Tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi

Perawatan cendet trotolan atau paud harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar setelah dewasa bisa rajin bunyi dan memiliki mental yang baik. Selain itu, yang terpenting adalah burung tidak gampang miyik atau manja. Untuk itu, simak tips perawatan cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi berikut ini.

Pada dasarnya, perawatan burung cendet yang masih berumur paud atau trotolan tidak terlalu jauh berbeda dengan rawatan cendet yang masih bakalan. Pada tahap ini, keduanya masih memerlukan perawatan yang lebih intensif agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Pemilihan dan pemberian pakan menjadi faktor utama yang bisa mendukung keberhasilan dalam perawatan cendet trotolan. Terlebih lagi, burung yang masih trotolan akan membutuhkan asupan pakan dengan kandungan protein yanglebih tinggi untuk membantu perkembangannya.

Asupan pakan tinggi protein tersebut bisa diperoleh melalui pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) yang berasal dari hewani seperti jangkrik, ulat hongkong, katak, ikan, belalang, dan sebagainya. Jika kebutuhan pakannya selalu terpenuhi setiap hari, maka cendet tidak akan mudah berperilaku miyik yang bisa mengganggu proses perawatannya.

Jika cendet yang masih trotolan itu kurang terpenuhi kebutuhan protein hewaninya, maka akan memicu perilaku miyik yang ditunjukkan dengan caranya sendiri, yaitu menggetarkan kedua sayap sambil merengek meminta perhatian.

Baca:   Inilah ciri-ciri cendet siap lomba

Sedangkan pada cendet bakalan atau muda hutan yang tidak mendapatkan asupan protein hewani yang cukup dapat memicu stres yang menyebabkan burung rentan bertingkah seperti sering salto, mencabuti bulunya sendiri, serta sulit dibuat jinak.

Selain pakan ekstra, cendet trotolan akan membutuhkan asupan pakan tambahan lain seperti multivitamin Sup Plus Bird, khususnya untuk menjaga stamina dan daya tahannya sepanang hari. Multivitamin ini bisa diberikan setiap dua hari sekali.

Bukan hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin burung peliharaan saja, Sup Plus Bird juga memiliki beragam manfaat yang baik, di antaranya adalah:

  • Mencegah cendet salto dan miyik,
  • Meningkatkan stamina,
  • Mencerdaskan untuk tujuan pemasteran,
  • Menjadikan burung rajin bunyi,
  • Mendongkrak mental dan sifat fighternya,
  • Memaksimalkan volume suara kicauannya.

Untuk settingan rawatan harian cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pagi diembunkan
  2. Setelah matahari terbit burung dibiarkan mandi sendiri di dalam cepuk mandi yang dimasukkan ke dalam sangkarnya
  3. Selesai mandi, diangin-anginkan lalu diberikan pakan ekstra seperti 3 – 5 ekor jangkrik atau belalang dan 2 – 3 ekor ulat hongkong atau ulat jerman kemudian dijemur di bawah sinar matahari.
  4. Setelah dijemur, cendet kembali digantang di tempat teduh dan sedikit berangin.
  5. Pemberian voer pastikan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan berkualiltas baik.
  6. Bersihkan selalu sangkarnya dari kotoran karena bisa menjadi sarang bagi parasit seperti kutu, tungau, jamur, dan bakteri.
  7. Berikan air minum yang sudah diberi tetesan mulvitamin Sup Plus Bird.
  8. Lakukan pemasteran secara rutin dengan suara-suara yang diinginkan.
  9. Pada sore harinya, cendet kembali diberikan 3 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong / jerman.
  10. Biarkan burung beristirahat sampai esok hari, dan jika dibutuhkan bisa diberikan terapi mandi malam setiap seminggu sekali.
Baca:   Ciri-ciri cendet anakan/trotolan jantan

Dengan melakukan perawatan tersebut secara rutin, maka setelah dewasa cendet akan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi dan mental yang lebih baik sehingga burung tidak mudah ngedrop / stres serta tidak gampang miyik.

Itulah tips singkat bagaimana merawat cendet trotolan / paud sampai rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara membedakan lovebird jantan betina

Cara membedakan jenis kelamin lovebird

Membedakan jenis kelamin lovebird bagi sebagian orang dianggap sangat menyulitkan,apalagi penampilan burung jantan dan betina terlihat sangat mirip. Namun bagi peternak yang sudah berpengalaman, ciri-ciri lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari perilaku dan kondisi fisiknya. Berikut cara membedakan jenis kelamin lovebird.  Baca:   Cara cepat dan tepat memaster burung cendet
Read more
Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi

Over birahi adalah sebuah kondisi ketika burung mengalami birahi yang terus meningkat yang disebabkan oleh pola rawatan maupun pemberian pakan yang kurang tepat. Jika kondisi ini menimpa burung peliharaan atau lomba, maka yang terjadi adalah penurunan kualitas dan penampilannya. Berikut tiga cara jitu mengatasi lovebird over birahi. Baca:   Cara latih cendet agar nagen di […]
Read more
lovebird lomba malam

Tips dan trik lovebird gantangan malam

Kesalahan paling umum yang kerap dilakukan lovebird mania saat akan melombakan gaconya di malam hari adalah penerapan settingan yang tidak tepat. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memberikan settingan lomba pagi atau siang untuk lomba malam, alhasil burung jadi tampil tidak maksimal. Sebagai panduan, berikut tips dan trik lovebird gantangan malam. Baca:   Cara memberikan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by