cara bedakan jantan betina jalak putih

Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina

Jalak putih atau black-winged starling (Acridotheres melanopterus) merupakan spesies burung endemik Indonesia. Jenis burung ini sangat disukai banyak kicaumania karena penampilan dan suara kicauannya. Berikut Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina.

Burung jalak putih merupakan salah satu anggota dari Sturnidae yang meliputi jalak suren, jalak kerbau, jalak nias, beo, dan beberapa jenis burung jalak-jalakan lainnya. Penyebarannya hanya terdapat di Pulau Jawa, Bali, dan Lombok saja sehingga dikenal sebagai endemik Indonesia.

Penampilan jalak putih yang cantik mirip seperti burung jalak bali, namun yang membedakan adalah ukuran jalak bali lebih besar dan area kulit di sekitar matanya yang berwarna biru. Meski begitu, selain penampilannya yang cantik, jalak putih juga memiliki suara kicauan yang cukup menarik.

Baca:   Tips memilih dan merawat burung kacer untuk pemula

Membedakan jalak putih jantan dengan betina umumnya dilakukan oleh para penangkar, atau mereka yang sengaja memelihara burung ini untuk diternak. Walaupun termasuk jenis monomorfik, yaitu penampilan jantan dan betina yang memiliki kemiripan satu sama lain, namun para peternak berpengalaman umumya sudah mengetahui mana burung jantan dan betina hanya dengan mengamati penampilan dan tanda-tanda tertentu di tubuhnya.

Berikut cara membedakan jantan betina burung jalak putih:

  1. Jalak putih jantan umumnya memiliki bentuk kepala yang lebih besar dari betina.
    Postur tubuh jantan lebih panjang, dan ketika berdiri akan terlihat lebih tegap dibandingkan betina.
  2. Jika dipedang tangan, jalak putih jantan akan mengeluarkan suara meringkik / ngekek.
  3. Warna kuning pada kulit sekitar mata berwarna lebih tegas, sedangkan warna kuning pada betina terlihat lebih memudar.
  4. Perhatikan area kulit di sekitar kloakanya, burung jantan umumnya terlihat kebiru-biruan setelah berumur lebih dari 1 tahun. Sedangkan burung betina akan terlihat putih kemerahan dan akan lebih jelas terlihat saat burung memasuki kondisi siap kawin.
Baca:   Cara memberikan jahe agar burung rajin bunyi dan bersuara kristal

Itulah empat macam cara membedakan jantan dan betina burung jalak putih.

Semoga bermanfaat

Related Articles

murai batu mandi malam

Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Mandi malam merupakan salah satu bentuk terapi yang umum dilakukan kicaumania kepada burung kesayangannya. Mandi malam diyakini bisa menstabilkan birahi burung sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal. Untuk burung murai batu, terapi mandi malam bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.¬† Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voerCara mengatasi murai batu kurang ngotot saat […]
Read more

Tips memilih dan merawat murai batu kalimantan

Murai batu kalimantan masih memiliki banyak penggemarnya. Selain gaya bertarungnya yang unik, murai batu kalimantan dikenal dengan suara kicauannya yang keras dan penuh tembakan-tembakan garang, sehingga sangat disukai sebagian kicaumania. Berikut tips memilih dan merawat murai batu kalimantan. Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voerTips melatih mental murai batu mhTips melatih mental murai batu bakalan […]
Read more
cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara menambah durasi lovebird

Durasi lovebird menjadi daya tarik yang dapat memberikan nilai tambah saat bertanding. Itu sebabnya, banyak lovebird mania berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya memiliki suara ngekek yang panjang. Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebirdPenyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinyaIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunCara setting lovebird lomba malamSettingan lovebird paruh merahCara menambah dan bongkar durasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?