Tips perawatan saat murai batu mabung

Mabung atau molting adalah masa di mana bulu burung akan rontok secara alami. Kondisi ini sudah merupakan siklus alamiah yang terjadi pada keluarga burung dan unggas. Ketika burung sedang mengalami mabung, maka perawatan yang tepat harus segera diterapkan. Berikut perawatan saat murai batu mabung.

Perawatan saat murai batu mabung menjadi satu hal yang sangat penting dilakukan, karena jika perawatannya salah maka bisa membuat burung jadi rusak. Selama mabung, metabolisme tubuh murai batu akan meningkat hampir 40% dari kondisi normal.

Perawatan yang salah saat murai batu mabung dapat menyebabkan proses mabung terganggu sehingga mabung bisa memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, burung murai batu saat mabung akan membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi yang lebih besar dari biasanya.

Baca:   Pakai mika, solusi alternatif cegah lovebird ngeruji

Selain itu, agar proses mabung bisa berlangsung sempurna, sebaiknya hindari mempertemuan murai batu dengan burung sejenis karena bisa menyebabkan birahi dan emosinya akan memuncak, akibatnya proses mabung pun akan terganggu.

Berikut beberapa perawatan saat murai batu mabung yang bisa diterapkan:

Saat bulu halus mulai terlihat rontok dan berserakan di dasar sangkarnya, segera pindahkan burung ke tempat yang sepi dan jauh dari aktivitas manusia maupun hewan peliharaan. Pada saat ini, akan lebih baik jika burung diberikan full kerodong.

Memandikan murai batu cukup seminggu sekali saja, sedangkan penjemuran dilakukan maksimal 20 menit setiap harinya.

Berikan pakan EF dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, karena sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel baru yang berkaitan dengan pertumbuhan bulu-bulunya. Settingan pakan standar yang bisa diberikan selama murai batu mabung adalah:

  • 5 (lima) ekor jangkrik diberikan setiap pagi dan sore hari,
  • 1 (satu) sendok makan kroto dan 3 ekor ulat hongkong diberikan setiap pagi,
  • 2 (dua) ekor cacing tanah diberikan dua hari sekali,
Baca:   Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya

Memberikan tambahan multivitamin Sup Plus Bird setiap dua hari sekali, karena sangat membantu dalam perawatan burung mabung serta menjaga kondisi dan staminanya agar mampu melewati masa mabung dengan lancar dan sempurna.

Semasa mabung, murai batu bisa diberikan pemasteran baik dengan burung masteran maupun suara masteran dari perangkat pemutar mp3, misalnya kaset atau handphone. Gunakan suara burung yang bervariasi dan sesuai dengan karakter vokalnya. Jika rutin dimaster, setelah mabung usai murai batu akan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi.

Demikian tips perawatan murai batu saat mabung.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips memilih kenari bakalan yang prospek

Mudah dirawat dan bersuara merdu menjadikan kenari burung favorit semua kalangan. Harga jualnya pun cukup bersaing, terlebih saat ini sedang naik daun. Di toko burung, kenari bakalan umumnya ditawarkan dalam kandang ombyokan sehingga membutuhkan kejelian dalam pemilihannya. Berikut tips memilih kenari bakalan yang prospek. Baca:   Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya
Read more
melatih mental lovebird paud

Cara melatih mental lovebird paud

Pamor lovebird dalam lomba burung kicauan di Indonesia kini bisa disamaratakan dengan murai batu. Bahkan kelas yang menampung lovebird muda / paud pun selalu penuh oleh peserta yang ingin melihat penampilan burung rawatannya. Sebagai panduan, simak cara melatih mental lovebird paud berikut ini. Baca:   Tips melatih cucak hijau mini makan voer
Read more
lovebird agresif

Cara mengatasi lovebird galak / agresif

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku lovebird jadi agresif atau galak. Sebagian besar dipicu oleh kondisi burung yang terlalu birahi maupun akibat perawatan yang kurang tepat. Untuk panduan perawatan, berikut cara mengatasi lovebird galak/agresif. Baca:   Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelur
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by