murai batu susah mabung

Tips mengatasi murai batu yang susah mabung

Sering dijumpai burung murai batu yang bulunya sudah kering dan kondisi bulu ekornya berantakan, nyerit, pecah-pecah, atau sebagian ujungnya sudah tinggal batangnya saja seperti lidi. Hal ini umumnya disebabkan oleh burung yang belum juga turun bulu atau mabung, sehingga bulunya jadi tidak enak dilihat. Untuk mengatasinya, simak tips mengatasi murai batu susah mabung berikut ini.

Langkah pertama untuk mengatasi murai batu yang susah mabung adalah segera memindahkan burung ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari keberadaan burung peliharaan lain yang sudah gacor, terutama yang sejenis. Hal ini agar murai batu merasa lebih tenang dan nyaman serta tidak terprovokasi untuk berkicau.

Dengan kondisi lingkungan yang tenang itulah, murai batu akan merasa lebih nyaman sehingga bisa terhindar dari stres maupun gangguan lainnya. Dengan demikian, metabolismenya akan jadi lancar, dan burung akan jadi lebih mudah memasuki masa pergantian bulunya.

Tahap selanjutnya adalah mengubah pengaturan EF (ekstra fooding) atau pakan tambahannya. Jika sebelumnya mendapatkan jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi dan sore hari, maka pada terapi kali ini pemberian jangkrik diturunkan jadi 2 – 3 ekor jangkrik saja.

Baca:   Tips melatih mental murai batu bakalan muda hutan (MH)

Kroto dikurangi secara bertahap setiap minggunya. Minggu pertama terapi kroto diberikan cukup 2 kali saja, di minggu berikutnya kroto diberikan 1 kali, lalu minggu-minggu selanjutnya kroto dihentikan pemberiannya. Mengurangi kroto hanya bersifat sementara yaitu agar bulu yang sudah rusak dan kering itu cepat rontok / turun bulu.

Sebagai alternatif, setap pagi dan sore hari diberikan 5 – 7 ekor ulat hongkong yang berguna untuk mempercepat proses rontok bulu. Setelah mulai terlihat ada bulu yang rontok, pemberian ulat hongkong bisa dihentikan.

Untuk mendukung terapi dan perawatannya, murai batu diberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird yang selain membantu menjaga kondisi, stamina, dan daya tahannya juga mencegah murai batu stres akibat pengaturan pakan yang memang sengaja dibuat agar burung cepat ngedrop. Pemberian Sup Plus Bird sangat mendukung dalam proses peluruhan bulu hingga tumbuhnya bulu baru.

Baca:   Tips mencegah dan mengatasi murai batu kejang-kejang

Metode terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi murai batu yang susah mabung adalah membawa burung ke arena lomba. Terapi ini mungkin dianggap cukup kontroversial, namun tujuan membawa burung ke lapangan tentu bukan untuk mendapatan gelar juara melainkan agar burung lebih cepat rontok bulu-bulu yang sudah kering dan rusak tersebut.

Ketiga metode di atas bisa dikombinasikan sesuai kebutuhan. Jika diterapkan secara teratur, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan mulai terlihat bulu-bulu yang rontok di dasar sangkarnya sehingga langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah memberikan perawatan mabung sebagaimana dijelaskan dalam artikel berikut ini:

Perawatan murai batu yang sedang mabungĀ 

Oke, Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara mengatasi suara serak pada murai batu

Daya tarik murai batu adalah suaranya yang lantang dan penuh variasi. Tak heran kalau jenis burung yang berkarakter petarung ini menjadi favorit banyak kicaumania di berbagai daerah. Saat murai batu alami serak, suaranya tentu tidak akan enak didengar. Penampilannya pun jadi kurang maksimal saat dilombakan. Nah, untuk penanganannya simak cara mengatasi suara serak pada murai […]
Read more
Settingan ngunci lovebird paud untulan

Settingan ngunci lovebird paud untulan

74 / 100 Ada banyak cara menyetting lovebird paud agar mampu tampil maksimal di lapangan, salah satunya adalah dengan sistem untulan. Namun sering terjadi lovebird bermain tidak stabil saat digantang, bahkan terkesan mengabaikan untulannya. Untuk itu, dibutuhkan settingan yang tepat untuk mengunci lovebird paud dengan untulannya agar bisa bekerja maksimal saat dilombakan. Cara memilih lovebird […]
Read more

Tips merawat pleci tetap sehat dan gacor di musim hujan

9 / 100   Menghadapi musim penghujan, burung ocehan yang hidup di alam liar dengan instingnya dapat beradaptasi terhadap kondisi di musim hujan. Namun hal yang berbeda akan dijumpai pada burung peliharaan, termasuk pleci. Perawatannya di musim hujan tentu sangat tergantung pada bagaimana si pemilik memperlakukannya. Cara agar pleci cepat bongkar isianRacikan rahasia pleci cepat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?