memilh kenari bakalan yang baik

Tips memilih kenari bakalan yang prospek

Mudah dirawat dan bersuara merdu menjadikan kenari burung favorit semua kalangan. Harga jualnya pun cukup bersaing, terlebih saat ini sedang naik daun. Di toko burung, kenari bakalan umumnya ditawarkan dalam kandang ombyokan sehingga membutuhkan kejelian dalam pemilihannya. Berikut tips memilih kenari bakalan yang prospek.

Sebagian besar kenari bakalan yang dijual di pasar dan toko burung masih berumur balibu atau di bawah (5) bulan. Kondisinya pun masih tahap belajar bunyi, yang ditandai dengan perilakunya yang cenderung ngeriwik saja. Jika didukung dengan pemilihan dan pola rawatan yang tepat, bukan tak mungkin kelak kenari bakalan tersebut akan menjadi burung yang membanggakan pemiliknya.

Ada beberapa kriteria dalam memilih kenari bakalan yang dianggap memiliki prospek sebagai burung rumahan dan lomba, yaitu:

  • Cari burung yang mempunyai warna bulu campur atau bond, khususnya jika ingin merawat burung kenari yang cepat berbunyi. Menurut pengalaman para kenari mania, kenari dengan warna bulu campuran atau bond diketahui lebih cepat bunyi daripada kenari berbulu putih / kuning polos.
  • Pilih burung yang sehat, aktif, lincah, dan terpantau rajin bunyi. Jika memungkinkan pilih burung yang sudah mau ngeriwik.
  • Hindari memilih burung yang memiliki cacat fisik, terutama pada bagian kaki, sayap, paruh, dan matanya.
  • Pilihlah kenari bakalan yang berkarakter, misalnya kenari teramati lebih agresif dari burung lain yang satu sangkar dengannya. Ini menandakan bahwa burung memiliki karakter mental yang lebih baik sehingga akan lebih mudah dilatih agar rajin bunyi.
  • Carilah kenari yang memiliki postur tubuh besar, leher panjang, dan garis paruh dan mata sejajar yang menandakan bahwa kenari tersebut adalah burung jantan.
Baca:   Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinya

Perawatan kenari bakalanĀ 

Faktor terpenting dalam perawatan kenari bakalan prospek agar menjadi burung yang berkualitas untuk rumahan atau lomba adalah pemberian pakan dan multivitaminnya. Asupan pakan yang tepat akan menjadikan burung lebih sehat dan lincah sehingga selalu terpancing untuk lebih rajin bunyi.

Di pasaran ada banyak pakan kenari yang bisa diberikan, namun untuk mendapatkan hasil rawatan yang optimal, berikan pakan yang baik kualitas dan kandungannya, misalnya Canary Seed Herbal. Pakan racikan ini mengandung biji-bijian yang diperkaya dengan bahan-bahan yang penuh manfaat untuk burung kenari.

Pemberian pakan canary seed herbal secara rutin dapat membantu mencerdasakan kenari bakalan sehingga proses pemasteran akan lebih cepat dikuasai burung. Selain itu, kenari pun akan terdongkrak stamina dan menjadikannya lebih rajin bunyi.

Baca:   Memilih masteran yang sesuai untuk kenari

Untuk mendukung perawatanya, berikan pakan ekstra seperti telur puyuh rebus dan sayuran yang terdiri dari dedaunan hijau agar burung memiliki penampilan yang lebih maksimal. Selain itu, tambahkan juga multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya.

Pemberian Sup Plus Bird membantu menjaga kondisi kesehatan kenari, selain juga untuk mendukung perawatan dan meningkatkan stamina dan daya tahan burung sepanjang hari.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips atasi murai batu kurang ngotot

Murai batu adalah burung petarung sejati. Saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayah teritorialnya, murai batu jantan akan segera mengusirnya sambil berkicau dengan suara yang lantang. Namun tak jarang, murai batu akan terlihat kurang ngotot saat bertemu lawannya, khususnya saat burung sedang ditandingkan. Untuk mengatasinya, simak tips dan cara perawatannya berikut ini. Tips mencegah dan […]
Read more

Cara menjodohkan burung jalak suren

Salah satu kendala yang dihadapi pemula saat memulai ternak burung jalak suren adalah proses penjodohannya. Tak jarang, karena sulitnya burung indukan berjodoh maka proses ternaknya pun akan jadi terhambat atau bahkan alam kegagalan. Untuk panduan pemula simak cara menjodohkan burung jalak suren berikut ini. Tips jika kenari bertelur di cepuk pakanTips dan cara merawat indukan […]
Read more

Tips dan cara mengatasi burung perkutut yang jarang bunyi

Burung yang sehat tentu akan menjadi lebih aktif dan rajin bunyi, begitu pun perkutut. Jika dipelihara dengan rawatan rutin dan teratur, maka ia akan semakin rajin manggung. Lalu bagaimana jika burung tetap adem-adem saja tak mau bunyi meski sudah mendapatkan perawatan yang sesuai? Berikut tips dan cara mengatasinya. Lima cara merawat burung perkutut agar rajin […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?