merawat kenari merah

Cara menjaga warna kenari merah

Dari banyaknya jenis burung kenari, kenari merah atau red factor canary adalah jenis yang unik. Kenari ini diketahui memiliki pigmen bulu berwarna merah yang akan muncul jika dirawat dengan cara yang tepat. Untuk panduan pemula, simak cara menjaga warna kenari merah berikut ini.

Kenari merah lahir dari perkawinan silang antara kenari kuning dengan red siskin (Spinus cucullata). Hasil persilangan tersebut memunculkan kenari dengan bulu berwarna orange, yang bisa berubah menjadi merah pekat setelah menerima pigmen warna yang berasal dari makanan yang kaya akan beta carotene.

Pigmen warna yang terdapat di bulu kenari merah umumnya terdiri dari beragam varietas warna yang menarik seperti red intensif atau merah pekat, mosaic, rose, serta beberapa varietas warna yang muncul dari intensitas warnanya.

Untuk menjaga warna bulu kenari merah dibutuhkan perawatan yang tepat, terutama dari segi pemberian pakan dan vitaminnya. Pakan yang memiliki kandugan beta carotene sangat dibutuhkan agar warna merah pada kenari tersebut tidak mudah pudar, khususnya setelah burung berganti bulu atau mabung.

Baca:   Mengembalikan sifat fighter lovebird setelah mabung/nyulam

Perawatan yang tepat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan warna merah pada jenis kenari ini. Walaupun saat ini di pasaran banyak dijual obat-obatan berbahan kimia untuk menjaga warna kenari merah, namun sangat dianjurkan untuk memberikan makanan alami yang lebih aman dan bagus untuk burung.

Ada banyak makanan yang kaya akan kandungan beta carotene, misalnya wortel, tomat, brokoli, cherry, labu, umbi-umbian, serta banyak jenis sayur-sayuran hijau. Untuk menjaga warna kenari merah tersebut, Anda bisa memberikan parutan wortel, irisan tomat, dan sayur-sayuran sebagai pakan ekstra selain bijian.

Selain itu, bisa juga ditambahkan potongan paprika merah yang sudah dikeringkan / dijemur. Potongan paprika tersebut bisa diletakkan di dalam cepuk pakan atau digantungkan di sela jeruji sangkarnya.

Untuk pakan bijiannya, berikan pakan yang memiliki kandungan cukup lengkap seperti Canary Seed Herbal yang sudah diperkaya dengan aneka bahan herba yang bermanfaat baik untuk menjaga kondisi burung kenari. Selain membantu dalam perawatan kenari merah, pakan canary seed herbal juga memiliki manfaat lain yang baik untuk burung, seperti:

  • Menjadikan kenari makin aktif,
  • Membuat kenari makin rajin bunyi dan gacor,
  • Membantu pemulihan energi dengan cepat,
  • Meningkatkan stamina,
  • Mengencangkan dan memperpanjang suara kicauannya,
  • Dibuat dengan bahan-bahan yang kaya manfaat.
Baca:   Cara mencegah dan mengatasi burung yang dehidrasi

Untuk menjaga kondisi kenari merah agar tetap prima, pemberian suplemen vitamin tambahan bisa dilakukan setiap dua hari sekali. Berikan kenari merah mulvitamin Sup Plus Bird karena memiliki kandungan yang bisa menjaga warna merah pada kenari jenis ini.

Dengan menerapkan penanganan seperti disebutkan di atas, warna bulu merah yang terdapat pada kenari merah akan menjadi lebih pekat, cerah, dan mengkilap saat terkena cahaya sehingga menjadikan kenari tersebut lebih indah dipandang mata.

Selain itu, pemberian pakan dan suplemen yang dianjurkan tersebut dapat menjadikan kenari makin rajin bunyi, gacor, dan bersuara panjang.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips memilih dan merawat murai batu kalimantan

Murai batu kalimantan masih memiliki banyak penggemarnya. Selain gaya bertarungnya yang unik, murai batu kalimantan dikenal dengan suara kicauannya yang keras dan penuh tembakan-tembakan garang, sehingga sangat disukai sebagian kicaumania. Berikut tips memilih dan merawat murai batu kalimantan. Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voerTips melatih mental murai batu mhTips melatih mental murai batu bakalan […]
Read more

Manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor

Oyong adalah salah satu jenis sayuran yang kerap disajikan sebagai pakan tambahan untuk burung kenari. Walaupun berkulit tebal dan keras, tapi bagian daging buahnya cukup lunak dan sangat disukai burung. Bukan itu saja, banyak kicaumania yang senang menggunakan oyong sebagai extra fooding karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kondisi burung rawatannya. Berikut manfaat dan […]
Read more
murai batu angkat kaki sebelah

Kenali penyebab murai batu sering mengangkat sebelah kaki

Kaki pincang menjadi masalah umum yang sering dialami oleh burung murai batu. Hal ini bisa tampak dari perilakunya yang sering mengangkat sebelah kaki ketika berdiri. Masalah kaki ini tidak hanya menimpa burung yang dipelihara dalam sangkar harian saja, melainkan bisa juga terjadi pada murai batu yang sedang diternak. Solusi atasi murai batu yang kehilangan nafsu […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?