Empat faktor pemicu lovebird macet bunyi

Beberapa lovebird mania akan kebingungan saat mendapat burung kesayangannya yang biasa gacor dan rajin ngekek tiba-tiba berhenti berbunyi. Padahal kondisinya tetap sehat dan lincah, juga perawatan yang diterapkan sudah benar dan tidak berubah. 

Ada Empat faktor yang bisa menyebabkan lovebird yang semula gacor mendadak macet bunyi, yaitu:

1. Lovebird yang dipaksa terus bertanding 

Burung lovebird yang dipaksakan untuk bertanding tanpa mengenal waktu akan mudah mengalami macet bunyi. Hal ini biasanya paling sering dilakukan para pemain pemula yang terus menerus melombakan burungnya setiap ada even lomba. Apalagi saat ini sudah banyak EO yang mengadakan lomba di hari-hari tertentu setiap minggunya.

Bayangkan kalau burung bertanding di hari Minggu, lalu ikut lomba di EO lain di hari Rabu, lanjut lagi ke hari Jum’at atau lainnya, maka lovebird akan rentan alam kejenuhan. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi penyebab burung macet bunyi.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada burung yang dirawat di rumah. Jika lovebird selalu melihat atau mendengar lovebird lain yang gacor di dekatnya, maka dapat menurunkan mental dan sifat fighternya. Lovebird jadi terbiasa dengan hal tersebut, sehingga tidak ada keistimewaan lain saat diikutkan berlomba. Dalam banyak kasus, burung pun akan rentan alami macet bunyi.

Itu sebabnya, saat akan dilombakan maka perawatan lomba harus mulai diterapkan sejak 6 – 5 hari sebelum lomba. Hal ini bertujuan untuk menjaga sifat fighter, mental, dan birahinya sehingga saat berada di arena lomba burung akan bermain dengan performa terbaiknya.

Baca:   Cara merawat burung jalak yang masih anakan

Selain itu, biasakan untuk tidak terlalu memaksakan burung bertanding, karena selain dapat menjadikan penampilannya jadi tidak maksimal, lovebird pun rentan macet bunyi. Untuk mendapatkan penampilan terbaiknya, gantang lovebird setidaknya seminggu sekali saja.

2. Lovebird sedang mabung 

Banyak pemain pemula yang terlalu bersemangat melombakan lovebird kesayangannya meski burung tersebut sedang mabung. Jika dipaksakan bertarung saat mabung, lovebird akan mudah ngedrop mentalnya yang pada akhirnya akan mengalami macet bunyi. Selain itu, memaksakan menggantang lovebird saat mabung juga dapat mempengaruhi masa mabungnya, sehingga burung akan gagal mabung atau bahkan mabung dalam waktu yang cukup lama.

Mengembalikan sifat fighter lovebird setelah mabung/nyulam

Saat burung memasuki masa mabung yang ditandai dengan jatuhnya bulu di seluruh tubuhnya, maka tidak jalan lain kecuali melakukan perawatan mabung dengan segera. Jika dirawat dengan baik dan benar, selesai mabung burung akan memasuki kondisi puncak atau top form. Nah, saat inilah burung bisa dilombakan karena akan mempunyai penampilan yang sangat maksimal

3. Faktor birahi dan umur lovebird 

Sebagian besar burung lovebird yang dilombakan rata-rata berjenis kelamin betina, meski tidak semua burung jawara adalah betina. Saat burung masih paud, biasanya akan memiliki penampilan yang sangat baik di gantangan, dan menjadikannya sarat prestasi. Namun setelah beranjak dewasa, penampilannya akan cenderung menurun apalagi jika tidak disertai perawatan yang tepat.

Banyak lovebird betina yang setelah memasuki umur dewasa akan mengalami matang kelamin, sehingga tak sedikit yang bertelur meski tidak dikawini oleh burung jantan. Kondisi ini bisa juga dipicu oleh pola makan atau perawatan yang menyebabkan burung over birahi (OB).

Baca:   Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi

Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Saat burung alami over birahi namun tidak mendapatkan penanganan dengan tepat, maka dapat memicu kondisi macet bunyi.

4. Macet bunyi karena kebosanan 

Macet bunyi bisa juga disebabkan oleh burung yang merasa bosan lantaran tidak mendapatkan teman atau pasangan. Di habitat alaminya, lovebird adalah burung yang hidup secara berkelompok / koloni baik dalam mencari makan maupun berkembang biak.

Hal ini pun harus menjadi perhatian para lovebird mania, karena jika burung terlalu lama sendirian (Jomblo forever) maka bisa memicu perubahan perilaku, termasuk berhenti berkicau atau macet bunyi. Solusi alternatif mengatasi masalah jombol forever ini adalah dengan memberinya mainan atau makanan yang bisa menghilangkan kebosanannya. Adapun cara paling baik adalah memberinya pasangan, baik itu untuk tujuan untulan atau untuk pasangan seumur hidupnya (ternak).

Demikian empat penyebab lovebird macet bunyi. Untuk mencegah lovebird macet bunyi, maka yang bisa dilakukan lovebird mania adalah selalu menjaga ketersediaan pakan yang berkualitas baik serta memberikan tambahan multivitamin yang tepat.

Pemberian pakan lovebird seperti Milet Cinderella maupun Milet Kristal dapat membantu mencegah burung macet bunyi, karena kandungan dalam pakan tersebut sangat banyak manfaatnya. Apalagi jika didukung oleh pemberian multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird, maka lovebird akan selalu berada dalam kondisi yang prima dan siap tempur.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips membersihkan sisik kaki yang tebal pada burung

Membersihkan sisik pada kaki burung memang sangat beresiko, terutama pada burung yang sudah mapan / jadi. dengan dicabutnya sisik kaki burung tersebut akan menimbulkan masalah baru pada burung yaitu stress dan kemurungan atau bahkan bisa membuat burung jinak menjadi giras. tetapi bagaimana jika burung terebut memiliki ring dikakinya dan jika didiamkan maka keberadaan ring tersebut […]
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Kalah menang dalam sebuah lomba adalah hal yang biasa. Meski begitu, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena bisa jadi burung yang anda rawat itu sedang bermasalah. Ini alasan kenapa lovebird Anda sering kalah lomba.  Baca:   Tips rawatan burung cililin hitam untuk masteran
Read more
kecubung untuk lovebird

Manfaat dan efek samping kecubung pada lovebird

Penampilan bunga kecubung yang mirip terompet menjadikan banyak orang tertarik untuk memetiknya. Namun dibalik kecantikannya itu, kecubung tak hanya dianggap bermanfaat saja, tapi juga memiliki efek samping yang bisa sangat membahayakan. Di kalangan lovebird mania pun pernah viral mengenai penggunaan tanaman ini yang konon bisa menjadikan burung makin gacor. Benarkah begitu? Simak manfaat dan efek […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by