jalak suren jinak jadi liar

Mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liar

Sering terjadi burung jalak suren yang sudah jinak mendadak berubah perilaku menjadi liar dan sangat ketakutan saat didekati pemiliknya. Apa yang menyebabkan hal ini, mengapa burung bisa mudah berubah perilakunya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Ada banyak faktor penyebab burung yang sebelumnya jinak berubah jadi liar atau giras, di antaranya yang paling umum adalah:

  • Burung yang jarang mendapatkan perhatian atau pemilik yang kurang / tidak pernah melakukan interaksi dengan burung rawatannya itu dalam waktu yang lama.
  • Pola rawatan yang cenderung berubah-ubah atau tidak konsisten, atau hanya ingin mengikuti tren rawatan saja.
  • Burung sering didoping sehingga mengacaukan metabolismenya.
  • Trauma karena peristiwa tertentu seperti sangkar jatuh, burung yang tertangkap kembali sehabis lepas, trauma setelah diserang hewan lain, atau karena burung sering ditangkap tangan atau sering diganggu.

Permasalahan yang muncul ketika burung yang sudah jinak berubah jadi liar adalah pemiliknya akan kesulitan saat merawatnya, termasuk saat memberinya makanan maupun mengganti air minumnya dengan yang baru. Selain itu, resiko macet bunyi pun bisa saja terjadi jika kondisi ini tidak segera ditangani.

Baca:   Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi masalah ini adalah tidak panik, tetapi cukup ikuti saja panduan perawatannya berikut ini:

  1. Berikan multivitamin Sup Plus Bird setiap pagi karena sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi stres pada burung peliharaan, termasuk jalak suren yang berubah jadi liar / giras. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya, sehingga sangat cocok diberikan sebagai pendukung terapi pemulihannya.
  2. Letakkan sangkarnya di tempat tenang dan jauh dari gangguan selama 1 minggu penuh atau lebih jika dibutuhkan, sampai kondisi burung telah kembali normal.
  3. Selama terapi, burung dibiarkan makan seadanya saja atau tidak dibuat kenyang. Pakan dicabut pada waktu-waktu tertentu saja, sebelum kembali dimasukkan. Misalnya setiap pukul 08:00 s/d 10:00 burung tidak diberi makanan, setiap kali burung merasa lapar maka kita akan langsung memberikan makanan melalui tangan.
  4. Siang harinya, cepuk pakan kembali dimasukkan s/d puku 13:00, setelah itu cepuk kembali diangkat sampai sore harinya dan dilanjutkan lagi pemberian pakan dengan tangan.
  5. Lakukan terapi dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, sampai kondisi jalak suren kembali pulih seperti sedia kala. Setelah kondisinya mulai pulih, pindahkan burung ke tempat gantangan biasanya, lalu perawatannya bisa dilakukan seperti biasa.
Baca:   Cara cepat melatih burung beo bicara

Demikian tips mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liar.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Cara melatih mental ciblek untuk lombaTips latih mental ciblek […]
Read more

Tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi

Cucak-kopi melayu atau di kalangan kicaumania lebih populer dengan sebutan burung kopi-kopi merupakan jenis burung yang biasa digunakan untuk masteran. Meski terdengar monoton, namun suara kicauan cucak-kopi akan sangat menarik jika mampu ditiru oleh burung peliharaan lainnya. Berikut tips rawatan burung cucak kopi agar rajin bunyi. Tips agar burung samyong rajin bunyiLima metode atasi over […]
Read more

Tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor

Perawatan burung juara lomba terbilang gampang-gampang susah. Pemilik burung harus bisa mengatur pola rawatan agar gaconya itu selalu siap dengan penampilan terbaiknya. Selain tergantung pada kualitas materi burung rawatannya, karakternya pun harus bisa dipahami dengan baik oleh sang pemilik. Berikut tips perawatan murai batu juara agar tetap aktif dan gacor. Cara mengatasi murai batu telat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?