cendet agar gacor dan bermental tempur

Solusi cendet macet bunyi setelah dewasa

Perawatan burung cendet yang masih paud harus disertai dengan pemasteran yang rutin, agar kelak setelah dewasa cendet bisa berkicau dengan suara isian yang bervariasi. Namun tak jarang, setelah berganti bulu dewasa cendet bukannya rajin bunyi tetapi justru malah semakin jarang bunyi alias macet. Mengapa begitu?

Saat masih berumur trotolan atau paud, cendet mempunyai kemampuan untuk merekam suara kicauan yang didengarnya dengan sangat baik. Kemampuan itu dibutuhkannya terutama setelah burung berumur dewasa, karena bisa berguna sebagai modal dalam mencari pasangan dan menjaga wilayah berbiaknya.

Bagi kicaumania, suara cendet bisa lebih bervariasi lagi dengan melakukan pemasteran sejak dini. Pemasteran yang dilakukan umumnya menggunakan audio maupun burung masteran yang bervariasi dengan harapan kelak setelah dewasa cendet memiliki playlist kicauan yang dapat menjadikannya cepat gacor.

Tapi tak jarang, setelah berganti bulu dewasa cendet justru mengalami penurunan performa. Suara kicauannya pun tak lagi rajin, bahkan burung cenderung berhenti berbunyi / macet bunyi. Alhasil, kondisi tersebut akan membuat resah pemiliknya lantaran penampilan burung rawatannya yang tidak sesuai harapan.

Baca:   Cegah lovebird diare dengan cara ini

Cendet paud yang setelah dewasa malah macet bunyi bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena burung stres atau kurang kondisi. Solusinya? Segera lakukan beberapa perawatan berikut ini:

  1. Cendet rutin diembunkan setiap pagi, setelah matahari terbit segera berikan 2 – 3 ekor jangkrik.
  2. Setelah itu, cendet dimandikan sesuai kebiasaan ( semprot atau karamba).
  3. Selesai dimandikan, cendet diangin-anginkan di tempat teduh.
  4. Saat sedang diangin-anginkan itulah, cendet diberi pakan voer halus yang bagus kualitas dan kandungannya, misalnya voer kristal ciblek yang diracik menggunakan aneka bahan yang bermanfaat bagi burung kicauan.
  5. Campurkan 1 sendok teh kroto ke dalam voer halus tersebut, lalu aduk hingga merata.
  6. Tambahkan juga Sup Plus Bird ke dalam air minumnya karena sangat berguna untuk menjaga kondisi, stamina, dan daya tahannya sehingga cendet tetap aktif dan terpancing untuk lebih rajin bunyi.
  7. Selesai diangin-anginkan, cendet dijemur selama 2 jam, tapi sebelumnya air minum yang sudah dicampur vitamin Sup Plus Bird dicabut, lalu diganti dengan cepuk lain yang berisi air putih biasa. Hal ini untuk mencegah larutan vitamin cepat rusak karena terpapar sinar matahari.
  8. Setelah penjemuran selesai, cendet disimpan di tempat teduh, lalu diberikan pakan ekstra (EF) yang terdiri dari 4 ekor jangkrik, dan 5 ekor ulat hongkong. Masukkan kembali larutan vitamin Sup Plus Bird ke tempat semula.
  9. Setiap seminggu sekali, cendet diuntul dengan burung kecil lain untuk mengasah mental dan sekaligus memulihkan  stressnya agar burung bisa kembali rajin bunyi.
  10. Jika dibutuhkan, cendet diberikan terapi mandi malam pada malam hari sebelum diuntul.
Baca:   Tips membangkitkan mental tempur lovebird paud

Demikian solusi cendet paud yang macet bunyi setelah dewasa.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara agar burung kolibri mau makan kroto

Meski dikenal sebagai pemakan nektar, namun burung-madu juga sangat suka pada serangga. Ada beberapa jenis serangga yang menjadi makanannya, mulai dari ulat hingga laba-laba. Bagi kicaumania, burung yang kerap disapa sebagai kolibri ini juga mendapatkan kroto sebagai makanan utamanya. Bagaimana perawatan burung kolibri agar mau makan kroto? Simak tips dan caranya berikut ini. More from […]
Read more
masalah kaki kenari

Cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari

Cara kenari bertengge bisa menjadi indikasi bahwa burung sedang sakit atau sehat. Gejala paling umum adalah kenari yang selalu mengangkat sebelah kakinya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa dipastikan ada masalah dengan kakinya tersebut. Berikut cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari.  More from my sitePenyebab dan cara mengatasi kenari bersuara […]
Read more

Tips membedakan Muray batu jantan dan betina

Berikut adalah bagaimana membedakan burung muray batu jantan dengan betina secara umum. Bakalan Jantan : Memiliki ukuran tubuh yang besar Kepala cenderung lebih besar dan Lebar. Ekor lebih panjang dan lebar. Kaki jari-jarinya panjang Paruh panjang, kokoh dan agak tebal. Bulu hitamnya lebih berkilau, terutama di bagian atas kepala seperti semburat kebiruan kalau terkena cahaya, […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?