jalak rio rio

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya.

Di kalangan penggemar burung kicauan, jalak tunggir merah lebih dikenal dengan sebutan jalak rio atau rio-rio. Meski tidak begitu populer sebagai burung peliharaan, namun tidak sedikit yang sengaja mencarinya untuk dijadikan masteran, terlebih dengan suara besetannya yang nyaring dan tajam.

Perawatan burung jalak rio agar rajin bunyi

Seperti juga burung dari keluarga jalak lainnya, perawatan jalak rio sangat mudah dilakukan. Makanan yang harus disediakan adalah voer dan buah-buahan. Untuk pakan tambahannya bisa diberikan jangkrik atau ulat hongkong.

Baca:   Cara mengatasi burung murai batu yang kutuan

Untuk menjadikan jalak rio rajin bunyi, maka Anda perlu menyediakan beberapa macam makanan tersebut setiap harinya. Dengan mengkonsumsi pakan yang bervariasi itulah, burung jalak rio akan menjadi lebih rajin bunyi dengan suara ocehannya yang khas.

Untuk perawatan mandinya, cukup menyediakan cepuk mandinya saja yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Penggunan hand sprayer bisa dilakukan jika burung tak juga kunjung mau mandi.

Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu, setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam saja.

Untuk menjaga kondisinya setiap hari, pemberian suplemen vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird dibutuhkan untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari. Selain itu, kandungan aktif Sup Plus Bird mampu menjadikan burung rajin berkicau.

Baca:   Tips lovebird main nagen di satu titik

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara memilih konin ombyokan yang berkualitas dan prospek

20 / 100 Memilih burung bakalan di kandang ombyokan memerlukan perhatian dan pengamatan secara khusus, terutama untuk mendapatkan burung dengan kualtas bagus dan prospek. Hal ini juga berlaku saat memilih burung kolibri ninja (konin) ombyokan yang berkualitas dan prospek berikut ini. Cara merawat burung kolibri yang masih liarMenjaga kondisi burung kolibri di musim hujanTips cegah […]
Read more

Tips memilih branjangan bahan atau anakan

Branjangan atau dalam bahasa sunda sering disebut dengan manuk apung  memang menarik untuk dipelihara , Selain suara tembakannya yang kencang dengan segala isiannya burung ini juga mempunyai gaya yang unik yaitu hoovering atau terbang secara vertikal sembari melagukan nyanyiannya. tapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai asal usul dan perawatan harian dari burung branjangan […]
Read more

Pemilihan dan pemasteran burung pleci

Merawat pleci memang butuh ketekunan dan kesabaran apalagi jika membeli dalam kondisi masih bahan ( di ombyokan lagi.. ). Namun yang unik adalah bermain pleci hampir sama dengan bermain taruhan ( bukan dalam arti negatif loh gan ! ) karena ada kicau mania bogor yang membeli pleci dalam kandang ombyokan di pasar burung, begitu dirawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?