Cara merawat tengkek buto untuk masteran

Semakin maraknya even latberan atau lomba burung menjadikan banyak pemain makin aktif memaster burung kesayangannya. Salah satu jenis yang paling banyak dijadikan masteran adalah tengkek buto. Suaranya yang kasar sangat disukai jika mampu ditiru oleh murai batu, cucak hijau, lovebird, dan lain-lain. Berikut cara merawat tengkek buto untuk masteran.

Nama resmi untuk tengkek buto adalah tiong lampu biasa (Eurystomus orientalis). Spesies burung ini termasuk dalam keluarga Coraciidae atau burung roller. Ada empat jenis tiong lampu yang banyak tersebar di Indonesia, dan salah satunya adalah tiong lampu biasa atau tengkek buto yang banyak dicari untuk mastern.

Sesuai namanya yang sangar, suara kicauan tengkek buto cukup keras. Lagu yang dikicaukan umumnya monoton tidak bervariasi tap dibawakan dengan irama yang cepat, mirip seperti ngekek lovebird namun dengan suara yang lebih kasar dan kencang.

Karena suaranya yang unik itulah, tengkek buto banyak dicari untuk masteran. Namun tidak seperti jenis burung masteran lain yang mudah didapat, tengkek buto sangat jarang dijumpai di pasaran. Itu sebabnya, harga jualnya pun cukup tinggi karena kelangkaan stok di pasar.

Agar tengkek buto selalu rajin bunyi untuk masteran, maka beberapa perawatan berikut ini harus diterapkan:

Tengkek buto umumnya dirawat tanpa diberikan pakan voer alias ful EF, namun bagi yang belum terbiasa, sebaiknya melatihnya lebih dulu agar mau makan voer. Ada banyak cara melatih burung makan voer, salah satunya bisa disimak dalam artikel di sini.

Berikan tengkek buto pakan yang kaya protein, terutama yang berasal dari protein hewani seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang, ikan-ikan kecil, katak, dan sebagainya. Pemberian pakan yang bervariasi tersebut akan menjadikan burung berkicau secara nonstop untuk masteran.

Rutin memandikan burung setiap pagi, terutama setelah matahari terbit. Setelah itu, jemur selama 30 menit s/d 1 jam. Paparan sinar matahari akan menjadikan burung lebih aktif dan terpancing untuk lebih rajin bunyi.

Tambahkan mulvitamin seperti Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Hal ini penting jika ingin burung selalu terjaga kondisinya sepanjang hari. Selain itu, pemberian Sup Plus Bird secara rutin juga dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan menjadikannya lebih aktif dan cepat gacor.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Biasakan memberi kerodong pada sore dan malam hari, khususnya jika burung tidak mendapatkan tugas untuk memaster gacoan Anda. Pemberian kerodong akan menjadikan burung memiliki banyak waktu untuk menyimpan energinya sehingga penampilannya akan lebih maksimal saat dibutuhkan.

Demikian cara merawat tengkek buto untuk masteran.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Beberapa penyebab pemula selalu gagal di arena lomba

Lomba burung telah menjadi budaya tersendiri di kalangan penggemarnya, terbukti dari banyaknya EO-EO di berbagai daerah yang meramaikan dunia kicauan mania. Bagi pemula, membawa gacoannya ke lapangan menjadi tantangan untuk mengetahui sejauh mana rawatan yang telah dilakukan.
Read more
menjaga kualitas induk lovebird

Settingan lovebird jantan kembali gacor setelah diternak

Seperti lazimnya mahluk hidup yang membutuhkan pasangan untuk berkembang biak, lovebird jantan yang biasa dilombakan pun memiliki naluri yang sama. Setiap tahunnya, lovebird jantan dewasa akan mengalami masa over birahi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun kecuali dipasangkan betina atau untulan. 
Read more

Tips atasi murai batu kurang ngotot

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini.
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by