atasi jalak suren macet bunyi

Cara mengatasi jalak suren yang macet bunyi

Masalah paling umum yang dikeluhkan banyak penggemar kicauan adalah burung rawatannya yang berhenti berkicau alias macet bunyi. Pada burung jalak suren, kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya merasa gundah. Burung yang biasanya cerewet dan rajin bunyi berubah jadi pendiam. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini.

Jalak suren terkenal karena kicauannya yang penuh variasi. Jika dirawat dengan penuh ketelatenan, spesies burung dari keluarga Sturnidae ini bisa dilatih menjadi “penjaga rumah”. Ya, ketika ada orang yang mendatangi rumah kita, maka ia akan segera berkicau lantang seolah memberitahu pemiliknya ada orang yang datang / lewat.

Tapi sering terjadi, karena terlalu mengabaikan perawatan hariannya atau burung hanya dirawat sesukanya saja dan tanpa didukung oleh pemberian pakan serta perawatan lainnya, jalak suren yang semula rajin bunyi itu berubah jadi pendiam.

Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan penanganan yang tepat, terutama yang dapat membantu pemulihan kondisinya tersebut. Beberapa tips rawatan berikut ini, bisa diterapkan untuk pencegahan sekaligus mengatasi burung jalak suren yang terlanjur macet bunyi:

  1. Pisahkan burung dari keberadaan burung peliharaan lain maupun sejenis. Hal ini agar proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat karena burung berada dalam kondisi yang tanpa gangguan / nyaman.
  2. Berikan pakan jangkrik dan ulat hongkong dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Pakan tambahan tersebut diberikan rutin setiap pagi dan sore hari.
  3. Gunakan voer yang bagus. Untuk itu, Anda bisa membeli voer kemasan dengan merek yang sudah sangat anda percaya kandungan dan kualitasnya. Alternatifnya, bisa memberikan voer ayam yang kaya protein untuk memancing agar burung mau kembali berbunyi.
  4. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird ke dalam air minum atau dioleskan pada pakan tambahannya. Sup Plus Bird memiliki kandungan aktif yang membantu meminimalisir stres pada burung kicauan. Pemberian secara rutin dapat menjadikan burung makin terpancing untuk rajin bunyi dengan suara yang lebih ngotot. Sup Plus Bird juga bermanfaat untuk mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari.
  5. Selama terapi pemulihan, mandi cukup dilakukan setiap dua-tiga hari sekali, sedangkan penjemuran dibuat lebih kencang atau lebih lama dari biasanya.
    Berikan kerodong pada sore dan malam hari.
  6. Lakukan pengembunan secara rutin karena dapat membantu memulihkan kondisi dan memancingnya untuk rajin bunyi.
Baca:   Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Demikian tips mengatasi jalak suren macet bunyi.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

tips mengatasi burung yang mabung tidak tuntas

Burung yang sudah mengalami pergantian bulu ( melewati masa mabung ) tetapi masih ada bulu bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk disebut dengan mabung yang tidak / belum tuntas. maka hal yang harus kita lakukan adalah rajin memandikan dan menjemur burung secara bertahap. sebaiknya burung harus sering dimandikan setidaknya 1 kali sehari dengan proses penjemuran […]
Read more

Tips memilih burung bakalan

Beberapa waktu lalu seorang rekan saya bertanya mengenai bagaimana cara memilih burung bakalan biar hidup lebih lama dan cepat berbunyi. disini akan saya uraikan bagaimana memilih burung bakalan yang memiliki prospek yang lebih bagus kedepannya ( lebih cepat jinak, bunyi dan tentu saja bisa membanggakan yang punyanya ) . Sewaktu membeli burung bahan/bakalan pastikan dahulu […]
Read more

Tips agar mozambik cepat gacor untuk masteran kenari

Mozambik dikenal dengan nama Green singing finch, adalah spesies burung kicau yang berasal dari Afrika. Meski bertubuh kecil, namun suara mozambil cukup lantang terdengar, tak heran kalau burung ini kerap dijadikan masteran untuk kenari. Suaranya yang ngerol bisa menjadikan kenari memiliki lagu-lagu yang panjang. Solusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakanManfaat dan cara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?