jalak suren kalimantan

Perawatan jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi

Selain jalak suren jawa yang popular di kalangan kicaumania, ada juga burung yang tampak mirip yaitu jalak suren kalimantan (Gracupica contra floweri). Jenis burung jalak ini cenderung berkicau dengan suara aslinya, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai burung masteran.

Jalak suren kalimantan lebih sering dijual dalam kondisi masih bakalan, sehingga selain bersuara hutan burung juga cenderung kurang jinak alias masih sangat liar. Perawatan hariannya tentu bakal merepotkan jika burung tidak segera dilatih jinak terlebih dahulu.

Perawatan jalak suren kalimantan tidak jauh berbeda dengan perawatan jalak suren jawa (JSJ) baik dari pemberian pakan, serta perawatan rutin lain seperti mandi dan jemurnya. Namun yang lebih diperhatikan adalah bagaimana mengkondisikan agar burung cepat jinak dan tidak ketakutan lagi saat melihat / didekati manusia, sehingga mauĀ  bunyi kapan dan di mana saja.

Baca:   Memilih lovebird bahan berkualitas lomba

Untuk menjadikan jalak suren kalimantan cepat rajin bunyi, maka perawatan harian berikut ini harus rutin diterapkan:

  1. Mengembunkan burung di pagi hari.
  2. Berikan pakan buah-buahan yang bervariasi seperti pisang kepok dan pepaya, atau lainnya.
  3. Berikan pakan tambahan (EF) yang lebih banyak misalnya jangkrik minimal 5 ekor dan ulat hongkong minimal 3 ekor yang diberikan rutin setiap pagi dan sore harinya.
  4. Lakukan terapi mandi malam untuk mempercepat proses penjinakkannya. Mandi malam bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali.
  5. Kroto bisa diberikan setelah burung mendapatkan terapi mandi malam.
  6. Lakukan pemasteran dengan suara-suara tembakan agar lebih cepat dikuasai dan ditiru oleh burung jalak suren kalimantan tersebut.
  7. Tambahkan Sup Plus Bird ke dalam air minumnya setiap hari karena sangat membantu dalam mencegah stres, dan menjadikannya lebih bersemangat dan rajin bunyi.
  8. Untuk proses penjinakkanya, burung jalak suren kalimantan harus selalu digantang / ditempatkan di lokasi yang ramai aktivitas manusia dengan posisi sangkar dibuat serendah mungkin.
  9. Berikan juga makanan dengan menggunakan tangan, karena bisa membantu interaksi dan menjadikan burung cepat terbiasa dengan pemiliknya.
  10. Setiap beberapa minggu sekali, burung dimandikan dengan tangan jika belum terbiasa bisa dimandikan menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup lalu dipegang tangan dan mengusap-usap bulunya sampai rapih.
Baca:   Tips dan cara merawat anakan burung tledekan gunung

Demikian tips dan cara merawat jalak suren kalimantan agar cepat jinak dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Murai batu yang tak mau bunyi selama lomba berlangsung tentu akan sanga mengecewakan pemiliknya. Di saat yang lain sibuk bekerja, ia malah diam tak bersuara dan cenderung meloncat-loncat aja. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang masih muda dengan mental yang belum stabil, tapi dipaksakan berlomba. BerikutĀ cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi […]
Read more

Tips menjinakan burung kacer

  Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Muda Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. Setiap orang biasanya memiliki […]
Read more
cendet agar gacor dan bermental tempur

Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Meski bukan termasuk jenis burung petarung atau fighter, namun cendet memiliki sifat sebagai burung predator. Oleh karena itu, perawatan cendet harus dilakukan dengan penuh perhatian, terutama jika burung ini dipelihara untuk tujuan lomba atau masteran. Untuk panduan perawatannya, berikut tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur. Delapan cara melatih mental cendet muda / paudCara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?