rawatan cucak jeling

Perawatan cucak keling, si hitam yang bersuara lantang

Cucak keling atau camperling (Aplonis panayensis) memiliki suara kicauan yang cukup keras dan tajam. Jenis burung yang masih satu keluarga dengan jalak kerbau dan jalak suren ini banyak dipelihara untuk masteran atau memancing burung lain agar rajin bunyi. Berikut perawatan cucak keling, si hitam yang bersuara lantang.

Nama resmi untuk burung cucak keling adalah perling kumbang, namun entah mengapa burung ini di pasaran lebih dikenal sebagai cucak keling, padahal spesies ini tidak termasuk sebagai keluarga cucak-cucakan.

Ada 14 sub-spesies burung camperling di dunia dan 11 spesies di antaranya banyak dijumpai di Indonesia, salah satunya adalah perling kumbang atau cucak keling yang banyak dipelihara kicaumania di dalam negeri.

Umumnya perawatan cucak keling tidak jauh berbeda dengan perawatan burung dari keluarga jalak-jalakan lainnya, namun diketahui kalau burung ini sangat suka mandi dan bahkan sering menghabiskan air minumnya sehingga harus selalu diperhatikan kebersihan sangkar dan air minumnya.

Baca:   Lima cara membuat burung anis kembang bakalan rajin bunyi

Begitu juga dengan pemberian pakannya, burung cucak keling sangat menyukai buah-buahan yang bervariasi seperti pepaya, pisang, apel, atau bahkan semangka. Untuk jenis serangga yang diberikan pun bisa beragam mulai dari jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan sebagainya.

Berikut perawatan harian agar cucak keling makin rajin bunyi

Pengembunan

  • Biasakan mengeluarkan burung setiap pagi hari untuk diembunkan, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan dan kondisi burung tersebut setiap harinya. Berikan satu sendok kroto pada saat burung diembunkan karena bisa membantu mendongkrak staminanya.

Mandi dan jemur 

  • Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot sprayer atau memasukkan cepuk mandi berukuran sedang ke dalam sangkar hariannya. Jika terbiasa, bisa juga memandikan dalam karamba mandinya.
  • Selesai mandi, burung segera dijemur di bawah sinar matahari selama 2 – 3 jam. Setelah itu, pindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan dan diberikan jangkrik sebanyak 2-3 ekor, serta ulat hongkong 2 ekor.
  • Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya saat burung sedang diangin-anginkan. Pemberian Sup Plus Bird membantu menjaga dan meningkatkan kondisi, kesehatan, stamina, dan mentalnya sehingga menjadikannya tetap aktif dan rajin bunyi.
Baca:   Setingan lovebird tipe basah dan kering

Lakukan hal di atas secara rutin dan teratur, disertai dengan pemasteran menggunakan suara masteran yang sesuai karakternya. Dengan begitu, burung akan semakin aktif dan rajin berkicau.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips perawatan burung kenari

Tulisan ini diambil dari sumber aslinya , mungkin bermanfaar buat kicau mania bogor dalam merawat burung kenarinya, mangga disimak tipsnya 🙂 Untuk temen2 yang hobi atau mulai seneng sama burung yang warna dan suaranya keren ini saya mau bagi bagi tips ! to the point aja ya pilih kenari jantan yang baik dan dari keturunan […]
Read more

Penyebab lovebird balibu hanya ngeriwik saja

Pada dasarnya, ngeriwik adalah cara burung muda belajar menirukan suara induknya atau burung dewasa untuk mengasah kemampuannya berkicau. Tapi bagaimana jika burung cenderung lebih sering ngeriwk daripada berkicau? Hal ini sering dijumpai pada burung lovebird yang masih balibu. Untuk itu, simak solusinya berikut ini. Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantanganSettingan lovebird paruh putihIni […]
Read more
lomba lovebird

Tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan

Rahasia agar lovebird bisa tampil maksimal saat dilombakan adalah berusaha menjaga kondisi, stamina, dan birahinya. Ketiga hal inilah yang bisa menentukan penampilannya di lapangan, termasuk mampu ngekek panjang dan mental yang lebih baik. Berikut tips memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan.  Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjangTips lovebird kuat main beberapa kelas lombaTips menyiapkan indukan ternak […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?