Cara memilih jalak suren di kandang ombyokan

Burung jalak suren yang aktif dan rajin bunyi sangat disukai oleh banyak orang. Di pasaran pun jenis burung ini umumnya dijual dalam kandang ombyokan. Jika pintar memilih, akan didapatkan burung yang kecerdasannya di atas rata-rata dan cepat sekali gacornya. Untuk itu, simak cara memilih jalak suren di kandang ombyokan berikut ini.

Banyak pedagang burung yang menawarkan burung jalak suren dalam kandang ombyokan. Umumnya burung yang dijual tersebut masih dalam kondisi bakalan atau berumur trotolan. Karena dalam satu kandang terdiri dari banyak burung yang ditawarkan, maka dibutuhkan kejelian dalam memilih mana burung yang benar-benar tepat.

Berikut cara memilih jalak suren di kandang ombyokan:

  • Pilih burung yang bertubuh ramping dengan postur tubuh panjang.
  • Pilih yang gaya berdirinya tegap, dan kaki-kaki mencengkeram tenggerannya dengan kokoh dan kuat.
  • Carilah burung yang mempunyai bentuk kepala besar, cepak dan ceper (tidak bulat).
  • Kedua sayapnya mengapit rapat dan tidak jatuh menandakan burung sedang dalam kondisi prima, begitu juga ekor yang selalu menutup. Sayap yang lunglai / jatuh ke bawah menandakan burung sedang ngedrop atau tidak fit.
  • Burung selalu terlihat lebih agresif dari burung lain yang satu kandang dengannya, selain itu juga selalu terlihat lebih aktif dan tidak mau diam.
  • Ada yang bilang bahwa jalak suren yang selalu menaikkan bulu di kepalanya / berjambul memilik prospek yang bagus untuk dipelihara.
  • Pilih burung yang paling rajin mengeluarkan suaranya.
Baca:   Tips memilih burung bakalan muda hutan ( burung bahan )

Selain dari penampilan fisik dan perilakunya, memilih burung jalak suren dalam kandang ombyokan bisa juga dengan cara memperhatikan bentuk dan ukuran paruhnya, yaitu:

  1. Burung yang berparuh tebal dan pendek umumnya adalah burung yang pandai ngoceh / bisa dilatih suara manusia.
  2. Burung yang berparuh panjang biasanya burung akan lebih rajin bunyi dan cepat bergaya mompa.
  3. Burung yang berparuh bengkok namun tipis biasanya memiliki suara yang lebih nyaring dan rajin berkicau.

Itulah beberapa tips dan cara memilih burung jalak suren dalam kandang ombyokan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

settingan kacer tipe panas

Rawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi

Kacer disukai karena memiliki suara kicauan yang nyaring dan bervariasi. Selain itu, kacer juga memiliki gaya berkicau unik yang dikenal dengan sebutan ngobra. Nah, untuk panduan pemula, berikut tips rawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi. Baca:   Perawatan cucak keling, si hitam yang bersuara lantang
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Cara settingan lovebid sebelum lomba H-1

Lovebird bukanlah burung bertipa petarung / fighter sehingga ketika dilombakan tidak selalu berada dalam kondisi top form. Karena itu, kunci agar lovebird bisa tampil prima saat lomba adalah menyetel kondisi birahinya. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan pakan dan extra fooding (EF). Berikut cara settingan lovebid sebelum lomba H-1. Baca:   Empat cara bedakan jalak […]
Read more
agar lovebird cepat bertelur

Tips agar lovebird cepat bertelur

Ternak lovebird lalu merawatnya sampai indukan mau bertelur bisa menjadi tantangan tersendiri. Selain harus memenuhi segala kebutuhan hariannya, peternak juga harus sanggup menjaga kondisi lingkungan agar tetap aman dan nyaman bagi indukan. Sebagai panduan, berikut tips agar lovebird cepat bertelur. Baca:   Kesalahan dalam perawatan jalak suren trotolan
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by