Membuat desinfektan alami dari jeruk lemon

Desinfektasi sangkar meski penting namun kerap diabaikan oleh banyak penghobi burung. Padahal, langkah ini sangat dibutuhkan untuk mencegah burung peliharaan terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, bahkan virus. Biar gak terlalu ribet, proses desinfektasi bisa juga menggunakan bahan alami loh! contohnya penggunaan jeruk lemon. Karena tidak berbau seperti menggunakan deinfektan kimia, penyemprotan sangkar dengan jeruk lemon akan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Simak caranya berikut ini ..

Selain melakukan perawatan harian yang biasa, penyemprotan sangkar atau desinfektasi sangat dibutuhkan agar burung peliharaan tetap terjaga kondisi dan kesehatannya. Burung yang sehat tentu akan selalu aktif dan rajin bunyi, dan akan terhindar dari stres yang diakibatkan gangguan parasit seperti tungau atau kutu jika sangkarnya jarang dibersihkan.

Membersihkan sangkar biasanya dilakukan setiap hari, namun jika hanya menggunakan air biasa untuk membersihkanna tentu akan menjadi kurang efektif membasmi kuman atau parasit karena hanya membersihkan kotoran dan sisa pakan saja. Adapun proses desinfektasi biasanya dilakukan setiap 2-3 minggu sekali, dan dampaknya akan sangat baik untuk burung yang menghuni sangkar tersebut.

Baca:   Tips rawatan burung cililin hitam untuk masteran

Desinfektasi sangkar umumnya dilakukan dengan cara menyemprotkan obat desinfektan yang terbuat dari bahan kimia untuk membunuh parasit, jamur, dan bakteri. Di pasaran pun banyak dijual obat-obat desinfektan yang terdiri dari berbagai merek, namun tidak semuanya aman untuk burung.

Nah, untuk amannya, penggunaan desinfektan untuk menyemprot sangkar sebenarnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk burung peliharaan. Salah satunya menggunakan jeruk lemon yang terkenal akan manfaat dan keharumannya.

Berikut cara membuat desinfektan alami dari jeruk lemon untuk membersihkan sangkar:

Siapkan beberapa bahan di bawah ini:

  • 1 buah semprotan burung atau hand sprayer baik yang otomatis maupun manual.
  • Siapkan baskom atau wadah plastik ukuran sedang.
  • 2 buah jeruk lemon.
  • 3 sendok teh baking soda.
  • 3 gelas air yang masih panas (bukan air hangat).
Baca:   Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Cara membuat larutan desinfektan alami:

  1. Jeruk dipotong lalu diperas untuk diambil airnya saja.
  2. Air mentah dipanaskan sampai mendidih, lalu diangin-anginkan sebentar untuk menurunkan suhunya. Setelah itu masukkan 3 gelas air yang masih panas tersebut ke dalam wadah atau baskom plastik.
  3. Siapkan 3-5 sendok makan air perasan jeruk peras, lalu tuangkan ke dalam air panas dalam wadah tadi.
  4. Masukkan juga baking soda ke dalamnya, lalu aduk sampai semua bahan bercampur merata.
  5. Setelah semua bahan bercampur, siapkan botol semprotan / sprayer, lalu tuangkan larutan desinfektan yang sudah jadi ke dalamnya.
  6. Gunakan untuk menyemprot bagian dalam sangkar, termasuk tenggeran, sela-sela jeruji, dasar sangkar, dan celah atau sambungan yang terdapat pada kayu-kayu sangkar.
  7. Untuk hasil optimal, penyemprotan sangkar dengan desinfektan alami ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 bulan

Salah satu tujuan kicaumania memelihara burung murai batu trotolan atau paud adalah agar bisa dilatih dengan materi masteran yang diinginkan. Burung yang dimaster sejak usia dini akan menyimpan suara isian dalam memori mereka, sehingga setelah dewasa burung akan mampu berkicau dengan sangat baik. Untuk itu, simak tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini. Baca:   Tips agar burung cililin selalu gacor untuk […]
Read more

Cara memaster pleci yang baik dan benar

Pemasteran dilakukan untuk menambah variasi kicauan burung peliharaan. Tapi tidak semua burung bisa dimaster karena harus disesuaikan karakter, vokal, dan gaya lagunya. Hanya burung dengan kemampuan menirukan suaralah yang bisa dilatih suara masteran, salah satunya pleci. Berikut cara memaster pleci yang baik dan benar. Baca:   Mengatasi burung tledekan gunung macet bunyi
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by