merawat lovebird mabung

Cara merawat lovebird yang sedang mabung

Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu lama yang sudah tua ke bulu baru yang masih sehat dan kuat. Hal ini merupakan proses alami yang akan dihadapi oleh semua jenis burung dan unggas, tak terkecuali lovebird. Agar proses mabung berlangsung cepat dan lancar, maka perawatannya harus diperhatikan. Berikut cara merawat lovebird yang sedang mabung.

Pada burung lovebird yang masih muda atau paud, mabung menjadi masa yang paling menentukan bagi perkembangan dan penampilannya kelak. Mabung yang dialami adalah mabung pertama yang dimulai dengan rontoknya bulu-bulu remaja lalu digantikan dengan bulu dewasa.

Setelah dewasa pun, lovebird akan mengalami mabung kembali yang biasanya akan dimulai setelah burung memasuki usia matang kelamin. Pada saat inilah, lovebird akan mulai tertarik untuk kawin dan berkembang-biak. Meskipun mabung merupakan proses alami, tapi dibutuhkan perawatan dan penanganan yang khusus agar proses mabung tersebut tidak terhambat.

Jika burung yang mabung tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka proses mabung akan terganggu. Dalam banyak kasus, lovebird akan alami stres yang disebabkan oleh mabung berkepanjangan atau istilahnya macet mabung. Nah, kalau sudah begini, siapa yang repot?

Oleh karena itulah, perawatan mabung yang tepat sangat dibutuhkan agar lovebird bisa melewati masa mabungnya dengan sempurna. Selain itu, setelah menyelesaikan masa mabungnya itu, lovebird biasanya akan mempunyai penampilan yang lebih baik sehingga sangat tepat kiranya jika diikutkan bertanding.

Berikut beberapa cara merawat lovebird yang sedang mabung:

  1. Mulai memberikan full kerodong terutama saat mulai terlihat banyak bulu-bulu halus berserakan di dasar sangkarnya, atau saat proses peluruhan bulu.
  2. Jika tidak dikerodong maka lovebird harus ditempatkan di lokasi yang sejuk dan sedikit lembab karena bisa memberi pengaruh baik saat burung sedang mabung.
  3. Pastikan lokasi tempat menggantang lovebird cukup aman, nyaman, dan bebas dari gangguan baik dari polusi udara maupun suara.
  4. Jauhkan dari keberadaan lovebird lain yang dapat mengganggu proses mabung tersebut.
  5. Untuk sementara tidak memberikan perawatan mandi dan jemur, khususnya saat burung mulai turun bulu.
  6. Jangan memaksakan lovebird untuk bertanding di arena lomba karena bisa menyebabkan proses mabung terganggu. Selain itu juga akan membuat burung ngedrop di lapangan.
  7. Tidak melatihnya di kandang umbaran maupun terapi ekstrim lain seperti berenang maupun terapi sauna.
  8. Berikan pakan yang baik dan kaya gizi seperti Milet Us yang memiliki kandungan bijian cukup lengkap dan baik dikonsumsi selama proses pergantian bulu. Pemberian milet US selama burung mabung dapat membantu menjadikan bulu baru makin sehat, kuat, dan berkilauan.
  9. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird karena dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya selama proses mabung berlangsung.
  10. Tambahkan juga tulang sotong untuk mendukung pembentukan bulu baru sekaligus juga untuk melengkapi kebutuhan kalsium dan iodium.
  11. Selama mabung, bisa diberikan pemasteran yang sesuai dengan karakter vokal dari burung tersebut.
  12. Jaga kondisi selama burung mabung dengan memberinya waktu istirahat yang cukup dan tidak memaksakan untuk burung bekerja baik untuk masteran, rumahan, apalagi dilombakan.

Demikian beberapa cara merawat lovebird yang sedang mabung. Untuk mengembalikan sifat fighter lovebird paska mabung, silakan kunjungi artikel berikut:

Baca:   Mengembalikan sifat fighter lovebird setelah mabung/nyulam

Semoga bermanfaat

Related Articles

merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

70 / 100 Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor – Cucak jenggot memiliki suara kicauan yang rapat dan tajam sehingga dapat menjadi masteran yang bagus untuk beberapa jenis burung ocehan populer lainnya. Namun tak jarang, meski sudah dirawat cukup lama tapi burung cucak jenggot cenderung malas mengeluarkan suara besetannya tersebut. Untuk itu, simak […]
Read more

Cara mendidik lovebird untuk lomba

Mendidik lovebird untuk lomba perlu dilakukan terutama agar burung memiliki kesiapan mental yang lebih baik. Kesiapan mental tersebut dibutuhkan terutama agar burung tidak gampang ngedrop dan lebih teruji saat berada di lapangan. Ada tiga potensi unggulan dari burung lovebird yang harus diasah oleh pemiliknya, yaitu kemampuan vokal, kekuatan nafas, dan ketahanan mentalnya. Ketiga unsur inilah […]
Read more
merawat lovebird umur 1-3 bulan

Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lomba

Untuk menjadikan lovebird balibu atau berumur di bawah lima bulan mempunyai suara ngekek dengan durasi yang panjang, maka perawatan dan pelatihan rutin harus mulai dilakukan sejak burung tersebut masih berumur 1 – 3 bulan. Dengan demikian, pada bulan-bulan berikutnya, mereka akan berada dalam kondisi yang siap lomba Cara melatih mental lovebird paudSettingan lovebird paud yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?