mngatasi trotolan murai batu stres ngedrop

Tips pemasteran murai batu paud / trotolan

Mencetak murai batu yang mempunyai mental bagus dan suara bervariasi dapat dilakukan sejak burung masih berumur trotolan atau paud. Dalam usia yang masih muda itulah, murai batu akan mempunyai kemampuan yang baik untuk mendengar dan menirukan suara-suara yang didengarnya. Simak tips pemasteran murai batu paud berikut ini.

Murai batu sangat disukai karena suara kicauannya yang lantang dan penuh variasi. Untuk menjadikannya bersuara variasi tersebut, pemiliknya harus rutin melakukan pemasteran yang bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu memaster dengan burung masteran atau dimaster menggunakan suara rekaman burung dari mp3.

Idealnya, murai batu yang masih berumur 3 minggu bisa dilatih dengan suara masterannya. Namun tak menutup kemungkinan juga burung yang masih berumur di bawah tiga bulan banyak dicari kicaumania untuk dilatih mental dan suara kicauannya.

Ada beberapa tahapan memaster burung murai batu paud yang dianggap efektif, yaitu:

  1. Memilih burung masteran yang memiliki suara halus namun tajam pada bulan-bulan pertama pemasterannya, seperti suara lovebird, serindit, dan parkit.
  2. Memilih burung masteran yang memiliki suara halus namun tajam di minggu pertama pemasterannya, seperti suara lovebird, serindit, parkit, kolibri, dan pleci.
  3. Memaster murai batu dengan burung masteran yang bernada ngerol seperti di minggu kedua pemasterannya, seperti suara kenari, blackthroat, dan mozambik.
  4. Memaster murai batu dengan burung masteran yang bersuara tembakan tajam di minggu ketiga pemasterannya, seperti suara ciblek ngebren, cucak jenggot, cililin, dan tengkek buto.
  5. Memaster murai batu dengan burung yang memiliki suara kicauan bervariasi seperti jalak suren dan anis kembang di minggu keempat pemasterannya.
  6. Pada bulan berikutnya, pemasteran dilakukan kembali dengan metode di atas secara berulang, sampai burung memasuki umur dewasa. Dengan melakukan pemasteran dengan suara berulang setiap minggunya, diharapkan akan lebih cepat terekam dan dikuasai oleh burung murai batu tersebut. Kelak setelah burung berumur dewasa, ia akan memiliki suara kicauan yang sangat bervariasi.
  7. Pemasteran sebaiknya dilakukan di dalam ruangan atau kamar khusus, yang di dalamnya berisi burung-burung masteran atau perangkat audio player yang akan digunakan untuk proses pemasterannya.
Baca:   Memoles lovebird paud ombyokan agar siap lomba

Untuk mendukung perawatan dan pemasterannya, burung murai batu yang masih paud/trotolan tersebut harus rutin mendapatkan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird karena bisa membantu mencerdaskan daya ingat sehingga proses pemasteran bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki manfaat yang sangat baik jika rutin dikonsumsi burung peliharaan, antara lain:

  • Mampu mendongkrak stamina dan mentalnya,
  • Menjaga kondisi burung selalu fit, sehat, dan tetap aktif,
  • Menjadikannya rajin bunyi dengan suara yang lebih lantang,
  • Memaksimalkan volume kicauannya jadi lebih keras,
  • Membantu menjaga daya tahan burung sepanjang hari.

Vitamin Sup Plus Bird kini bisa lebih mudah didapatkan melalui Tokopedia, Shopee, maupun di Bukalapak atau bisa juga dipesan langsung melalui chat whatsapp yang ada di halaman ini.

Baca:   Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Semoga bermanfaat

Related Articles

mencegah dan mengatasi snot pada lovebird

Penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi snot pada lovebird

Snot adalah jenis penyakit yang sering menyerang unggas, khususnya burung peliharaan seperti lovebird. Meskipun snot tidak secara langsung menyebabkan kematian, namun dampak yang ditimbulkan akan menyebabkan burung rentan terserang penyakit kronis lainnya. Sebagai pencegahan, tips mengenali ciri-ciri burung lovebird terkena snot dan panduan untuk mencegah dan mengatasinya bisa Anda simak berikut ini. Cara mengatasi lovebird snotPakai […]
Read more
atasi kenari macet bunyi

Suara terapi dan pancingan kenari macet bunyi

Mengatasi kenari yang macet bunyi harus dilakukan dengan perawatan yang total dan teratur. Tidak hanya memperhatikan kebutuhan pakannya saja, tapi juga harus melakukan tindakan yang dibutuhkan seperti memutarkan suara terapi dan pemberian suplemen.   Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyiTips ampuh menjadikan kenari cepat gacor dan bersuara lantangCara agar kenari bersuara lebih panjangTips mengenali […]
Read more

Cara mengatasi burung stres karena kepanasan

Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan dapat memicu stres pada burung peliharaan. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa fatal akibatnya, burung akan mengalami kondisi yang disebut heat stroke yang dapat berujung pada kematian. Berikut cara mengatasi burung stres karena kepanasan. Cara mengatasi burung yang macet mabungEnam cara merawat jalak suren agar cepat gacorTips mengatasi burung […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?