Cara agar burung kolibri mau makan kroto

Meski dikenal sebagai pemakan nektar, namun burung-madu juga sangat suka pada serangga. Ada beberapa jenis serangga yang menjadi makanannya, mulai dari ulat hingga laba-laba. Bagi kicaumania, burung yang kerap disapa sebagai kolibri ini juga mendapatkan kroto sebagai makanan utamanya. Bagaimana perawatan burung kolibri agar mau makan kroto? Simak tips dan caranya berikut ini.

Penggunaan kroto sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Kroto adalah telur semut yang selama ini dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat dibutuhkan untuk membuat burung tetap aktif dan beraktivitas.

Namun tidak semua jenis burung-madu atau kolibri ini mau menyantap kroto yang disuguhkan, karenanya harus dilatih terlebih dahulu. Berikut beberapa cara melatih burung kolibri agar mau makan kroto:

Cara pertama dengan memeras kroto menggunakan kain tipis.

  1. Caranya adalah meletakkan dua sendok kroto dalam kain, lalu diperas sampai keluar airnya. Air perasan kroto itu kemudian disimpan dalam cepuk kecil lalu diberikan kepada burung.
  2. Setelah burung mau mengonsumsi air perasan kroto tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengurangi air perasan tersebut dengan menggunakan satu  sendok kroto saja. Air perasan kembali disimpan dalam cepuk, dan dibagian atasnya ditaburi beberapa butir kroto.
  3. Pada hari berikutnya, burung bisa diberikan kroto saja tanpa perlu diperas dan diletakkan dalam cepuk pakan atau cepuk terpisah.
Baca:   Tips memilih burung bakalan

Cara kedua adalah ditempel dengan burung kolibri lain yang sudah mau makan kroto.

Cari ini akan memancing ketertarikan burung untuk mau mengonsumsi kroto yang sudah disediakan. Ketika ia melihat burung lain memakan kroto di dalam sangkarnya, maka ia dengan segera mengikuti hal tersebut.

Proses meniru ini dilakukan dengan menempelkan kedua sangkarnya sampai cepuk masing-masing yang berisi kroto berada dalam posisi sejajar / berhadap-hadapan. Hal ini bertujuan agar kolibri bisa melihat burung lain yang dengan nikmatnya menyantap kroto.

Biasanya, dalam waktu beberapa hari didekatkan dengan burung lain yang sudah makan kroto, kolibri akan mulai tertarik dan mau memakan kroto yang sudah Anda siapkan.

Baca:   Settingan kolibri ninja agar cepat gacor

Itulah beberapa cara melatih burung kolibri mau makan kroto. Untuk mencegah burung stres serta untuk mendongkrak mental, stamina dan agar burung lebih rajin bunyi bisa diberikan Nektar Kristal Kolibri yaitu pakan tambahan yang berfungsi sebagai multivitamin dan multimineral yang sangat dibutuhkan burung untuk beraktivitas

Nektar Kristal kolibri diolah dengan aneka bahan yang bermanfaat mulai dari nektar asli, sari kelapa, madu asli, susu, sari pandan, minyak nabati, sukrosa, dan lain sebagainya. Manfaatnya sangat baik jika rutin dikonsumsi burung kolibri termasuk bisa disajikan tanpa kroto apalagi jika cara-cara di atas masih belum efektif.

Selain itu, pemberian secara rutin dapat menjadikan kolibri makin aktif, rajin bunyi, dan memiliki mental fighter yang lebih baik lagi. Nektar Kristal bisa didapatkan melalui TOKOPEDIA, BUKALAPAK, atau SHOPEE. Bisa juga dipesan melalui kotak chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

tanaman liar untuk kenari

Tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan tanaman herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun begitu, manfaat tanaman yang banyak tumbuh liar ini tidak hanya bisa dinikmati manusia saja, beberapa jenis burung peliharaan pun seperti kenari dan lovebird, diketahui sangat menyukainya. Berikut tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan. Baca:   Tips […]
Read more

Mudah dan murah berantas nyamuk

Nyamuk cukup mengganggu dan sangat berbahaya sebagai penyebar berbagai penyakit mematikan. Cairan pembunuh serangga di pasaran kurang efisien dan bahkan membawa dampak sampingan yang serius. Berikut ini cara MUDAH dan MURAH yang bisa dicoba. Cocok untuk segala kondisi pemukiman, sekolah, rumah sakit, dll. Sangat KREATIF bila dikenalkan pada para siswa sekolah untuk dicoba di sekolah dan di […]
Read more

Cara alternatif tambah durasi ngekek tanpa umbaran

Meningkatkan durasi ngekek lovebird bisa dilakukan dengan mengolah nafasnya jadi lebih panjang. Biasanya, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Tapi tahukah anda? Masih ada cara alternatif menambah durasi ngekek lovebird tanpa kandang umbaran. Simak ya .. Baca:   tips mengatasi burung yang mabung tidak tuntas
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Pencet di sini untuk memesan NEKTAR KRISTAL KOLIBRI
Powered by