Tips dan settingan kolibri untuk lomba

Merawat burung-madu atau biasa disebut kolibri untuk tujuan lomba membutuhkan perhatian yang sangat ekstra. Selain harus memenuhi kebutuhan nutrisinya, beberapa settingan khusus pun harus diterapkan untuk menjaga kondisi dan mentalnya. Simak tips dan settingan kolibri untuk lomba berikut ini.

Sejatinya burung-madu berbeda dengan kolibri atau hummingbird, namun keduanya sama-sama membutuhkan nektar sebagai salah satu sumber energi. Nektar memang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas harian mereka, termasuk untuk berkicau dan menghalau burung lain yang memasuki area teritorialnya.

Nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga. Sayangnya, cairan yang kaya glukosa ini tidak bisa disimpan begitu saja dalam cepuk pakan karena mudah menguap, sehingga untuk alternatifnya banyak kicaumania yang akan memberikan madu atau larutan gula sebagai pengganti nektar.

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada Nektar Kolibri Krisal, yaitu suplemen pengganti nektar yang bisa diberikan untuk mendukung perawatan burung kolibri kesayangan. Nektar Kolibri Kristal adalah multivitamin yang bisa difungsikan sebagai pakan tambahan untuk kolibri.

Kolibri kristal dibuat dengan menggunakan bahan-bahan penting dan bermanfaat untuk mendukung aktivitas burung-madu atau kolibri seperti nectar, sari kelapa, madu asli, susu, sari pandan, minyak nabati, sukrosa, dan mengandung berbagai unsur mineral.

Baca:   Tips dan cara merawat lovebird kontes

Karena kandungannya yang lengkap itulah, kolibri kristal sangat cocok diberikan kepada semua jenis burung kolibri dan juga pleci.  Manfaat yang didapatkan tidak hanya sebagai sumber penghasil energi saja, tetapi juga mampu jadikan burung kolibri makin rajin bunyi dan memiliki mental fighter yang lebih baik. Selain itu, manfaat kolibri kristal antara lain:

  1. Membuat kolibri gacor tanpa kroto
  2. Mengandung multivitamin lengkap
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh burung
  4. Mengatasi burung kurus & nyilet
  5. Mengatasi kebotakan
  6. Mengatasi burung macet/malas bunyi
  7. Meningkatkan kecerdasan burung

Selain nektar atau kristal kolibri, pakan lain yang bisa disediakan untuk persiapan lomba burung kolibri adalah serangga, khususnya laba-laba dan beberapa jenis serangga lain seperti kroto dan ulat hongkong. Kroto yang diberikan adalah yang berbentuk kapsul / telur sebanyak 3 butir, sedangkan ulat hongkong cukup 1 ekor saja yang berwarna putih.

Faktor pendukung lain yang bisa menjadikan burung kolibri makin gacor dan siap mental untuk lomba adalah faktor rawatan atau settingan.

Berikut settingan burung kolibri untuk lomba:

  • Lakukan penjemuran secara rutin yang disesuaikan kebiasaan. Pada umumnya, penjemuran burung kolibri berlangsung selama 1 jam, tapi untuk burung yang kurang birahi atau kurang gacor maka durasi penjemuran bisa ditambah waktunya.
  • Mandikan kolibri seperlunya saja atau bisa juga dilakukan setiap beberapa hari sekali. Untuk burung yang akan dilombakan, pemberian mandi disetop dahulu selama beberapa hari yang bertujuan untuk menjaga kondisinya agar selalu siap untuk dilombakan.
  • Berikan full kerodong kepada sangkarnya yang dilakukan untuk menjaga stamina dan energinya. Hal ini bisa dilakukan sejak H-2 atau dua hari sebelum dilombakan.
  • Latih burung kolibri dengan kolibri lain agar memiliki mental tarung yang lebih baik. Bisa juga dipertemukan dengan burung betina yang bertujuan untuk mendongkrak birahi dan mentalnya. Lakukan latihan setiap seminggu sekali.
Baca:   Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betina

Demikian tips dan settingan kolibri untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

mengatur birahi lovebird

Ini ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan

Berbagai cara akan dilakukan lovebird mania demi menjadikan burung rawatannya makin gacor dan fighter, termasuk mengatur ulang settingan hariannya. Tapi entah karena terlalu semangat, settingan yang diterapkan kadang terlalu kekencangan / ketingginan, alhasil burung jadi tidak tampil seperti yang diharapkan. Untuk itu, perlu sekali kita mengenali ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan sebelum terlambat. More from […]
Read more
lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.  More from my siteMengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjangTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips […]
Read more

Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina

Jalak putih atau black-winged starling (Acridotheres melanopterus) merupakan spesies burung endemik Indonesia. Jenis burung ini sangat disukai banyak kicaumania karena penampilan dan suara kicauannya. Berikut Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina. More from my sitePerawatan anakan burung jalak putihMembedakan Lovebird jantan dengan betinaCara merawat jalak nias agar cepat gacorCara merawat burung jalak yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?