Makanan dan vitamin burung jalak agar rajin bunyi

Ada banyak jenis burung jalak yang populer sebagai burung piaraan, mulai dari jalak kerbau, jalak suren, jalak nias, hingga jalak putih. Walaupun relatif mudah bunyi, tapi tanpa dukungan rawatan yang tepat burung tidak akan mau mengeluarkan suara kicauannya dengan rajin. Berikut beberapa makanan dan vitamin burung jalak agar rajin bunyi.

Burung jalak terdiri dari beragam jenis yang banyak dipelihara kicaumania. Sebagian besar memiliki kemampuan meniru suara / mimikri dengan sangat baik seperti jalak suren yang pandai berceloteh, hingga burung beo yang pintar menirukan suara manusia.

Tapi untuk menjadikannya rajin bunyi, maka perawatan yang tepat harus diterapkan khususnya dari segi pemberian pakan dan vitaminnya. Karena tanpa dukungan kedua hal tersebut, burung akan cenderung kurang aktif, dan malas bunyi.

Ada beberapa jenis makanan dan multivitamin yang bisa diberikan pada burung jalak, terutama untuk menjadikannya cepat gacor, yaitu:

1. Buah pisang untuk burung jalak 

Buah pisang menjadi pakan favorit burung jalak. Selain mudah didapat, pisang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh burung peliharaan seperti protein, karbohidrat, lemak, kalori, asam folat, zat besi, dan fosfor.

Umumnya, pisang yang diberikan adalah pisang kepok dengan daging berwarna putih, karena selain mengenyangkan pisang jenis ini memiliki daging buah yang tidak gampang busuk serta mampu memulihkan stamina burung dengan cepat.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang kepok adalah kalsium (11 mg), fosfor (35 mg), zat besi (1 mg), potassium (503 mg), Vitamin A (206 IU), niasin (1 mg), dan vitamin C(14 mg). Semua nutrisi tersebut dibutuhkan burung agar tetap aktif dan rajin bunyi.

Untuk melengkapi nutrisi, selain pisang kepok bisa juga ditambahkan dengan jenis buah-buahan lain seperti apel, pepaya, dsb.

Baca:   Perawatan murai batu tua agar tetap prestasi

2. Serangga untuk burung jalak

Selain karbohidrat dan nutrisi dari pisang dan buah-buahan lainnya, burung jalak juga membutuhkan asupan pakan yang kaya akan protein hewani seperti jangkrik dan kroto. Sebagian besar burung peliharaan pemakan serangga akan membutuhkan pakan serangga

Selain karbohidrat dan nutrisi dari buah pisang, burung jalak juga membutuhkan asupan pakan yang tinggi protein. Protein hewani bisa didapatkan dari pakan serangga yang dikonsumsinya seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Sebagian besar burung kicauan membutuhkan protein hewani untuk membuatnya tetap aktif dan rajin bunyi.

Untuk menggacorkan burung jalak bisa dilakukan dengan memberikan jangkrik dan ulat hongkong minimal 5 ekor setiap harinya. Sedangkan kroto bisa diberikan sesuai kebutuhannya saja, misalnya saat akan dikawinkan atau dilombakan.

Pemberian pakan serangga secara rutin dapat menjadikan burung cepat gacor, serta membantu meningkatkan stamina dan mentalnya. Sebaiknnya hindari memberika pakan serangga secara berlebihan karena dapat menjadikan mudah over birahi (OB).

3. Voer untuk burung jalak

Ada banyak macam dan jenis voer yang beredar di pasaran sehingga kita harus bisa jeli memilih mana yang lebih terjamin kualitas dan kandungannya. Voer biasanya diberikan untuk memudahkan perawatan, sekaligus menjaga kondisi burung peliharaan sepanjang hari.

Untuk burung jalak, voer harus mengandung kadar protein sebanyak 15 s/d 18%, dan dilengkapi kandungan nutrisi lain seperti lemak, karbohidrat, energi metabolis, serat kasar, vitamin dan mineral. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjaga kondisi dan menjadikannya tetap aktif.

Sebagian besar kicaumania lebih senang memberikan voer ayam (521) untuk burung jalak rawatannya, karena dianggapnya memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga mampu menggacorkan burung dalam waktu singkat.

Baca:   Tips membuat anis kembang ngerock'n roll

Namun tentu saja, pemberian voer yang selalu berubah-ubah tentu dapat memberi dampak buruk bagi penampilannya, misalnya warna bulu yang cepat kusam dan mudah rontok.

4. Vitamin untuk burung jalak 

Kebutuhan burung jalak akan vitamin tentu tidak akan bisa terpenuhi jika hanya mengandalkan pakan utama dan tambahannya. Oleh karena itulah, banyak suplemen multivitamin beredar di pasaran untuk melengkapi kebutuhannya tersebut.

Tapi perlu diperhatikan, untuk burung peliharaan sebaiknya tidak asal-asalan dalam memberikan vitamin. Pilihlah vitamin yang aman dikonsumsi burung, serta memiliki kandungan yang kaya manfaatnya. Multivitamin seperti Sup Plus Bird menjadi rekomendasi banyak kicaumania di dalam negeri. Selain murah, multivitamin ini juga memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup lengkap sehingga banyak manfaatnya jika dikonsumsi jalak maupun burung peliharaan lainnya.

Selain membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya, Sup Plus Bird jika dikonsumsi dengan rutin dapat menjadikan burung lebih rajin bunyi, ngotot, dan memiliki mental yang lebih baik.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau bisa dipesan langsung melalui chat whatsapp yang ada di halaman ini.

Itulah beberapa jenis makanan dan vitamin yang baik untuk burung jalak.

Semoga bermanfaat

Related Articles

settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Lovebird paruh putih dikenal sebagai salah satu jenis lovebird yang cukup susah dicari settingannya, terutama agar bisa bermain stabil selama dilombakan. Namun demikian, lovebird ini juga sangat popular di kalangan pemain lb, karena kalau sudah ketemu settingannya, mereka bisa tampil dengan penuh maksimal. More from my siteIni cara mengatasi lovebird gacor di rumah tapi gembos […]
Read more
kenari dehidrasi

Cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi

Dehidrasi adalah satu gejala burung kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh beberapa kondisi. Pada kondisi ini, burung akan mudah sekali lemas dengan stamina yang terus menurun, sehingga sangat rentan terhadap penyakit dan kematian. Untuk mencegah hal tersebut menimpa burung kesayangan, silakan simak cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi. More from my siteTujuh jenis tanaman […]
Read more

Tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia

Tiel atau cockatiel adalah jenis burung yang memiliki penampilan mirip parkit, namun ukuran tubuhnya jauh lebih besar dengan jambul di kepalanya. Sebagian kicaumania menyebutnya sebagai burung falek, tapi ada juga yang menjulukinya parkit australia. Bagaimana cara merawatnya agar rajin bunyi? Simak tipsnya berikut ini. More from my siteCara merawat burung poksay mandarin biar gacorTips rawatan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?