cara bedakan jantan betina jalak putih

Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina

Jalak putih atau black-winged starling (Acridotheres melanopterus) merupakan spesies burung endemik Indonesia. Jenis burung ini sangat disukai banyak kicaumania karena penampilan dan suara kicauannya. Berikut Empat cara bedakan jalak putih jantan dan betina.

Burung jalak putih merupakan salah satu anggota dari Sturnidae yang meliputi jalak suren, jalak kerbau, jalak nias, beo, dan beberapa jenis burung jalak-jalakan lainnya. Penyebarannya hanya terdapat di Pulau Jawa, Bali, dan Lombok saja sehingga dikenal sebagai endemik Indonesia.

Penampilan jalak putih yang cantik mirip seperti burung jalak bali, namun yang membedakan adalah ukuran jalak bali lebih besar dan area kulit di sekitar matanya yang berwarna biru. Meski begitu, selain penampilannya yang cantik, jalak putih juga memiliki suara kicauan yang cukup menarik.

Baca:   Ciri-ciri lovebird kurang vitamin

Membedakan jalak putih jantan dengan betina umumnya dilakukan oleh para penangkar, atau mereka yang sengaja memelihara burung ini untuk diternak. Walaupun termasuk jenis monomorfik, yaitu penampilan jantan dan betina yang memiliki kemiripan satu sama lain, namun para peternak berpengalaman umumya sudah mengetahui mana burung jantan dan betina hanya dengan mengamati penampilan dan tanda-tanda tertentu di tubuhnya.

Berikut cara membedakan jantan betina burung jalak putih:

  1. Jalak putih jantan umumnya memiliki bentuk kepala yang lebih besar dari betina.
    Postur tubuh jantan lebih panjang, dan ketika berdiri akan terlihat lebih tegap dibandingkan betina.
  2. Jika dipedang tangan, jalak putih jantan akan mengeluarkan suara meringkik / ngekek.
  3. Warna kuning pada kulit sekitar mata berwarna lebih tegas, sedangkan warna kuning pada betina terlihat lebih memudar.
  4. Perhatikan area kulit di sekitar kloakanya, burung jantan umumnya terlihat kebiru-biruan setelah berumur lebih dari 1 tahun. Sedangkan burung betina akan terlihat putih kemerahan dan akan lebih jelas terlihat saat burung memasuki kondisi siap kawin.
Baca:   Tips merawat burung murai batu bakalan muda hutan

Itulah empat macam cara membedakan jantan dan betina burung jalak putih.

Semoga bermanfaat

Related Articles

lovebird kurang vitamin

Ciri-ciri lovebird kurang vitamin

  Banyak yang beranggapan bahwa asupan pakan yang dikonsumsi lovebird setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anggapan ini tentu kurang tepat, karena bagaimanapun tanpa asupan nustrisi yang cukup, burung tidak akan bisa tampil maksimal. Penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinyaPakan dan vitamin agar lovebird cepat bertelurTips dan cara menjemur lovebird dengan tepat […]
Read more

Masalah utama pada burung kacer

Kacer adalah burung yang paling banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan yang ada diseluruh indonesia selain keberadaannya yang mudah didapatkan juga harganya yang cenderung masih murah, jadi mungkin itulah sebabnya semua permasalahan mengenai burung ini masih selalu menarik perhatian penggemar burung kicauan khususnya di indonesia. Permasalahan Utama Kacer Masalah utama yang kerap terjadi pada […]
Read more

Cara merawat burung poksay mandarin biar gacor

Tidak semua jenis burung poksay mempunyai suara kicauan yang keras dan memekakkan telinga, karena ada beberapa yang justru berkicau dengan alunan suara yang merdu dan bervariasi. Salah satunya adalah jenis poksay lokal yang dikenal dengan sebutan poksay mandarin. Berikut cara merawat burung poksay mandarin biar gacor. Cara mengatasi burung robin yang macet bunyiMenyiapkan burung cucak […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?