kenari tidak keluar suara tips

Tips mengatasi kenari tidak keluar suara

Saat mendapati burung kenari yang seperti berkicau dengan paruh dan tenggorokan naik turun, namun tidak ada suara yang keluar itu menandakan burung tersebut sedang mengalami masalah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh infeksi parasit atau tunga, tapi bisa juga karena sebab lain.

Beberapa penyebab kenari terlihat seperti berkicau tapi tidak terdengar suaranya antara lain:

  1. Tenggorokan kenari mengalami gangguan yang disebabkan penumpukan lendir. Kondisi ini bisa dideteksi dari perilakunya yang seperti sulit bernafas dan suara yang cenderung serak atau kecil.
  2. Burung terkena penyakit gondok (Thyroid hyperplasia) sehingga sulit baginya untuk berkicau dengan normal.
  3. Kenari alami air sac mites atau tungau kantung udara yang menyerang organ pernafasannya. Kondisi ini akan menyebabkan peradangan pada kantung udara dan mengakibatkan gangguan pada suaranya. Meskipun kenari mencoba untuk berkicau, tapi suaranya tidak keluar.
  4. Ada gangguan pada pita suara burung yang disebabkan oleh penanganan yang salah, misalnya ketika coba diobati dengan menggunakan benda yang dimasukkan ke dalam tenggorokan atau saat kenari digurah dengan cara yang tidak tepat.
Baca:   Kenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinya

Permasalahan di atas akan menyebabkan kenari tidak bisa berkicau seperti biasa. Dalam banyak kasus, kenari seperti menunjukkan gerak-gerik berkicau dengan paruh terbuka dan tenggorokan kembang-kempis, tapi tidak terdengar suara kicauannya.

Untuk solusi mengatasinya, beberapa pola rawatan berikut ini bisa diterapkan:

  1. Burung kenari yang mengalami masalah tersebut harus mendapatkan perawatan secara teratur. Selama masa pemulihannya, kenari dipisahkan dari keberadaan burung peliharaan lainnya (dikarantina).
  2. Untuk pencegahan, gunakan sangkar yang bersih dan telah disemprot dengan desinfektan.
  3. Untuk membantu pemulihannya, kenari bisa ditempatkan di ruangan atau lokasi yang bersih dan bebas dari gangguan maupun polusi udara.
  4. Selama masa pemulihan hingga kesembuhannya, kenari mendapatkan asupan pakan yang bernutrisi dan bagus kualitasnya. Pakan racikan seperti Canary Seed Herbal bisa diberikan karena mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan burung untuk tetap aktif dan mempercepat pemulihannya.
  5. Berikan juga pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran, namun pastikan agar tidak berlebihan memberikan sayuran yang mengandung zat goitrogenik seperti kangkung, lobak, kubis, dan brokoli.
  6. Untuk mendukung perawatan dan menjaga kondisinya, berikan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang dapat membantu menjaga stamina kenari agar tetap fit sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.
  7. Jika kenari mengalami masalah gondok yang disebabkan kekurangan iodium, maka pemberian sedikit garam bisa dilakukan ke dalam air minumnya.
  8. Selain perawatan di atas, pastikan juga kenari telah diberikan obat-obatan yang tepat terutama jika masalah ini disebabkan oleh infeksi tungau di kantung udaranya. Tanyakan jenis obat yang sesuai di toko dan perlengkapan burung favorit Anda.
  9. Perawatan lain yang harus juga diperhatikan adalah mandi teratur, pengembunan, dan menjaga kebersihan sangkar serta lingkungan sekitar sangkarnya.
Baca:   Solusi kenari sering turun tangkringan saat lomba

Demikian tips mengatasi kenari tidak keluar suara.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Penyebab dan cara mengatasi kacer nyilet

Penyakit kurus dada nyilet menjadi mimpi buruk bagi kicaumania yang kerap melombakan burung rawatannya, apalagi penyakit ini dikenal sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini pun bisa menyerang semua jenis burung peliharaan, tak terkecuali kacer. Jika tidak segera ditangani, resiko kematian akan terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut […]
Read more

Tips memilih dan mengenal lebih dekat dengan muray borneo

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah […]
Read more

Tips perawatan perkutut agar gacor dan manggung

Memelihara burung perkutut sudah dilakukan sejak masa kerajaan-kerajaan di Nusantara masih berdiri. Perkutut dianggap sebagai simbol status sosial, termasuk juga sebagai pembawa keberuntungan bagi orang-orang yang mempercayainya. Berikut cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dan mau manggung. Tips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaSolusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakanSettingan harian dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?