Settingan murai batu sebelum dan sesudah lomba

Pada dasarnya, perawatan lomba untuk burung murai batu tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan hariannya. Hanya saja untuk kepentingan lomba, yang dipersiapkan adalah agar burung memiliki tingkat birahi yang stabil dan stamina yang cukup baik.

Adapun kunci keberhasilan dalam perawatan burung murai sebelum dilombakan adalah si pemilik yang mampu mengenali karakter dasar dari momongannya, sehingga ia bisa mengetahu apa-apa saja yang dibutuhkan.

Dengan demikian, murai batu akan lebih memiliki kesiapan mental yang baik sehingga dapat menunjukkan penampilan / performa sesuai yang diharapkan. Berikut settingan sebelum dan sesudah lomba burung murai batu

Settingan sebelum lomba / pra lomba

Settingan rawatan sebelum lomba bisa dimulai sejak tiga hari sebelum burung murai batu akan dilombakan, yaitu:

  • Tiga hari sebelum lomba atau H-3, pemberian EF jangkrik mulai ditingkatkan dari yang biasa diberikan, misalnya jangkrik menjadi 5 ekor pada pagi dan 4 ekor pada sore hari.
  • H-3, pengembunan, mandi, dan penjemuran dilakukan seperti biasa (tidak ada perubahan).
  • Dua hari menjelang lomba atau H-2 penjemuran dilakukan cukup 30 menit saja.
  • Malam hari sebelum lomba atau H-1 malam, murai batu mendapatkan terapi mandi malam.
Baca:   Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benar

Persiapan di hari-H 

  • 1 jam sebelum murai batu digantang, mandikan seperlunya lalu berikan jangkrik 3-5 ekor, dan ulat hongkong sebanyak 6-10 ekor. Hal ini tentu merupakan settingan umum, sehingga bisa disesuaikan dengan kebiasaan.
  • Sebelum naik gantangan, bersihkan dahulu sangkarnya dari kotoran dan sias pakan yang berserakan di dasar sangkar. Setelah itu, cabut cepuk pakan dan minumnya.
  • Jika ada sesi kedua, tambahkan dua ekor jangkrik lagi.
  • Untuk mendukung penampilannya di lapangan, berikan vitamin Sup Plus Bird yang berfungsi meningkatkan stamina serta mengoptimalkan volume dan power suara burung.

Settingan setelah lomba / Paska Lomba

Settingan setelah lomba diterapkan satu hari setelah burung bertanding, misalnya jika lomba burung berlangsung di hari Minggu maka settingan ini dilakukan pada esok harinya yaitu hari Senin.

Baca:   Tips & settingan kacer cepat gacor dan ngobra

Settingan paska lomba wajib dilakukan khususnya untuk memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi burung murai batu.

  • Pemberian pakan tambahan atau EF mulai dikembalikan ke settingan awal atau rawatan harian biasanya.
  • Berikan Sup Plus Bird untuk menjaga mental, stamina, dan mencegah burung stres / ngedrop setelah lomba.
  • Selama tiga hari ke depan (H+3) durasi penjemuran cukup dilakukan selama 30 menit saja.

Untuk menjaga kualitas mental, emosi, dan birahinya maka sangat direkomendasikan sejak enam hari sebelum lomba atau H-6, burung murai baru dipisahkan dari keberadaaan burung sejenis baik melihat maupun mendengar suaranya.

Pemberian Sup Plus Bird perlu dilakukan mengingat kebutuhan burung peliharaan akan multivitamin dan mineral sangat terbatas jika mengandalkan asupan voer dan pakan tambahannya. Sup Plus Bird bisa diberikan secara rutin dengan cara dicampurkan ke dalam air minum atau pakan tambahannya (EF).

Demikian settingan sebelum dan setelah lomba burung murai batu.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara memaster lovebird

Cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerja

Read more

Ini ciri-ciri kenari yorkshire yang asli

Kenari yorkshire atau YS termasuk jenis kenari impor yang aslinya berasal dari negara Inggris. Selain karena penampilannya yang cantik, tipe kenari ini memiliki aura tersendiri sehingga sangat digemari oleh semua kalangan. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa ciri-ciri kenari yorkshire yang asli. Baca:   Penyebab dan cara mengatasi burung murai batu yang bersuara ngeban
Read more

Perawatan lovebird agar rajin berkicau

Lovebird digemari karena warnanya yang menarik dan suaranya yang cenderung tajam dan rapat. lovebird inipun bisa bermacam-macam jenisnya, selain dipelihara untuk di dengarkan suaranya atau untuk dilombakan banyak juga yang memelihara lovebird ini untuk tujuan penangkaran dan bahkan sudah banyak jenis jenis baru yang merupakan mutasi genetik hasil persilangan antara jenis lovebird yang satu dengan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by