Kesalahan dalam merawat kenari yorkshire

Tidak sedikit kicau mania yang terlalu berlebihan dalam merawat kenari berukuran besar seperti yorkshire. Akibat perawatan yang salah tersebut performa burung akan semakin menurun. Untuk panduan, simak beberapa kesalahan dalam perawatan kenari yorkshire untuk pemula berikut ini.

Perawatan yang berlebihan umumnya dilakukan untuk tujuan agar kenari yorkshire miliknya bisa lebih rajin berbunyi atau makin gacor. Sayangnya, kesalahan perawatan tersebut justru akan menjadikan kenari makin menurun performanya bahkan birahinya pun akan cenderung tidak stabil.
Berikut beberapa kesalahan perawatan yang umum dilakukan para kenari mania, terutama dalam perawatan kenari impor jenis yorkshire:
1. Salah pengaturan pakan 
Kenari yorkshire mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari jenis kenari lokal, sehingga membutuhkan asupan pakan yang tinggi kandungan protein, karbohidrat, dan vitaminnya. Jika burung kerap diberikan pakan kiloan atau yang tidak sesuai, maka dalam waktu singkat staminanya akan terus menurun. Akibatnya bisa ditebak, kenari yorkshire akan rentan stres, macet bunyi, dan birahinya pun cenderung tidak stabil sehingga burung jadi sulit untuk diternak maupun dilombakan.
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tersebut, maka kenari yorkshire akan sangat membutuhkan asupan pakan yang lebih terjamin kandungan, kualitas, dan kebersihannya. Salah satu pakan yang bisa jadi rekomendasi adalah Canary Seed Herbal, yaitu pakan racikan berkualitas dari Universitas Burung.
Canary Seed Herbal memiliki kandungan dan manfaat yang baik jika rutin dikonsumsi burung, salah satunya adalah menjadikan burung semakin rajin bunyi dan gacor. Manfaat lain adalah untuk meningkatkan stamina dan meningkatkan kemampuan otaknya dalam menirukan suara burung lain (pemasteran).
2. Terlalu lama dijemur 
Pada dasarnya, kenari yorkshire yang baru dibeli masih sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Jika jenis kenari ini terlalu sering dijemur dalam waktu yang lama maka kondisinya akan cepat menurun, dan burung pun akan mudah terserang penyakit. Perubahan suhu dari panas ke dingin dalam waktu singkat juga bisa mempercepat penurunan kondisi kesehatannya.
Penjemuran sebaiknya dilakukan sebelum pukul 07:30 pagi dan dilakukan selama 30 menit s/d 1 jam, atau disesuaikan kemampuan burung. Kalaupun pada pagi hari tidak ada panas matahari atau terhalang mendung, maka penjemuran tidak usah dilakukan di siang harinya / tidak dipaksakan untuk dijemur karena berpotensi menyebabkan burung mudah sakit.
3. Sering diberikan kuning telur 
Sering diberikan telur rebus terutama bagian kuningnya saja umum diberikan agar kenari yorkshire cepat birahi. Hal ini ditujukan untuk diternak atau agar burung lebih rajin bunyi. Tapi, pemberian kuning telur setiap hari juga sangat kurang tepat. Selain bisa menjadikan burung mudah alami obesitas / kegemukan, kenari yorkshire akan mengurangi mengkonsumsi pakan biji-bijiannya karena adanya telur rebus tersebut.
Jika kenari mengalami kegemukan atau obesitas, maka penampilannya akan mengalami penurunan. Burung jadi malas beraktivitas, termasuk jadi jarang bunyi.
4. Memberikan EF berlebihan  
Umumnya setelah mendengar kenari yorkshire miliknya mulai rajin bunyi, si pemilik menginginkan burungnya lebih gacor lagi sehingga pemberian pakan ekstra pun mulai dilakukan secara berlebihan. Alhasil, burung tidak tambah gacor tetapi malah makin rusak, atau bahkan memicu mabung sebelum waktunya.
Ketika kenari yorkshire sudah mulai birahi dan rajin bunyi, sebaiknya pakan ekstra foodingnya dikurangi dengan memperhatikan setelan yang tepat. Kebutuhan harian burung selama ini sudah terpenuhi melalui pakan utama, khususnya jika kenari rutin diberikan pakan Canary Seed Herbal.
5. Tidak memperhatikan kebutuhan vitamin 
Kebiasaan salah kicaumania selama ini adalah tidak memperhatikan kebutuhan vitamin burung rawatannya dengan baik. Banyak yang menganggap kebutuhan vitamin sudah terpenuhi melalui asupan pakan utama dan tambahannya. Padahal sudah banyak penelitian para ahli yang menyebut kalau sebagian besar burung peliharaan kekurangan vitamin.
Untuk kenari yorkshire, maka kebutuhan vitamin harus selalu diperhatikan, terutama jika ingin burung selalu sehat, aktif, lincah, dan rajin bunyi. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan menambahkan suplemen multivitamin seperti Sup Plus Bird setiap dua hari sekali.
Sup Plus Bird bermanfaat baik untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung, selain itu juga dapat merangsang kenari agar rajin bunyi serta mendongkrak mental dan staminanya. Selain itu, jika rutin dikonsumsi, kenari yorkshire akan makin gacor dengan suara kicauan yang lebih keras.
Itulah beberapa kesalahan kicaumania dalam merawat kenari yorkshire.
Semoga bermanfaat

 

Baca:   Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinya

Related Articles

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Baca:   Settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa untuk […]
Read more
rawatan lovebird musim panas

Tips rawatan lovebird di musim kemarau

Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. Kondisi cuaca dan suhu yang sangat terik itu tentu akan menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi para penghobi burung, khususnya lovebird. Berikut tips rawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit. Baca:   Hindari!! Kebiasaan salah dalam merawat lovebird
Read more

Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Kalau menjebak menggunakan sangkar jebakan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kicau mania dan disini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat jebakan burung sederhana dengan menggunakan bahan bahan yang ada disekitar kita. Tapi ingat , ini hanyalah sebagai bahan pengetahuan saja buat anda semua , jangan digunakan untuk menangkap burung burung yang hampir punah. Sebagai […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by