settingan lovebird ibu tiri

Tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)

Lovebird betina lebih banyak dipilih untuk settingan untulan karena dianggap memiliki birahi yang lebih stabil dari burung jantan. Tapi tak jarang, proses penjodohan dengan untulannya itu tidak berjalan sesuai rencana. Burung cenderung sulit berjodoh, dan bahkan menyerang pasangannya. Untuk mengatasinya, simak tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan) berikut ini.

Untulan adalah salah satu settingan lovebird agar rajin ngekek dan berdurasi. Cara ini biasa dilakukan untuk tujuan penggacoran, terutama untuk burung yang akan dilombakan. Proses untulan dimulai dengan menyediakan pasangan / jodohan untuk burung gaco.

Namun tahap perjodohan tersebut akan membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra karena tujuannya adalah tidak untuk dikawinkan maupun diternak. Settingan ini justru dilakukan agar burung semakin terpancing untuk rajin ngekek, baik dengan atau tanpa pasangannya.

Ada banyak masalah yang bisa muncul dalam proses perjodohan, di antaranya salah satu burung akan bertindak agresif dan menyerang calon pasangannya. Agar proses perjodohan lovebird untuk sistim untulan bisa berlangsung tanpa hambatan, maka beberapa hal berikut ini bisa diterapkan:

Baca:   Tips menambah durasi lovebird dewasa

Memilih burung dewasa yang sudah aktif ngekek

  • Pastikan lovebird betina gaco sudah berumur dewasa dan mulai aktif ngekek. Hal ini bisa memudahkan settingannya, karena burung yang sudah mapan dan aktif ngekek akan cenderung cepat gacor ketika mendapatkan pasangan yang tepat.

Menggunakan salah satu metode berikut:

  • Lovebird jantan disimpan di kandang kotak yang dilengkapi kotak sarang atau glodok. Sedangkan lovebird betina disimpan dalam sangkar bulat harian. Posisi sangkar keduanya diletakkan saling berdempetan dengan tujuan mengenalkan satu sama lain. Lakukan hal ini sampai keduanya mulai menunjukkan saling ketertarikan. Jika tidak ada perubahan, Anda bisa mengganti burung jantan dengan pejantan lain yang berumur lebih tua.
  • Lovebird betina dikoloni dengan beberapa ekor burung jantan sehingga didapatkan pasangan / jodohan yang benar-benar tepat.

Pemberian pakan yang kurang diperhatikan juga dapat menyebabkan lovebird betina sulit dijodohkan dengan calon untulannya. Oleh karena itu, sebelum mulai menerapkan settingan untulan pastikan burung sudha mendapatkan asupan pakan yang baik dan berkualitas.

Baca:   Mengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelur

Pakan yang sangat direkomendasikan untuk mempercepat proses perjodohan dan perawatan sistim untulan adalah milet Cinderella. Pakan milet racikan ini memiliki manfaat antara lain, menjadikan burung makin rajin ngekek dengan birahi yang tetap stabil. Pemberian Milet Cinderella dalam proses penjodohan lovebird akan sangat membantu karena milet ini tidak akan menyebabkan over birahi.

Milet Cinderella bisa diberikan dengan disertai pakan tambahannya yaitu potongan jagung muda yang diberikan setiap dua hari sekali.  Milet spesial ini bisa didapatkan di market place seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun Shopee.

Semoga bermafaat

 

 

Related Articles

merawat murai batu mabung

Tips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung

Perawatan murai batu yang sedang mabung tentu membutuhkan lebih banyak perhatian dari kondisi normal. Hal ini diperlukan untuk menjaga kondisinya agar selalu sehat, fit, dan juga rajin bunyi walaupun burung tersebut sedang menurunkan bulu-bulunya. Sebagai panduan perawatan, berikut penanganan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung. Tips perawatan saat murai batu mabungBeberapa tips […]
Read more
memaksimalkan suara kacer

Settingan & tips rawatan burung kacer yang kurang fighter

Kacer sejatinya adalah burung teritorial dengan mental fighter yang sangat baik. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kacer akan cenderung jadi kurang fighter sehingga rentan ngedrop jika dilombakan. Berikut settingan & tips rawatan kacer yang kurang fighter. Cara agar kacer tampil ngotot di lombaCiri ciri Kacer Poci jantan dan betinaCara merawat kacer agar ngobra […]
Read more
cara melatih mental kenari lomba

Cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakan

Banyak kenari mania yang mengeluhkan burung rawatannya tak mau bunyi saat dilombakan, tapi justru rajin bunyi saat masih berada di rumah. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang tidak memiliki mental yang baik sehingga mudah alami “demam panggung” saat digantang. Untuk mengatasinya, simak tips melatih mental kenari agar mau bunyi saat dilombakan. Solusi kenari sering […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?