perawatan jalak hongkong pemula

Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemula

Jalak thailand atau blue-collared starling (Sturnus nigricollis) lebih dikenal dengan sebutan jalak hongkong di Indonesia. Spesies burung jalak ini pernah sangat populer di era 1990-an, terutama karena kemampuan mengocehnya dan pandai menirukan suara manusia. Berikut tips merawat burung jalak hongkong untuk pemula ..

Beberapa spesies burung jalak memang dikenal dengan kemampuannya dalam menirukan suara (mimikri) seperti halnya jalak suren. Namun tidak seperti jalak suren yang memiliki penyebaran lokal, jalak hongkong merupakan burung impor yang banyak terdapat di Thailang, Myanmar, Vietnam, Laos, Tiongkok, dan Kamboja.

Selama ini, jalak hongkong dianggap memiliki kemampuan menirukan suara yang melebihi spesies jalak lainnya. Suara kicauannya pun terdengar lebih nyaring, dan kemampuannya dalam menirukan suara pun sangat fasih. Itu sebabnya, burung ini cukup disukai oleh penggemarnya.

Meski disukai, keberadaan jalak hongkong di pasaran tidaklah seramai dulu. Karena susah mendapatkannya, tak heran kalau burung ini kemudian memiliki harga pasaran yang relatif lebih tinggi dari burung jalak populer lainnya. Nah, untuk memudahkan perawatannya, berikut tips merawat burung jalak hongkong untuk pemula:

  • Jalak hongkong berukuran lebih besar dari jalak lainnya, sehingga akan membutuhkan sangkar yang lebih luas dan kokoh untuk kenyamanannya.
  • Untuk menjadikannya rajin berkicau, maka pemberian pakan harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan setiap hari, yaitu:
  • Voer kasar, bisa menggunakan voer kemasan yang lebih terjamin kandungan dan kualitasnya.
  • Serangga yang terdiri dari jangkrik, ulat hongkong atau ulat jerman, dan belalang.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti pisang atau pepaya yang sudah diolesi madu.
  • Setiap pagi, burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan.
  • Berikan pakan 2-3 ekor jangkrik / ulat jerman pada pagi dan sore harinya.
  • Setelah matahari terbit, mandikan dengan cara semprot atau memasukkanya ke dalam karamba mandi.
  • Jemur burung selama kurang lebih 2 jam, setelah itu pindahkan ke tempat teduh.
  • Berikan kembali pakan jangkrik dan ulat jermannya, setelah itu latih burung dengan suara masteran yang diinginkan, jika ingin melatihnya dengan suara manusia, Anda bisa mengucapkan sepatah-dua patah kata yang diucapkan terus menerus agar burung cepat hafal dengan suara tersebut.
  • Selama perawatannya, jalak hongkong sebaiknya mendapatkan asupan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird, mengingat ukuran tubuhnya yang lebih besar sehingga akan memerlukan banyak energi dan stamina untuk beraktivitas. Sup Plus Bird memiliki kandungan yang bisa mendukung hal tersebut, termasuk mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari. Selain itu, pemberian Sup Plus Bird secara rutin juga dapat menjadikan burung lebih cerdas dan rajin bunyi.
Baca:   Cara memilih anis kembang bahan prospek jago ngeroll

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Cara melatih mental ciblek untuk lombaTips latih mental ciblek […]
Read more

Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Sinar matahari penting bagi semua mahluk hidup. Jika rutin dijemur setiap pagi burung akan jadi lebih aktif dan rajin berkicau. Tapi bagaimana jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan penjemuran? Untuk itu, silakan simak empat cara atasi burung yang kurang jemur berikut ini. Kupas tuntas perawatan harian dan lomba burung pleciSettingan murai batu sebelum dan […]
Read more

Jangan lakukan hal ini saat burung sedang mabung!

8 / 100 Mabung adalah sebuah proses pergantian bulu yang terjadi secara alamiah. Pada saat itulah, burung akan menggunakan seluruh energi dan waktunya untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Untuk mendukung proses tersebut maka perawatannya harus dilakukan dengan cara yang tepat, termasuk memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat burung sedang mabung. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?