jalak rio rio

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya.

Di kalangan penggemar burung kicauan, jalak tunggir merah lebih dikenal dengan sebutan jalak rio atau rio-rio. Meski tidak begitu populer sebagai burung peliharaan, namun tidak sedikit yang sengaja mencarinya untuk dijadikan masteran, terlebih dengan suara besetannya yang nyaring dan tajam.

Perawatan burung jalak rio agar rajin bunyi

Seperti juga burung dari keluarga jalak lainnya, perawatan jalak rio sangat mudah dilakukan. Makanan yang harus disediakan adalah voer dan buah-buahan. Untuk pakan tambahannya bisa diberikan jangkrik atau ulat hongkong.

Baca:   Delapan cara melatih mental cendet muda / paud

Untuk menjadikan jalak rio rajin bunyi, maka Anda perlu menyediakan beberapa macam makanan tersebut setiap harinya. Dengan mengkonsumsi pakan yang bervariasi itulah, burung jalak rio akan menjadi lebih rajin bunyi dengan suara ocehannya yang khas.

Untuk perawatan mandinya, cukup menyediakan cepuk mandinya saja yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Penggunan hand sprayer bisa dilakukan jika burung tak juga kunjung mau mandi.

Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu, setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam saja.

Untuk menjaga kondisinya setiap hari, pemberian suplemen vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird dibutuhkan untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari. Selain itu, kandungan aktif Sup Plus Bird mampu menjadikan burung rajin berkicau.

Baca:   Settingan burung cucak ranting cepat gacor

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara cepat atasi pleci macet bunyi

Macet bunyi bisa dialami oleh semua jenis burung peliharaan, termasuk pleci. Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan perawatan hariannya. untuk mengatasinya, simak aneka solusi atasi pleci macet bunyi berikut ini. Tips merawat pleci tetap sehat dan gacor di musim hujanRagam cara atasi pleci yang bersuara serakTips optimasi mental pleci untuk lombaEmpat […]
Read more

Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Mengontrol emosi bisa menjadi faktor penentu lovebird tampil dengan maksimal di gantangan. Tapi bagaimana jika lovebird terlanjur emosi tinggi. Simak tips dan cara mengatasinya di sini .. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaSettingan ngunci lovebird paud untulanPemilihan dan settingan lovebird paud betina agar siap lombaTips memilih lovebird prospek untuk lombaSettingan lovebird paud paruh putih […]
Read more

Solusi tepat atasi burung nyilet / kurus

Dada nyilet atau penyakit kurusĀ  bukan penyakit baru. Jika tidak segera ditangani, penyakit yang menyerang semua jenis burung ini bahkan bisa sangat mematikan. Berikut solusi tepat atasi burung nyilet / kurus. Empat cara atasi burung yang kurang jemurBeberapa penyebab pemula selalu gagal di arena lombaPenyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stresCara pemberian plangkringan lovebird yg […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?