tips optimasi mental pleci untuk lomba

Tips optimasi mental pleci untuk lomba

Pleci yang bermental baik banyak dicari penggemarnya. Selain mudah dirawat, burung dengan mental yang baik akan lebih cepat bunyi kapan dan di mana saja. Sebelum menyiapkan pleci ke arena lomba, maka dibutuhkan optimasi mentalnya terlebih dulu. Dengan begitu, burung akan lebih siap tanding dengan penampilan yang leih maksimal.

Burung pleci yang akan disiapkan untuk lomba sebaiknya berjenis kelamin jantan, karena suaranya yang lebih kencang, variasi, dan lebih ngerol. Ada beberapa cara optimasi mental pleci untuk lomba, yaitu:
Peliharalah lebih dari satu burung pleci di rumah untuk menumbuhkan mental sekaligus menjadikannya lebih rajin bunyi.

  1. Sering mengajak burung jalan-jalan untuk dipertemukan dengan pleci dari koloni lain. Cara ini bisa dilakukan dalam sebuah latihan kecil-kecilan yang dilakukan bersama teman, tetangga, atau rekan satu komunitas.
  2. Gantungkan sangkarnya di tempat paling tinggi karena bisa memancingnya untuk bersuara lebih kencang.
  3. Mandikan pleci dengan lebih rutin, bila perlu dimandikan dengan air dingin yang berasal dari kulkas / lemari es.
  4. Berikan pakan yang tinggi protein, misalnya dengan membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan campuran bahan bermanfaat.
  5. Berikan nektar atau air gula seminggu dua – tiga kali, bisa juga diberikan suplemen Nektar Kolibri Kristal untuk mendukung perawatannya tersebut.
  6. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minum sebelum diberikan kepada burung pleci, karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendongkrak stamina, mental, dan menjadikannya lebih rajin bunyi atau gacor.
Baca:   5 Cara meningkatkan stamina burung cucak hijau di lapangan

Demikian tips optimasi mental pleci untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips mencegah kematian mendadak pada burung peliharaan

11 / 100 Seperti tidak pandang bulu, kematian mendadak bisa terjadi pada semua jenis burung peliharaan. Burung yang semula terlihat sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit pun bisa tiba-tiba terbaring lemah di dasar sangkar lalu mati. Apa penyebabnya? Lalu bagaimana cara agar burung peliharaan tidak mengalami kejadian mendadak tersebut. Mabung tak tuntas, peyebab dan cara […]
Read more

Tips seputar jalak suren mabung

Saat burung mabung, maka ia akan cenderung kurang aktif dan jarang bunyi. Jika pada masa itu burung tidak dirawat sebagaimana mestinya, maka performanya akan terus mengalami penurunan meskipun masa mabung telah usai. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat jalak suren mabung. Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyiMengatasi […]
Read more

Pemilihan dan pemasteran burung pleci

Merawat pleci memang butuh ketekunan dan kesabaran apalagi jika membeli dalam kondisi masih bahan ( di ombyokan lagi.. ). Namun yang unik adalah bermain pleci hampir sama dengan bermain taruhan ( bukan dalam arti negatif loh gan ! ) karena ada kicau mania bogor yang membeli pleci dalam kandang ombyokan di pasar burung, begitu dirawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?