Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

Disebut jalak kerbau karena kebiasaannya hinggap di atas tubuh kerbau untuk mencari parasit yang menjadi makanannya. Spesies burung bernama latin Acridothere javanicus ini lebih dikenal sebagai hewan peliharaan karena gaya berkicaunya yang khas sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Nah, untuk panduan pemula simak tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi berikut ini.

Sejak dahulu, jalak kerbau sudah cukup populer sebagai burung peliharaan. Selain gaya unik dan kemampuan berkicaunya itu, jalak kerbau ternyata juga mampu menirukan suara manusia meski tidak secara fasih. Jenis burung ini disukai karena mudah dalam perawatannya serta tidak neko-neko.

Meski dirawat dengan cara yang sederhana, namun bisa menjadikannya rajin berbunyi apalagi jika didukung oleh pakan dan multivitamin yang tepat.

Adapun untuk perawatan harian burung jalak kerbau adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pagi, burung diembunkan di halaman atau teras rumah.
  2. Penjemuran dilakukan setelah matahari terbit.
  3. Setelah itu, burung dimandikan dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya atau mandi di karamba mandinya.
  4. Selesai mandi, jalak kerbau tersebut kemudian diangin-anginkan sebentar lalu diberikan pakan jangkrik dan buah-buahannya.
  5. Kembali burung dijemur selama 30 menit s/d 1 jam, setelah itu kembali ditaruh di tempat teduh untuk diangin-anginkan.
  6. Berikan lagi jangkrik sebanyak 3 ekor, dan ulat hongkong sebanyak 1-2 ekor.
  7. Tambahkan vitamin SUP PLUS BIRD ke dalam air minumnya, karena sangat bermanfaat untuk mencegah burung stres dan menjadikannya lebih rajin bunyi.
  8. Siang hingga sore hari, lalukan pemasteran dengan suara yang diinginkan.
  9. Berikan 5 ekor jangkrik, dan 1 ekor ulat hongkong.
  10. Setelah itu, biarkan beristirahat sampai esok paginya.
Baca:   Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Jika perawatan di atas dilakukan secara rutin dan konsisten, maka burung jalak kerbau akan cepat sekali memasuki kondisi gacornya sehingga menjadi burung yang lebih cerewet, bawel, dan pandai berceloteh.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Baca:   Cara seting lovebird jantan untuk lomba
Read more

Tips memilih branjangan bahan atau anakan

Branjangan atau dalam bahasa sunda sering disebut dengan manuk apung  memang menarik untuk dipelihara , Selain suara tembakannya yang kencang dengan segala isiannya burung ini juga mempunyai gaya yang unik yaitu hoovering atau terbang secara vertikal sembari melagukan nyanyiannya. tapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai asal usul dan perawatan harian dari burung branjangan […]
Read more
sangkar lovebird mika

Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Sifat lovebird yang gemar merambat kerap menyulitkan para pemiliknya, apalagi jika hal itu sering dilakukannya pada saat sedang dilombakan. Untuk menyiasati hal tersebut, maka digunakanlah berbagai macam perlengkapan yang bertujuan membatasi ruang gerak burung di dalam sangkar, salah satunya adalah menggunakan mika. Baca:   Rawatan burung jalak jambul cepat gacor
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by