latih mental murai batu bakalan mh

Tips melatih mental murai batu bakalan muda hutan (MH)

Melatih mental murai batu bakalan MH (muda hutan) bisa dilakukan untuk mengembalikan sifat alaminya sebagai burung teritorial dan fighter. Dengan demikian, burung tersebut akan menjadi lebih rajin bunyi dan cepat gacornya.

Ada berbagai macam cara kicaumania melatih burung murai batu yang masih bakalan muda hutan. Meskipun begitu, perawatannya harus dilakukan dengan penuh perhatian dan kesungguhan karena perawatan burung bakalan diketahui gampang-gampang susah.

Setelah mental burung bakalan itu telah kembali terbentuk, maka ia akan mudah sekali dirawat bahkan sampai pada tahap gacor dan siap lomba. Oleh karena itulah, melatih mental murai batu muda hutan bakalan sangat diperlukan jika ingin memiliki burung yang siap gacor dan siap lomba.

Berikut beberapa cara melatih mental murai batu MH (muda hutan) bakalan

Dahulukan full EF (ekstra fooding) 

Meski murai batu bakalan bisa dilatih untuk mengenali pakan voernya, namun akan lebih baik jika selama 1-2 minggu setelah membelinya, burung hanya diberikan pakan khususnya saja yaitu full ef atau ekstra fooding. Hal ini bertujuan agar murai batu tidak mudah stres, sekaligus sebagai proses membangkitkan kembali mental dan sifat teritorialnya.

Pemberian pakan full ef harus selalu ditingkatkan setiap harinya atau sampai kondisi burung telah benar-benar fit, terutama telah beradaptasi dengan sangkar dan lingkungannya. Pakan full ef yang diberikan antara lain: Satu cepuk kroto setiap pagi dan sore hari, beberapa ekor belalang atau jangkrik, ikan kecil, ulat jerman, cacing tanah, dan sebagainya. Pemberian pakan yang bervariasi ini pun membantu memulihkan kondisinya yang sempat ngedrop saat masih berada di tangan penjual.

Setelah kondisinya mulai pulih, dan burung terlihat lebih aktif, lincah, dan mulai mau bunyi maka tahap selanjutnya adalah melatihnya makan voer untuk kemudahan perawatannya. Cara melatih burung bakalan makan voer bisa dilihat kembali di sini >>> Tips melatih burung bakalan mau makan voer <<<

Melatih teritorial

Murai batu merupakan jenis burung yang mempunyai sifat dan karakter teritorial. Ini artinya, murai batu akan menguasai wilayah tertentu sebagai daerah kekuasaan, terutama untuk mendapatkan pasangan dan makanan. Ketika ada murai batu pejantan lain yang memasuki wilayahnya, maka ia tak segan-segan akan mengusirnya dengan berbagai cara mulai dari mengeluarkan gaya bertarung hingga berkicau dengan suara keras dan bervariasi.

Baca:   Perawatan lovebird agar rajin berkicau

Ketika burung dipelihara dalam sangkar, maka sifat teritorialnya itu akan menurun dan menyebabkan burung kehilangan mental dan daya tarung/ sifat fighternya. Itu sebabnya, setelah mendapatkan burung murai batu muda hutan bakalan, maka langkah yang harus dilakukan dalam perawatannya adalah memunculkan kembali sifat teritorialnya, yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menggantungkan sangkarnya di satu lokasi dengan tidak ada burung teritorial lain di sekitarnya, seperti murai batu, srigunting, atau kacer. Tempatkan burung satu lokasi dengan burung peliharaan lain seperti pleci, kenari, dsb jika ada.
  • Mengembunkan murai batu setiap pagi di lokasi tersebut, demikian pula perawatan lain seperti mandi dan jemurnya.
  • Lakukan perubahan posisi gantungan di lokasi yang sama dengan jarak 1 s/d 2 meter dari posisi gantangan awal.

Latihan menumbuhkan sifat teritorial dilakukan selama 2 hingga 3 minggu, dan setelah itu bisa diamati apakah burung sudah mempunyai mental yang bagus dengan mendekatkan sangkar lain yang berisi kacer atau burung sejenis. Jika burung menunjukkan perilaku gelisah, disertai gaya membusungkan dada maka itu artinya mentalnya sudah terbentuk meski belum cukup siap untuk bertanding.

Mengasah Mental 

Setelah mental terbentuk melalui pelatihan teritorial tersebut, tahap berikutnya adalah mulai mengasah mentalnya agar burung lebih siap untuk tahap perawatan dan settingan untuk gacornya.

Mengasah mental bisa dilakukan dengan melatih burung dengan 1 – 2 ekor burung sejenis dalam sebuah latihan bersama / latberan. Jika Anda memelihara lebih dari dua ekor murai batu di rumah bisa dicoba dengan membuat simulasi lomba untuk burung-burung tersebut. Lakukan latihan ini setiap 2 minggu sekali, lalu dinaikkan frekuensinya menjadi seminggu sekali setelah burung mulai terlihat lebih gacor dan memiliki daya tempur yang baik.

Bawa burung ke arena lomba burung yang sesungguhnya, meskipun tidak diikutsertakan dalam kelas lomba namun membawanya ke lapangan sangat bermanfaat untuk melatih mental sekaligus sebagai proses adaptasi agar burung terbiasa dengan suasana dan lingkungan lomba.

Baca:   Tips agar burung cililin selalu gacor untuk masteran

Terapi menggunakan suara alam bisa membantu mengasah mental murai batu, caranya adalah mengerodong sangkarnya lalu disimpan di dalam kamar atau ruangan sambil diputarkan audio terapi suara alam yang disertai suara gemericik air mengalir dan suara-suara burung di hutan. Untuk audio tersebut, bisa diunduh melalui Youtube.

Memperhatikan asupan pakan dan vitamin 

Mental yang baik harus didukung oleh asupan pakan dan vitamin yang tepat. Tanpa memperhatikan kebutuhannya, maka burung akan cenderung mudah ngedrop. Asupan pakan untuk burung murai batu ditentukan dengan melihat kebiasaan atau karakternya, misalnya jika murai batu langsung rajin bunyi setelah diberikan ef berupa kroto secepuk dan jangkrik sebanyak 5 ekor pagi dan sore hari,  maka settingan pakan itulah yang harus diterapkan setiap harinya. Hindari memberikan pakan serangga secara berlebihan karena akan membuat burung rentan alami over birahi atau OB.

Selain memenuhi kebutuhan pakan utama dan tambahannya (ef), melengkapi vitamin dengan Suplemen tambahan sangat dibutuhkan untuk membantu mendongkrak mental dan performanya. Suplemen vitamin Sup Plus Bird menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat direkomendasikan karena memiliki beragam manfaat yang baik jika rutin dikonsumsi burung peliharaan.

Selain membantu menjaga daya tahan dan staminanya, Sup Plus Bird mampu mendongkrak mental dan menjaga kestabilan birahinya, dengan demikan burung akan menjadi lebih ngotot dan gacor dengan volume suara yang lebih lantang.

Sup Plus Bird bisa diperoleh melalui Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau dipesan langsung melalui chat whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

cara memaster lovebird

Settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa untuk lomba

Tidak mudah mengkondisikan lovebird agar selalu siap lomba, apalagi si pemilik harus faham betul bagaimana cara mengatur birahi momongannya agar tetap stabil. Penampilan lovebird memang akan lebih maksimal jika didukung dengan birahi yang stabil, begitu pun sebaliknya. Tips jebol birahi lovebird jantan supaya cepat konsletCara setting lovebird betina untuk lombaCara seting lovebird jantan untuk lombaTips […]
Read more

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel. Cara merawat burung cucak jenggot yang […]
Read more

Tips membuat ciblek mau makan voer

Memelihara Burung kecil seperti Ciblek atau Perenjak kini menjadi trend baru di dunia perburungan, hampir semua kicaumania memelihara burung tersebut . Bagaimana jika kita mendapatkan burung – burung tersebut dalam keadaan belum makan voer ? . ok! kita bahas tuntas disini :  Hal yang perlu anda ketahui mengenai burung Ciblek/Perenjak adalah :  Burung Ciblek dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?