melatih burung kolibri makan kroto

Cara agar burung kolibri mau makan kroto

Meski dikenal sebagai pemakan nektar, namun burung-madu juga sangat suka pada serangga. Ada beberapa jenis serangga yang menjadi makanannya, mulai dari ulat hingga laba-laba. Bagi kicaumania, burung yang kerap disapa sebagai kolibri ini juga mendapatkan kroto sebagai makanan utamanya. Bagaimana perawatan burung kolibri agar mau makan kroto? Simak tips dan caranya berikut ini.

Penggunaan kroto sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Kroto adalah telur semut yang selama ini dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat dibutuhkan untuk membuat burung tetap aktif dan beraktivitas.

Namun tidak semua jenis burung-madu atau kolibri ini mau menyantap kroto yang disuguhkan, karenanya harus dilatih terlebih dahulu. Berikut beberapa cara melatih burung kolibri agar mau makan kroto:

Cara pertama dengan memeras kroto menggunakan kain tipis.

  1. Caranya adalah meletakkan dua sendok kroto dalam kain, lalu diperas sampai keluar airnya. Air perasan kroto itu kemudian disimpan dalam cepuk kecil lalu diberikan kepada burung.
  2. Setelah burung mau mengonsumsi air perasan kroto tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengurangi air perasan tersebut dengan menggunakan satu  sendok kroto saja. Air perasan kembali disimpan dalam cepuk, dan dibagian atasnya ditaburi beberapa butir kroto.
  3. Pada hari berikutnya, burung bisa diberikan kroto saja tanpa perlu diperas dan diletakkan dalam cepuk pakan atau cepuk terpisah.
Baca:   Settingan kolibri ninja agar cepat gacor

Cara kedua adalah ditempel dengan burung kolibri lain yang sudah mau makan kroto.

Cari ini akan memancing ketertarikan burung untuk mau mengonsumsi kroto yang sudah disediakan. Ketika ia melihat burung lain memakan kroto di dalam sangkarnya, maka ia dengan segera mengikuti hal tersebut.

Proses meniru ini dilakukan dengan menempelkan kedua sangkarnya sampai cepuk masing-masing yang berisi kroto berada dalam posisi sejajar / berhadap-hadapan. Hal ini bertujuan agar kolibri bisa melihat burung lain yang dengan nikmatnya menyantap kroto.

Biasanya, dalam waktu beberapa hari didekatkan dengan burung lain yang sudah makan kroto, kolibri akan mulai tertarik dan mau memakan kroto yang sudah Anda siapkan.

Itulah beberapa cara melatih burung kolibri mau makan kroto. Untuk mencegah burung stres serta untuk mendongkrak mental, stamina dan agar burung lebih rajin bunyi bisa diberikan Nektar Kristal Kolibri yaitu pakan tambahan yang berfungsi sebagai multivitamin dan multimineral yang sangat dibutuhkan burung untuk beraktivitas

Baca:   cara merawat lovebird paud dengan milet volume+

Nektar Kristal kolibri diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat mulai dari nektar asli, sari kelapa, madu asli, susu, sari pandan, minyak nabati, sukrosa, dan lain sebagainya. Manfaatnya sangat baik jika rutin dikonsumsi burung kolibri termasuk bisa disajikan tanpa kroto apalagi jika cara-cara di atas masih belum efektif.

Selain itu, pemberian secara rutin dapat menjadikan kolibri makin aktif, rajin bunyi, dan memiliki mental fighter yang lebih baik lagi. Nektar Kristal bisa didapatkan melalui TOKOPEDIA, BUKALAPAK, atau SHOPEE. Bisa juga dipesan melalui kotak chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi

Jalak suren memiliki kemampuan menirukan suara, dan hal ini menjadikannya berkicau dengan lagu-lagu yang penuh variasi. Tapi bagaimana jika burung cenderung bersuara monoton saja? Untuk itu simak cara mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi berikut ini. Mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liarCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiKesalahan dalam perawatan jalak suren […]
Read more
setelan lovebird kurang birahi untuk lomba

Menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba

Melombakan burung lovebird yang sedang tidak berada dalam kondisi birahi yang cukup / kurang birahi, tentu hanya akan menjadikan burung tidak akan tampil seperti biasanya. Dalam beberapa kasus, lovebird akan cenderung gampang stres ketika bertemu lawan main yang sudah mapan dan fighter. Untuk itu, simak tips menyetel lovebird yang kurang birahi untuk lomba berikut ini. […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaKesalahan dalam merawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?