merawat jalak kerbau agar rajin bunyi

Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

Disebut jalak kerbau karena kebiasaannya hinggap di atas tubuh kerbau untuk mencari parasit yang menjadi makanannya. Spesies burung bernama latin Acridothere javanicus ini lebih dikenal sebagai hewan peliharaan karena gaya berkicaunya yang khas sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Nah, untuk panduan pemula simak tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi berikut ini.

Sejak dahulu, jalak kerbau sudah cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain gaya unik dan kemampuan berkicaunya itu, jalak kerbau ternyata juga mampu menirukan suara manusia meski tidak secara fasih. Jenis burung ini disukai karena mudah dalam perawatannya serta tidak neko-neko.

Meski dirawat dengan cara yang sederhana, namun bisa menjadikannya rajin berbunyi apalagi jika didukung oleh pakan dan multivitamin yang tepat.

Adapun untuk perawatan harian burung jalak kerbau adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pagi, burung diembunkan di halaman atau teras rumah.
  2. Penjemuran dilakukan setelah matahari terbit.
  3. Setelah itu, burung dimandikan dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya atau mandi di karamba mandinya.
  4. Selesai mandi, jalak kerbau tersebut kemudian diangin-anginkan sebentar lalu diberikan pakan jangkrik dan buah-buahannya.
  5. Kembali burung dijemur selama 30 menit s/d 1 jam, setelah itu kembali ditaruh di tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  6. Berikan lagi jangkrik sebanyak 3 ekor, dan ulat hongkong sebanyak 1-2 ekor.
  7. Tambahkan vitamin SUP PLUS BIRD ke dalam air minumnya, karena sangat bermanfaat untuk mencegah burung stres dan menjadikannya lebih rajin bunyi.
  8. Siang hingga sore hari, lalukan pemasteran dengan suara yang diinginkan.
  9. Berikan 5 ekor jangkrik, dan 1 ekor ulat hongkong.
  10. Setelah itu, biarkan beristirahat sampai esok paginya.
Baca:   Tips mencegah kematian mendadak pada burung peliharaan

Jika perawatan di atas dilakukan secara rutin dan konsisten, maka burung jalak kerbau akan cepat sekali memasuki kondisi gacornya sehingga menjadi burung yang lebih cerewet, bawel, dan pandai berceloteh.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.  Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjangTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips menyiapkan indukan ternak […]
Read more
merawat kenari anakan

Cara efektif memaster anak kenari

Pemasteran bisa dilakukan sejak burung yang akan dilatih berumur masih sangat muda atau anakan. Tapi untuk mendapatkan hasil masteran yang lebih baik, maka proses pemasterannya harus dilakukan dengan tata cara yang tepat. Berikut beberapa cara efektif memaster anak kenari. Hal-hal yang harus dihindari saat memelihara kenariTips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaCara agar kenari bersuara […]
Read more
lovebird gacor di rumah gembos di lapangan

Ini cara mengatasi lovebird gacor di rumah tapi gembos di lapangan

Lovebird gacor di rumah tapi gembos di lapangan sudah menjadi satu permasalahan umum yang kerap dihadapi para pemain lovebird lomba. Kondisi ini sebenarnya sangat berkaitan dengan karakter dasar lovebird yang sejatinya burung sosial dan bukan jenis petarung seperti murai batu dan kacer. Tips lovebird main nagen di satu titikSettingan lovebird fighter ke konsletCara ampuh menjinakkan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?