tips murai batu botak

Terapi mengatasi kebotakan pada burung murai batu

Kebotakan pada burung murai batu tidak hanya disebabkan oleh burung yang gemar mencabuti bulu-bulunya saja, tetapi bisa juga dipicu oleh faktor lain, misalnya karena infeksi jamur yang sudah berlangsung lama. Untuk mengatasinya tentu tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan biasa, tetapi dibutuhkan terapi untuk mengatasi kebotakan tersebut.

Suara murai batu yang lantang dan bervariasi mampu mengundang kekaguman orang yang melihat dan mendengarnya. Saking terpukaunya, tak sedikit kicaumania luput mengamati bagian tubuh yang lain. Tahu-tahu setelah diamati, ada yang aneh dengan tubuhnya di mana sebagian tubuhnya tidak ditumbuhi bulu alias botak.

Jika kondisi ini langsung diketahui pemiliknya, biasanya permukaan kulit perutnya masih terlihat agak basah / lembab sehingga bisa langsung diatasi permasalahannya. Namun jika tidak disadari dalam waktu yang cukup lama, maka permukaan kulit akan cenderung kering dan bersisik karena pertumbuhan jamur yang sudah tebal sehingga menutupi lubang por-pori bulunya.

Baca:   Tips dan settingan lovebird balibu ombyokan

Karena lapisan kulit tertutup oleh jamur itulah, maka bulu baru tidak akan bisa tumbuh sempurna. Dalam banyak kasus, bulu tidak bisa tumbuh sama sekali sehingga menjadikan penampilan burung murai batu jadi tidak enak dipandang.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah terapi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang aman untuk burung salah satunya terapi menggunakan campuran daun sirih dan kunyit.

Terapi untuk atasi kebotakan pada burung murai batu 

Langkah awal sebelum melakukan terapi menggunakan campuran daun sirih dan kunyit adalah membersihkan bagian tubuh murai batu yang botak dengan shampo khusus atau cairan desinfektan yang aman untuk burung. Setelah itu, baru dilakukan terapi dengan cara:

  • Potongan kunyit dikupas kulitnya lalu diparut.
  • 2 – 3 lembar daun sirih ditumbuk lalu dicampurkan dengan parutan kunyit tadi.
  • Semua bahan diaduk hingga bercampur merata dengan tangan atau sendok.
  • Gunakan ramuan ini untuk dioleskan ke bagian tubuh murai batu yang alami kebotakan tadi.
  • Selama 2 hari, burung sebaiknya tidak dimandikan dahulu agar ramuan bisa bekerja maksimal.
  • Setelah itu, burung dimandikan hingga bersih.
  • Selama masa terapi pemulihannya itu, murai batu sebaiknya mendapatkan suplemen vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird karena dapat membantu mencegah burung stres, sekaligus menjaga kondisi dan staminanya setiap hari. Selain itu, Sup Plus Bird juga bisa menjadikan murai batu tetap rajin bunyi dengan volume suara yang optimal.
Baca:   Tips perawatan saat murai batu mabung

Demikian tips mengatasi kebotakan pada burung murai batu.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan trik atasi kenari yang cuma ngeriwik saja

Kenari muda cenderung bersuara ngeriwik karena masih dalam proses belajar berkicau. Tapi bagaimana jika hal ini kerap dilakukan oleh burung yang sudah dewasa? Tentu harus dicari tahu apa sebabnya, setelah itu baru dilakukan perawatan yang tepat agar kenari bisa berkicau dengan suara yang lepas / ngeplong. Tips merawat kenari yang mabungMengatasi kenari yang ngeriwik saja […]
Read more

Penyebab lovebird balibu hanya ngeriwik saja

Pada dasarnya, ngeriwik adalah cara burung muda belajar menirukan suara induknya atau burung dewasa untuk mengasah kemampuannya berkicau. Tapi bagaimana jika burung cenderung lebih sering ngeriwk daripada berkicau? Hal ini sering dijumpai pada burung lovebird yang masih balibu. Untuk itu, simak solusinya berikut ini. Rahasia lovebird paud agar rajin ngekek di gantanganSettingan lovebird paruh putihIni […]
Read more
cucak hijau kemasukan suara jelek (1)

Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkan

Cucak hijau memiliki kemampuan mimikri yang baik. Ia dapat menirukan beragam suara burung yang didengarnya dengan cepat, termasuk pula suara wiwik atau kedasih. Namun masalahnya, tidak semua orang suka cucak hijau mereka kemasukan suara yang tidak diinginkan tersebut.¬† Tips mengatasi cucak hijau macet kembali gacorTips rawatan cucak ijo di musim hujanCara mengatasi cucak hijau yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?