kacer macet bunyi

Cara menjinakkan kacer giras agar cepat gacor

Selain memiliki sifat teritorial dan emosian, kacer juga berperilaku sangat agresif sesuai dengan karakternya yang fighter. Tapi terkadang, karena sifat alaminya itu kacer akan cenderung berperilaku liar atau giras saat didekati manusia, apalagi jika burung masih dalam kondisi bakalan. Untuk mengatasinya, simak cara menjinakkan kacer giras agar cepat gacor berikut ini.

Perawatan burung kacer yang masih giras tentu bisa merepotkan pemiliknya, karena setiap didekati meski untuk diberikan makanan burung akan sangat ketakutan dan perilakunya jadi liar / grabagan sehingga berpotensi melukai dirinya sendiri.

Selain itu, kacer yang masih giras juga tidak akan bisa bisa berkicau dengan lepas, apalagi jika banyak orang lalu-lalang di dekat sangkarnya. Biasanya, burung mau mulai mengeluarkan suara kicauannya pada saat situasi sedang sepi saja alias tidak ada orang di dekatnya.

Agar kacer rajin bunyi dan gacor dengan suara kicauannya yang kencang dan bervariasi, maka perlu dilatih untuk jinak terlebih dahulu. Setelah jinak, meski cuma jinak-lalat, burung biasanya akan lebih mudah terpancing untuk rajin bunyi. dan perawatan hariannya pun akan jadi lebih mudah karena burung yang sudah tidak ketakutan lagi.

Baca:   Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Berikut tips menjinakkan kacer giras agar cepat gacor: 

Gunakan sangkar dengan ukuran sedang (tidak terlalu kecil dan tidak terlalu luas), serta gunakan hanya satu tenggeran saja. Hal ini bertujuan untuk mengontrol rasa takutnya dan burung pun lebih leluasa bergerak sehingga tidak akan menyakiti dirinya sendiri saat merasa ketakutan.

Metode penjinakkan bisa menggunakan kain kerodong yang menutupi sisi kiri, kanan, dan belakang sangkarnya. Sedangkan sangkar bagian depan dibiarkan terbuka tanpa ditutupi kerodong. Jika tidak ada kerodong, bisa juga menggunakan kertas karton atau koran untuk menutupi bagian-bagian sangkar tersebut.

Pada minggu pertama latihan, sangkar diletakkan di tempat yang banyak terdapat aktivitas keluarga, misalnya di ruang televisi atau ruang keluarga. Metode ini dilakukan sebagai proses adaptasi atau agar burung lebih terbiasa dengan anggota keluarga.

Di minggu berikutnya, sangkar mulai digantungkan di lokasi yang ramai aktivitas manusia, misalnya di pinggir jalan raya atau di lokasi yang sering dilewati orang banyak.

Mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara disemprot. Proses penjemuran dilakukan dengan meletakkan sangkarnya di tanah (tidak digantang).

Selama proses penjinakkan tersebut, pemberian pakan ekstra seperti jangkrik dilakukan dengan cara ditusuk lidi atau diberikan langsung dengan tangan. Metode interaksi dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan burung bahwa kita bukanlah satu hal yang harus ditakuti.

Baca:   Cara merawat kacer mabung yang benar

Setelah burung mulai tenang atau di minggu ketiga, proses penjinakkan dilakukan tanpa menggunakan kerodong.

Setelah kacer mulai jinak dan tidak ketakutan lagi, langkah berikutnya adalah melakukan pemasteran baik dengan menggantungkan burung masteran di dekat sangkarnya atau memutarkan audio rekaman suara burung yang diinginkan.

Untuk menjaga kondisi dan agar burung tidak mudah stres saat proses penjinakkan tersebut, berikan tambahan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Pemberian suplemen vitamin ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan stamina, daya tahan, kecerdasan, dan agar burung lebih rajin bunyi.

Demikian tips dan cara menjinakkan kacer giras agar cepat gacor.

Semoga manfaat

Related Articles

lovebird konslet

Cara mencetak lovebird konslet ngekek panjang

Akhir-akhir ini, banyak kicaumania yang sukses menjadikan lovebird semakin fighter.Hal ini pula yang kemudian memunculkan keinginan untuk mencetak lovebird konslet, namun dengan durasi ngekek yang lebih panjang. Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaSettingan lovebird ngekek panjang dengan glodok bambu setanTips dan rahasia membuat lovebird konsletTiga masalah utama dalam ternak lovebirdTips dan settingan lovebird konslet jantan […]
Read more
setelan lovebird kurang birahi untuk lomba

Menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba

Melombakan burung lovebird yang sedang tidak berada dalam kondisi birahi yang cukup / kurang birahi, tentu hanya akan menjadikan burung tidak akan tampil seperti biasanya. Dalam beberapa kasus, lovebird akan cenderung gampang stres ketika bertemu lawan main yang sudah mapan dan fighter. Untuk itu, simak tips menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba berikut ini. […]
Read more

Kelebihan lovebird taiwan dan cara merawatnya

Semakin populernya lovebird di arena lomba, membuat banyak pemainnya berusaha mencari burung yang dianggap memiliki kualitas lebih, dari segi penampilan maupun suaranya. Salah satunya adalah lovebird asal Taiwan yang kini mulai banyak dicari para lovebird mania di beberapa daerah. Berikut beberapa kelebihan lovebird taiwan dan cara merawatnya. Cara mendidik lovebird untuk lombaTips dan cara menjinakkan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?