingkat birahi burung tersebut.
Baca:   Tips atasi murai batu kurang ngotot

Rontok bulu pada burung lovebird dapat diatasi dengan menyediakan kebutuhan pakan dan vitamin yang tepat. Selain itu, berusaha untuk menjaga keaman dan kenyamanan burung selama berada di sangkarnya. Berikut beberapa cara mengatasi lovebird rontok bulu di luar masa mabung:

  1. Memindahkan sangkarnya ke tempat yang tenang dan aman dari gangguan terutama dari hewan liar maupun hewan peliharaan lain dan jauh dari polusi asap yang bersumber dari asap kendaraan maupun asap pembakaran sampah.
  2. Memberikan asupan pakan bijian yang lengkap dan terjamin kualitasnya seperti Milet US original yang memiliki kandungan bijian lengkap dan sudah diracik dengan bahan-bahan yang kaya manfaatnya. Selain membantu mengatasi burung yang rontok bulu, Milet US juga sangat berkhasiat untuk menjadikan lovebird makin gacor dan berstamina tinggi.
  3. Menambahkan Sup Plus Bird setiap hari dengan rutin ke dalam air minumnya. Pemberian suplemen multivitamin ini mampu mencegah dan mengatasi lovebird rontok bulu yang disebabkan oleh faktor stres, dan over birahi.
  4. Selalu menjaga kesehatan burung dengan memberikan perawatan dan penanganan yang tepat, mulai dari membersihkan sangkar setiap hari secara rutin, mengganti pakan dan air minum dengan yang masih baru/ segar, memandikan, penjemuran di waktu-waktu yang tepat, serta menjaga tubuhnya dari perubahan suhu mendadak dengan menutupi sangkarnya full kerodong saat cuaca sedang dingin atau turun hujan.
  5. Cegah iritasi dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang alami kerontokan bulu. Bisa juga lovebird dimandikan dengan menggunakan shampo khusus burung setiap hari sampai kondisinya kembali pulih.
Baca:   Cara merawat burung poksay mandarin biar gacor

Itulah beberapa penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Manfaat bata merah pengganti tulang sotong untuk lovebird

Pada dasarnya, semua jenis burung pemakan biji akan membutuhkan grit atau asinan untuk membantu mencerna makanan yang dikonsumsinya. Ketika bahan untuk asinan tersebut sulit diperoleh, lovebird mania bisa memberikan bata merah sebagai penggantinya. Apa sajakah manfaat bata merah untuk lovebird? Tips menambah durasi lovebird dewasaTips gacorkan lovebird betina ngekek jeda rapatCara pemberian plangkringan lovebird yg […]
Read more
tips agar burung samyong rajin bunyi

Tips agar burung samyong rajin bunyi

62 / 100 Samyong adalah burung endemik di Nusa Tenggara Barat. Di tempat asalnya, burung ini dijuluki Garugiwa dan terkenal dengan suaranya yang kencang dan bervariasi. Berikut tips agar burung samyong rajin bunyi. Mengenal burung samyong si peniru yang ulungTips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyiTips melatih burung makan voer (khusus buah-buahan)Tips dan cara […]
Read more
pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemula

Pleci atau burung kacamata pernah menjadi jenis burung yang sangat popular di Indonesia. Walaupun bertubuh mungil tapi suara kicauannya bisa terdengar cukup keras. Daya tarik pleci tidak hanya penampilannya saja, tapi irama dan gaya berkicaunnya pun cukup khas. Itu sebabnya, burung ini kerap menjadi perhatian banyak kicaumania, khususnya pemula. Cara merawat pleci bakalan agar jadi […]
Read more

One thought on “Penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?