tledekan ngedrop mental

Cara mengatasi tledekan mental drop

Tledekan gunung merupakan jenis burung dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Salah perawatan sedikit saja, burung akan mudah stres dan ngedrop. Jika burung tledekan gunung terlanjur ngedrop maka untuk memulihkan kondisinya dibutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Berikut tips dan solusi mengatasi tledekan gunung yang ngedrop mentalnya.

Perawatan tledekan gunung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung teritorial lain seperti murai batu, kacer, maupun ciblek. Karena termasuk jenis burung teritorial, maka penanganannya pun harus diperhatikan, terutama agar tidak terlalu sering dipertemukan atau didekatkan burung sejenis.

Tledekan gunung yang sedang ngedrop bisa dipengaruhi oleh banyak hal, khususnya yang menyangkut pola pakan dan perawatan hariannya. Selain itu, ngedrop juga bisa terjadi karena kurang mental, misalnya burung yang kalah mental setelah bertanding.

Berikut beberapa penyebab umum tledekan gunung mudah alami ngedrop:

  • Burung yang ngedrop mental karena pola rawatan yang kurang tepat, terutama karena kurang tersedianya pakan atau vitamin yang dibutuhkan.
  • Burung ngedrop akibat trauma, misalnya diserang predator, sangkar terjatuh, atau karena terlalu sering mendengarkan / didekatkan dengan burung sejenis.
  • Terjadi gangguan kesehatan akibat pola pakan yang salah atau kurang terjaganya kebersihan sangkar. Bisa juga karena infeksi tungau / kutu yang menyebabkan burung gampang stres dan ngedrop.
Baca:   Enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor

Untuk mengatasinya, dibutuhkan penanganan yang tepat agar kondisi burung bisa kembali pulih seperti sedia kala. Berikut tips dan cara perawatan jika burung tledekan gunung ngedrop mentalnya:

Segera dikarantina atau dipisahkan dari keberadaan burung peliharaan lain, terutama burung sejenis maupun teritorial lainnya. Hal ini bertujuan agar burung bisa lebih tenang sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

Berikan pakan extra (EF) seperti biasanya atau tidak perlu dirubah, begitu juga dengan perawatan mandi dan jemurnya. Adapun untuk pola rawatan lain yang harus dilakukan adalah mulai memberikan terapi mandi malam. Mandi malam bisa dilakukan setiap dua hari sekali, dengan tetap mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca. Mandi malam dilakukan sekitar pukul 19:30 – 20:00 dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup.  Setelah itu, burung dikerodong sampai pagi hari.

Baca:   Cara melatih ciblek agar bersuara ngebren

Lakukan pengembunan dengan lebih rutin, karena manfaat pengembunan sangat baik untuk mengatasi stres dan memancing burung kembali beraktivitas seperti biasa.

Tambahkan multivitamin yang tepat seperti Sup Plus Bird yang memiliki kandungan zat anti stres sehingga sangat baik diberikan pada burung tledekan yang sedang ngedrop. Pemberian Sup Plus Bird dengan rutin dapat membantu memulihkan kondisinya sehingga burung bisa kembali aktif, sehat, dan rajin berbunyi. Selain itu, Sup Plus Bird  dapat membantu meningkatkan stamina, mental, dan ketahanan tubuhnya sepanjang hari.

Dengan menerapkan pola rawatan di atas secara teratur, tledekan gunung yang sedang ngedrop akan kembali pulih kondisinya sehingga bisa menjadikan rumah lebih ramai lagi dengan suara kicauannya.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

kecubung untuk lovebird

Manfaat dan efek samping kecubung pada lovebird

Penampilan bunga kecubung yang mirip terompet menjadikan banyak orang tertarik untuk memetiknya. Namun dibalik kecantikannya itu, kecubung tak hanya dianggap bermanfaat saja, tapi juga memiliki efek samping yang bisa sangat membahayakan. Di kalangan lovebird mania pun pernah viral mengenai penggunaan tanaman ini yang konon bisa menjadikan burung makin gacor. Benarkah begitu? Simak manfaat dan efek […]
Read more
lovebird paud beranjak dewasa settngan

Settingan lovebird paud yang beranjak dewasa

Lovebird paud atau balibu kini banyak dirawat sebagai burung lomba. Akan tetapi, setelah burung beranjak dewasa, maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Kondisi ini tentu perlu diantisipasi oleh lovebid mania, apalagi banyak keluhan mengenai lovebird paud yang tak lagi bisa mencetak prestasi. Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lombaCara melatih mental […]
Read more
tips master cendet

Solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. Memulihkan performa burung cendet usai mabungSuara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinyaCara latih […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?