desinfekan alami

Membuat desinfektan alami dari jeruk lemon

Desinfektasi sangkar meski penting namun kerap diabaikan oleh banyak penghobi burung. Padahal, langkah ini sangat dibutuhkan untuk mencegah burung peliharaan terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, bahkan virus. Biar gak terlalu ribet, proses desinfektasi bisa juga menggunakan bahan alami loh! contohnya penggunaan jeruk lemon. Karena tidak berbau seperti menggunakan deinfektan kimia, penyemprotan sangkar dengan jeruk lemon akan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Simak caranya berikut ini ..

Selain melakukan perawatan harian yang biasa, penyemprotan sangkar atau desinfektasi sangat dibutuhkan agar burung peliharaan tetap terjaga kondisi dan kesehatannya. Burung yang sehat tentu akan selalu aktif dan rajin bunyi, dan akan terhindar dari stres yang diakibatkan gangguan parasit seperti tungau atau kutu jika sangkarnya jarang dibersihkan.

Membersihkan sangkar biasanya dilakukan setiap hari, namun jika hanya menggunakan air biasa untuk membersihkanna tentu akan menjadi kurang efektif membasmi kuman atau parasit karena hanya membersihkan kotoran dan sisa pakan saja. Adapun proses desinfektasi biasanya dilakukan setiap 2-3 minggu sekali, dan dampaknya akan sangat baik untuk burung yang menghuni sangkar tersebut.

Baca:   Cara memilih burung ciblek gunung yang berkualitas

Desinfektasi sangkar umumnya dilakukan dengan cara menyemprotkan obat desinfektan yang terbuat dari bahan kimia untuk membunuh parasit, jamur, dan bakteri. Di pasaran pun banyak dijual obat-obat desinfektan yang terdiri dari berbagai merek, namun tidak semuanya aman untuk burung.

Nah, untuk amannya, penggunaan desinfektan untuk menyemprot sangkar sebenarnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk burung peliharaan. Salah satunya menggunakan jeruk lemon yang terkenal akan manfaat dan keharumannya.

Berikut cara membuat desinfektan alami dari jeruk lemon untuk membersihkan sangkar:

Siapkan beberapa bahan di bawah ini:

  • 1 buah semprotan burung atau hand sprayer baik yang otomatis maupun manual.
  • Siapkan baskom atau wadah plastik ukuran sedang.
  • 2 buah jeruk lemon.
  • 3 sendok teh baking soda.
  • 3 gelas air yang masih panas (bukan air hangat).

Cara membuat larutan desinfektan alami:

  1. Jeruk dipotong lalu diperas untuk diambil airnya saja.
  2. Air mentah dipanaskan sampai mendidih, lalu diangin-anginkan sebentar untuk menurunkan suhunya. Setelah itu masukkan 3 gelas air yang masih panas tersebut ke dalam wadah atau baskom plastik.
  3. Siapkan 3-5 sendok makan air perasan jeruk peras, lalu tuangkan ke dalam air panas dalam wadah tadi.
  4. Masukkan juga baking soda ke dalamnya, lalu aduk sampai semua bahan bercampur merata.
  5. Setelah semua bahan bercampur, siapkan botol semprotan / sprayer, lalu tuangkan larutan desinfektan yang sudah jadi ke dalamnya.
  6. Gunakan untuk menyemprot bagian dalam sangkar, termasuk tenggeran, sela-sela jeruji, dasar sangkar, dan celah atau sambungan yang terdapat pada kayu-kayu sangkar.
  7. Untuk hasil optimal, penyemprotan sangkar dengan desinfektan alami ini bisa dilakukan seminggu sekali.
Baca:   Tips mengenali ciri ciri jantan betina sogok ontong ijoan

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips jika lovebird ngeriwik saja

Satu hal yang menjadi keinginan lovebird mania adalah burung rawatannya yang rajin ngekek dengan durasi panjang. Sukur-sukur kalau lovebird rawatanya itu bisa tembus tiga besar di arena lomba. Tapi bagaimana jika burung cenderung bersuara ngeriwik saja, meski sudah dirawat cukup lama. Untuk solusinya, simak tips dan cara mengatasinya berikut ini. Setingan lovebird tipe basah dan […]
Read more
eberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Merawat burung murai batu tanpa diberikan pakan voer banyak dilakukan kicaumania yang ingin memaksimalkan penampilan burung rawatannya itu. Namun perawatan tersebut tentu sangat berisiko jika dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman.  Untuk menjaga agar burung selalu tetap aktif dan tidak mudah lemas, berikut beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer. Cara mengatasi trotolan murai baut […]
Read more
settingan kacer tipe panas

Cara mengatasi burung kacer yang over birahi dan ngedrop

61 / 100 Over birahi adalah kondisi yang dialami burung ketika birahinya semakin memuncak. Kondisi ini pun bisa memicu ngedrop pada beberapa jenis burung, salah satunya adalah kacer. Nah bagaimana cara mengatasinya, akan kita simak dalam ulasan berikut ini. Rawatan kacer yang sering mbagongSettingan kacer sebelum dan sesudah lombaTips mengatasi kacer yang sering ngerujiTips memilih […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?