atasi kolibri stres

Cara mencegah dan mengatasi burung kolibri yang stres

Burung-madu aka kolibri rentan alami stres jika tidak mendapatkan perawatan yang baik. Biasanya, untuk memulihkannya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk burung bisa kembali rajin berbunyi. Sebagai panduan, berikut cara mengatasi burung kolibri yang stres.

Burung kolibri atau burung-madu adalah juga burung yang memiliki mental petarung atau fighter. Ketika bertemu dengan burung pejantan dari satu jenisnya, maka ia akan langsung melawan untuk tujuan mengusirnya dari wilayah yang dikuasainya (teritorial).

Namun yang membedakan jenis burung ini dari burung peliharaan lain adalah pemberian pakannya. Kolibri adalah pemakan nektar, sehingga untuk menjaga kondisinya selalu prima maka kebutuhan pakan tersebut harus bisa dipenuhi oleh si pemilik burung.

Ketika kebutuhan utamanya itu tidak terpenuhi, maka kolibri akan rentan stres yang berujung pada macet bunyi, sakit, atau bahkan kematian. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, simak beberapa cara mengatasi stres pada burung kolibri.

Baca:   Tips mengatasi kenari tidak keluar suara

Mencegah dan mengatasi stres dengan pakan dan suplemen yang tepatĀ 

Salah satu faktor terpenting dalam perawatan burung kolibri agar tetap fit dan aktif adalah memenuhi kebutuhan hariannya. Sebagai pemakan nektar, kolibri akan membutuhkan asupan pakan yang tinggi nutrisi tersebut untuk menunjang aktivitas hariannya.

Tapi tak sedikit kicaumania yang mengabaikan pemberian nektar maupun sekedar air gula untuk burung rawatannya itu. Alhasil, burung jadi mudah stres, lemas, kurang aktif, dan tidak bertenaga untuk beraktivitas maupun berkicau.

Untuk mencegah dan mengatasinya, segera perbaiki nutrisi yang diberikan kepada burung tersebut. Untuk menjamin kebutuhan hariannya, berikan saja Nektar Kolibri Kristal yang bermanfaat tak hanya sebagai pakan tambahan (EF) saja tetapi juga sebagai multivitamin lengkap yang dibutuhkan burung.

Berikan nektar kolibri kristal setiap pagi sebanyak satu sendok makan, dengan dilengkapi pemberian pakan tambahannya yang lain seperti kroto, ulat hongkong, atau laba-laba kecil. Dengan memberikan pakan dan suplemen tersebut secara rutin dapat membantu mencegah dan mengatasi kolibri dari stres.

Baca:   Menjaga kondisi burung kolibri di musim hujan

Memutarkan audio pemancingĀ 

Kolibri yang terlanjur stres dan berhenti berkicau, bisa dipancing untuk kembali rajin bunyi dengan cara memutarkan suara terapi yang berisikan audio rekaman atau suara panggilan dari burung kolibri lain yang sudah gacor. Beberapa suara terapi pemancing tersebut bisa diputar atau diunduh di sini:

Suara terapi kolibri stres | DOWNLOAD

Suara terapi kolibri stres #2 | DOWNLOAD

Itulah cara mencegah dan mengatasi stres pada burung kolibri.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lomba

Lovebird jantan yang selama ini dirawat single fighter alias tanpa pasangan / untulan bisa saja menjadi jawara lomba jika pemiliknya menerapkan settingan yang tepat. Yang harus diperhatikan adalah pengaturan rawatan, terutama agar birahinya tetap stabil meski sedang dilombakan. Berikut tips dan settingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lomba. Settingan harian dan lomba lovebird […]
Read more
telur gagal menetas

Inilah beberapa penyebab telur lovebird gagal menetas

Mengembangbiakkan burung lovebird menjadi hobi baru para penggemarnya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang tertarik mengawinsilangkan lovebird rawatannya demi mendapatkan warna bulu yang unik dan cantik. Tapi terkadang, praktik di lapangan banyak peternak yang mengeluh lantaran telur yang dihasilkan indukan gagal menetas. Tips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternakCara setting lovebird lomba malamCara mengatasi lovebird […]
Read more

5 ciri ciri lovebird betina

5 ciri ciri lovebird betina Cara mengobati suara serak pada lovebird5 pertanda lovebird anda bukan tipe lombaVideo dan audio pancingan lovebird ngekek panjangManfaat jagung untuk lovebirdHeboh!!Lovebird raja ngekek istimewaAksi lovebird bentoel konslet panjang Baca:   Tips dan settingan kolibri untuk lomba
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?