Tips merawat murai batu paud yang drop mental

Melatih mental murai batu paud biasanya dilakukan dengan cara yang sama seperti burung dewasa. Tapi karena kurang pengalaman dan jarang dilatih, maka murai batu tersebut akan rentan stres dan ngedrop mentalnya. Kondisi ini pun harus segera diatasi sebelum burung kembali dilatih.

Ada beberapa penyebab mengapa murai batu yang masih paud / trotolan mudah mengalami ngedrop mentalnya.  Adapun penyebab yang paling umum adalah:

  • Murai batu paud / trotolan masih memiliki mental yang belum cukup baik, sehingga jika terlalu sering didekatkan dengan burung yang sudah mapan atau gacor akan membuatnya mudah stres dan ngedrop mentalnya. Latihan dengan murai batu dewasa bisa dilakukan jika burung sudah terlatih mentalnya.
  • Burung mendapatkan settingan yang terlalu tinggi. Biasanya hal ini dilakukan pemilik burung agar murai batu paud miliknya cepat rajin bunyi, tapi faktanya hal tersebut justru bisa menghambat perkembangannya. Untuk murai batu yang masih paud sebaiknya diberikan pakan bervariasi yang tinggi kandungan nutrisinya.
  • Saat stamina dan mentalnya belum cukup siap, murai batu paud dipaksakan untuk bertanding, alhasil burung akan mudah sekali stres dan ngedrop mentalnya.
  • Murai batu paud yang kurang dan /atau terlalu berlebihan dalam perawatannya. Contohnya burung jarang dimandikan atau dijemur, atau karena kurang terjaganya kebersihan sangkar dan pakannya.
  • Burung yang kekurangan vitamin cenderung sulit dilatih mentalnya, sehingga rentan stres dan ngedrop. Untuk itu, berikan vitamin yang sesuai untuk kebutuhannya agar burung terhindar dari stres, sakit, dan ngedrop mental.
Baca:   Cara merawat burung jalak hongkong untuk pemula

Untuk mengatasi murai batu paud yang ngedrop mentalnya, maka langkah-langkah perawatan di bawah ini bisa mulai diterapkan, yaitu:

  1. Memisahkan burung ke tempat yang tenang, dan jauh dari gangguan maupun keberadaan burung sejenis.
    Berikan pakan secara full, terutama pakan tambahan (EF) tanpa dibatasi oleh settingan.
    Mulai memandikan burung setiap dua hari sekali, dan memberikan terapi mandi malam setiap seminggu sekali.
  2. Selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, juga selalu memantau kebersihan pakan dan air minumnya.
  3. Mulai melakukan pengembunan dengan lebih rutin untuk membantu pemulihan mentalnya.
  4. Berikan full kerodong saat cuaca sedang tidak bersahabat, untuk menghindari terpaan angin kencang maupun air hujan.
  5. Berikan multivitamin yang tepat karena sangat membantu dalam pemulihan burung yang ngedrop mentalnya. Multivitamin yang direkomendasikan untuk mengatasi murai batu paud yang ngedrop mentalnya adalah Sup Plus Bird yang bermanfaat untuk mencegah stres, membuat burung merasa nyaman serta mempercepat gacor.
Baca:   Tips dan Trik Membeli Burung

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Dapat juga dibeli langsung melalui pesan Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Solusi jitu cegah dan atasi kenari ngeruji

Ngeruji pada burung kenari biasanya muncul ketika birahinya terlalu tinggi. Jika perilaku ini terjadi pada kenari yang baisa dilombakan, tentu akan menurunkan penampilannya. Untuk mengatasinya, simak beberapa solusi jitu cegah dan atasi kenari ngeruji berikut ini. Baca:   Cara mengatasi lovebird emosi tinggi
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Kalah menang dalam sebuah lomba adalah hal yang biasa. Meski begitu, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja, karena bisa jadi burung yang anda rawat itu sedang bermasalah. Ini alasan kenapa lovebird Anda sering kalah lomba.  Baca:   Cara cepat menjinakkan lovebird yang masih liar / giras
Read more

Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Murai batu yang tak mau bunyi selama lomba berlangsung tentu akan sanga mengecewakan pemiliknya. Di saat yang lain sibuk bekerja, ia malah diam tak bersuara dan cenderung meloncat-loncat aja. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang masih muda dengan mental yang belum stabil, tapi dipaksakan berlomba. Berikut cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by