faktor pleci siap lomba

Empat faktor pendukung pleci siap lomba

Agar pleci mampu tampil prima di lapangan, maka perlu disiapkan segala sesuatunya mulai dari perawatan, latihan dan pakannya. Untuk panduan pemula, simak empat faktor pendukung pleci siap lomba berikut ini.

Saat memelihara burung pleci, maka yang ada dalam benak pemiliknya adalah bagaimana menjadikan burung rawatannya itu selalu siap untuk dilombakan. Selain perawatan yang teratur, menjadikan pleci agar siap lomba bisa dilakukan dengan memperhatikan empat faktor pendukung berikut ini:

1. Burung sudah mapan 

Burung yang sudah mapan tidak hanya ditentukan dari faktor umur saja, tetapi juga dilihat dari kemapanan perawatan dan mentalnya. Pleci yang sudah mapan perawatannya tentu tidak akan mudah stres jika terjadi perubahan dalam settingan maupun pola rawatannya. Begitu juga pleci yang sudah mapan mentalnya, maka ia akan mampu tampil prima dan lebih ngotot saat bertanding.

2. Variasi settingan / rawatan 

Faktor perawatan menjadi hal utama dalam mencetak burung yang siap dilombakan. Untuk menyiapkan mental dan agar pleci lebih rajin bunyi, maka perawatannya harus dilakukan dengan lebih bervariasi.

Beberapa perawatan dasar burung pleci agar siap lomba adalah sebagai berikut:

  • Memandikan pleci secara rutin dengan air dingin setiap pagi. Hal ini dapat menjadikan pleci lebih aktif dan rajin berkicau.
    Memelihara burung pleci lebih dari satu ekor di rumah, karena bisa memancing burung untuk bersuara dengan lebih kencang dan rajin.
  • Jemur pleci dengan metode koloni atau dijemur bersamaan dan saling berdekatan, sesuai dengan karakternya sebagai burung koloni.
  • Menggantangkan sangkar pleci dalam jarak berjauhan, hal ini bertujuan agar pleci terpancing untuk lebih rajin bunyi dan saling bersahut-sahutan.
Baca:   Settingan lovebird jantan agar stabil di lapangan

3. Variasi pakan 

Pemberin pakan yang bervariasi juga menjadi salah satu faktor pendukung pleci siap lomba. Sebagai jenis burung yang sangat aktif, pleci akan sangat membutuhkan asupan pakan yang tinggi kandungan nutrisinya. Untuk memenuhinya, sebagian kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan dengan mencampurkan beberapa bahan yang bermanfaat.

Selain pakan utama, pleci juga harus menerima asupan pakan ekstra yang berasal dari proten hewani dan buah-buahan. Ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi pleci terutama yang disiapkan untuk lomba, yaitu pisang kepok daging putih, jeruk atau lemon, dan sebagainya.

Pastikan pula burung pleci menerima tambahan multivitamin seperti Sup Plus Bird karena dapat membantu meningkatkan stamina, daya tahan, dan mentanya. Untuk menjadikan penampilannya tampil lebih prima, maka pemberian Sup Plus Bird bisa dilakukan secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

Baca:   Tips merawat burung cucak rawa agar rajin bunyi

4. Melatih mental dan kemampuan 

Faktor pendukung lain adalah melatih mental dan penampilannya di lapangan. Sebagai burung koloni, pleci senang berkumpul dengan sesama jenisnya di alam liar. Ketika bertemu pleci dari koloni lain, mereka akan saling berkicau dengan suara yang kencang dan penuh variasi.

Hal ini juga berlaku pada pleci yang akan dilombakan. Untuk melatih mental dan kemampuannya itu, maka pleci mania sebaiknya memelihara lebih dari 3 ekor burung di rumah agar mereka bisa saling bersahutan dengan suara yang keras.

Melatih mental bisa juga dilakukan setiap satu minggu sekali, terutama bagi burung yang belum pernah ikut dalam lomba-lomba burung. Melatihnya bisa dilakukan di halaman atau kebun dengan menggantangkan beberapa ekor pleci milik teman atau rekan satu komunitas.

Jika rutin dilatih, maka pleci akan memiliki kesiapan mental yang lebih baik sehingga akan selalu siap untuk dilombakan.

Itulah empat faktor pendukung pleci siap untuk dilombakan.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

ternak kenari tips

Empat jenis pakan tambahan yang digunakan dalam ternak kenari

Kunci sukses ternak burung kenari ada pada bagaimana perawatan dan pemberian pakannya. Dengan memenuhi semua kebutuhannya setiap hari, maka indukan akan terjaga terus kondisinya sehingga selalu memiliki stamina yang cukup untuk mengerami telur maupun merawat anak-anaknya. Sebagai panduan ternak bagi pemula, berikut empat jenis pakan tambahan yang digunakan dalam ternak kenari. Tips singkat meloloh piyikan kenari […]
Read more

Tips singkat merawat burung beo yang mabung

Beo terkenal dengan kepandaiannya menirukan suara manusia yang sangat fasih. Namun seperti juga burung ocehan lainnya, beo pun akan mengalami masa mabung yang dapat menurunkan penampilannya. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang teratur agar beo bisa melewati masa pergantian bulu tersebut dengan sempurna. Berikut cara merawat burung beo yang mabung. Jangan lakukan hal ini saat burung […]
Read more
setting lovebird betina untuk lomba

Cara setting lovebird betina untuk lomba

Lovebird yang berjenis kelamin betina termasuk yang paling sering diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Selain dianggap mempunyai birahi yang lebih stabil, lovebird betina umumnya mempunyai suara ngekek yang lebih panjang. Namun tidak berarti lovebird yang berjenis betina bisa begitu saja dilombakan, karena harus dilatih dahulu agar selalu siap lomba. Berikut cara setting lovebird betina untuk lomba. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?