Pakan dan vitamin agar lovebird cepat bertelur

Permasalahan paling umum yang dihadapi peternak lovebird pemula adalah burung indukan yang tak kunjung birahi dan bertelur, padahal sepasang indukan tersebut sudah dirawat cukup lama dirawat dalam kandang ternaknya. Ketimbang menunggui burung yang tak juga mau bertelur, berikut beberapa cara merangsang lovebird cepat birahi dan bertelur dengan pemilihan pakan dan vitamin yang tepat.

Burung lovebird betina yang telah berumur lebih dari 8 (delapan) bulan biasanya sudah berada dalam kondisi matang kelamin, artinya burung sudah siap diternak untuk mendapatkan keturunan. Adapun untuk burung jantan pasangannya, akan dipilih yang sudah berumur 1 tahun atau lebih.

Jika setelah berada di kandang ternak, pasangan calon indukan tersebut masih juga tak mau birahi maka perlu segera dilakukan pengaturan dari segi pakannya, terutama dengan yang lebih bervariasi. Selain itu, kebutuhan mineral dan vitaminnya pun harus diperhatikan.

Pemberian pakan dan vitamin yang tepat untuk burung lovebird yang sedang diternak, bisa memancingnya untuk cepat birahi dan bertelur.

Berikut beberapa jenis pakan dan vitamin yang tepat untuk agar lovebird cepat birahi dan bertelur:

1 Kangkung

Kangkung merupakan sayuran hijau yang menjadi menu favorit peternak untuk diberikan kepada pasangan indukan. Ada dua jenis kangkung yang ditemukan di pasaran, yaitu kangkung air dan kangkung darat, namun yang lebih banyak diberikan untuk burung lovebird adalah dari jenis kangkung darat.

Kangkung darat lebih disukai karena dianggap lebih higienis daripada kangkung air yang biasanya sudah tercemar parasit atau kotoran. Selain itu, pemberian kangkung darat bagi sebagian lovebird mania dipercaya lebih cepat mendongkrak birahi terutama untuk burung yang sedang ditangkarkan.

2. Jagung muda

Selain kangkung, disarankan juga menyediakan potongan jagung muda di dalam kandang ternaknya. Jagung muda memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, protein, multivitamin (A,C,B12,B15), kalsium, serat, dan karbohidrat sehingga cukup baik dikonsumsi oleh indukan lovebird yang sedang diternak.

3. Tulang sotong

Tulang sotong sangat dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan burung indukan akan mineral, terutama kalsium dan garam. Mineral tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kualitas telur yang dihasilkan burung indukan. Selain itu, tulang sotong juga dapat merangsang indukan betina untuk segera bertelur.

4. Telur rebus

Telur rebus memiliki kandungan tinggi protein yang dibutuhkan untuk mendongkrak birahi lovebird, terutama untuk burung yang sedang diternak. Jika birahi lovebird jantan dan betina sama-sama meninggi, maka proses kawin akan segera berlangsung dan 1-2 minggu kemudian indukan betina akan segera bertelur.

5. Buah-buahan yang bervariasi

Selain sayuran, lovebird indukan juga harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang bersumber dari buah-buahan segar. Ada beberapa jenis buah yang dapat diberikan untuk mendorong birahi lovebird indukan, yaitu buah apel, jeruk, pir, dan sebagainya.

6. Biji bunga matahari atau kwaci

Kwaci dapat meningkatkan birahi burung dengan cepat. Pemberian kwaci biasanya dicampurkan dengan pakan milet hariannya. Namun untuk mendapatkan pakan yang lebih berkualitas, Anda bisa menggunakan milet US, yaitu pakan milet racikan yang memiliki kandungan biji-bijian lebih lengkap, termasuk kwaci di dalamnya. Pemberian milet US sangat membantu dalam penangkaran burung lovebird, karena pakan racikan ini mampu merangsang burung indukan untuk cepat kawin dan bertelur.

Baca:   Milet US Original - Pakan Lovebird Jawara

7. Multivitamin

Multivitamin yang tepat dibutuhkan untuk menjaga kondisi burung indukan agar selalu sehat dan terhindar dari stres. Salah satu vitamin yang cocok diberikan kepada lovebird yang sedang diternak adalah Sup Plus Bird yang memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan birahi dan menjaga daya tahan burung sepanjang hari.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird diberikan dengan cara diteteskan ke dalam air minumnya setiap beberapa hari sekali. Untuk mendapatkan vitamin ini cukup mudah, dengan mencarinya di market place online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee atau bisa juga dipesan langsung melalui chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Itulah jenis pakan dan vitamin yang tepat agar lovebird cepat birahi dan bertelur.

Semoga bermanfaat

Related Articles

kacer buka ekor

Cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor

Kacer dikenal sebagai burung petarung (fighter) dengan karakte dan gaya uniknya yang disebut “ngobra”. Jika hal itu dilakukan dengan gaya membuka ekor, maka penampilannya akan terlihat makin gagah. Berikut cara merawat kacer agar ngobra dan buka ekor. 
Read more
lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan. 
Read more

Tips sukses ternak lovebird

Ternak lovebird yang dilakukan dengan penuh kesungguhan dapat memberi keuntungan bagi peternak yang mengelolanya. Selain untuk menambah koleksi burung piaraan, hasil ternakannya itu pun bisa dijual ke pasaran. Simak tips sukses ternak lovebird berikut ini.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by